Apa benar mobil matic CVT lebih rewel dibandingkan dengan matic biasa? yuuk simak gans…

Apa benar mobil matic CVT lebih rewel dibandingkan dengan matic biasa yuuk simak gans...

setia1heri.com – Apa benar mobil matic CVT lebih rewel dibandingkan dengan matic biasa? yuuk simak gans…Obrolan seputaran jenis mobil matic brosis yakni ada jenis matic pakai CVT dan ada pula jenis matic biasa. Ada yang menduga bahwa mobil matic CVT itu lebih rewel perawatan dan biaya lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil matic biasa. Namun benarkah ? mari kita simak obrolan menarik mbah-mbah motuba berikut ini.

Apa benar mobil matic CVT lebih rewel dibandingkan dengan matic biasa yuuk simak gans...Obrolan seputar Apa benar mobil matic CVT lebih rewel dibandingkan dengan matic biasa ini bermula dari pertanyaan warganet di forum motuba.  ” Tanya mbah. Apa bener matic CVT lebih rewel daripada Matic konvensional/matic biasa? ” tanya mbah Rzz Rizqi Robi pada tanggal 21 Juli 2022.  Hal ini pun memantik diskusi dan obrolan warganet yang paham kaitan dengan dunia matic pada mobil. ”  CVT rewel kebanyakan salah oli dari awalnya, mbah. Source : montir kenalan gejil. ” tutur Rangga Saputra.


Beberapa mbah-mbah pengguna matic jenis CVT membagikan pengalamannya memakai mobil jenis tersebut. ” Alhamdulillah. Cvt 268rb km mbah. Lancar, aman dan halus ” ujar Adrin. Hal ini juga diamini oleh mbah Helmy Wiratama, ” Alhamdulillah gejil pernah ada city gd8 idsi cvt nya badakk bgt. dipake dri odo 79.XXX sampe 299.XXX masih aman² aja. Pemakaian loss dolll..sering rpm tinggi juga, tapi masih alussss.. penting klo ganti oli matic jgn lupa sekalian flushing sm jgn salah oli. Soalnya setau gejil oli matic torq converter sm cvt itu beda dan mungkin itu juga berpengaruh besar sm keawetan transmisinya mbah ” terangnya.

” Sebelumnya motuba gejil Mobilio e cvt 2014 mbah.. penggunaan utk Harian, Km 160rb Alhamdulillah ndak pernah rewel Mbah kuncinya perawatan rutin ganti olie matic setiap 20rb km . Olie maticnya khusus mbah “ tutur Devi Alyandri Sukma Samsuri.

honda mobilio RS CVT tahun 2017 warna putihBeberapa mbah-mbah lain berbagi pengalaman mengenai beda kerewelan matic CVT dan matic biasa sebagai berikut. Monggo disimak brosis…

Aditya Nugraha :
Dari pengalaman gejil aslinya cvt itu ngga lebih rewel daripada matic konven, asalkan makenya bener sama rajin flush oli, cuman memang cvt itu “Dulu” kalo rewel bisa bikin kantong jebol karena belom banyak bengkel yg ngerti atau bisa nanganin cvt, tapi sekarang benerin cvt uda ga semenakutkan dulu lagi yg harus ganti gelondongan kapan hari di salah satu group mobil cvt uda ada yg jual part oemnya.

Dargombes ;
Dari yang pernah saya simak mbah, memang kalo sama2 dirawat (tertib ganti oli matic) memang “katanya” cvt lebih berumur pendek, mengingat cvt memakai sabuk baja (semacam vbelt) dimana sabuk baja tersebut ada masa pakai mbah, karena bergesekan dengan pulley, semakin tidak terawat semakin cepat ambyar mbrodol, sedangkan perpindahan percepatan yg konven itu pakai gear planet, asal ganti oli rutin, labirin/sarang semut tidak cepat mampet/menyempit (karena endapan kotoran oli) kayak pembuluh darah yang ada kolesterolnya, jadi lbh tahan banting, setahu saya begitu, mohon di koreksi jika salah mbah.

Muhamad Alki Rahmatullah :
Kebetulan bbrp waktu lalu gejil perawatan matic di spesialis matic mbah. Ngobrol2 sama ownernya. Sebenernya CVT itu kuat juga asal perawatan benar dan pemakaian normal. Tapi memang soal perawatan kalau turun matic, CVT lebih mahal.
Dan utk mobil “tempur” misal naik turun gunung atau bawa beban berat, torque converter konvensional lebih kuat. Intinya gimana perawatan mbah 🙏

Agung Putro Harnanto :
CVT cenderung lebih halus perpindahan gigi-nya, kalo konvensional masih terasa hentakan, perawatan kurleb sama dengan konvensional, cuma memang untuk umur pemakaian lebih panjang konvensional dengan asumsi perawatan sama, ini berbanding lurus dengan biaya penggantian parts-nya… ngene mbah, inti komentarku itu komparasi, nek arep membandingkan harus ada point yang disepakati untuk dibandingkan, yaitu perpindahan gigi, kenapa dipilih frase perpindahan gigi bukan yang lain, karena frase ini lebih gampang dipahami oleh pembaca yang awam soal transmisi otomatis.
Mungkin bagi yang sudah S3 Teknik Mesin/Otomotif pasti jadi pertanyaan, tapi bagi kami-kami yang cuma mudeng mancal gas dan rem itu sudah cukup menjelaskan.Sekian dan terima gaji.

kuras oli mobil matic ATF dan packing maticJadi apakah benar mobil matic CVT lebih rewel dibandingkan dengan matic biasa? ternyata semua tergantung kembali kepada perawatan brosis. ” Ngga juga tergantung perawatan, namanya tehnology baru lebih bagus, bbm lebih hemat, hanyaaa yg terkenal cvt biaya perbaikannya lebih mahal😁 ” ujar Ary Koplink. Hal ini juga ditegaskan oleh mbah Muhammad Riskie Abdillah, ” Semua akan rewel kalo tidak dirawat, tapi kita bahas bagian yang “apabila rawatannya disamakan matic CVT/Konvensional” Lebih awet, mudah dan murah rawatan Konvensional. Mau lebih mudah lagi ya manual, dengan rawatan yg disama ratakan loh.  Kalo ada yg bilang “tergantung pemakaian”, makanya CVT aja awet. Apalagi konvensional/manual, pasti lebih awet 😅 ” pungkasnya.

Mungkin ada pengalaman lain dapat di share dikolom komentar brosis

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 5062 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..