Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006

Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 (2)

setia1heri.com – Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006. Mobil SUV Honda CR-V mengaspal di Indonesia sejak awal tahun 2000 dengan desain agak sedikit mengkotak namun tetap kece abis. Mobil dengan kubikasi 2.0 L ini tahun 2002 muncul generasi kedua yang menyesuaikan dengan pangsar pasar Indonesia. Tahun 2007 muncul generasi ketiga dan Tahun 2012 terdapat generasi keempat. Tahun 2017 generasi kelima dengan kubikasi mesin 1.5 L plus desain yang kekinian. Nah berikut Kelebihan dan kekurangan Honda CRV brosis.

Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 (2)Obrolan mengenai Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 bermula dari postingan mbah Hilmi Halim As-Salam asal Semarang di grup facebook Motuba. Selaku pemilik Honda CR-V generasi kedua tahun 2006 mencoba mengutarakan plus minus dari mobil yang gosipnya dianggap boros, sparepart mahal dan pajak tahunan yang cukup mahal pula.  Doi menuliskan pengalamannya pada tanggal 03 Pebruari 2022 sambil mengunggah beberapa sudut foto Honda CRV tahun 2006 ini.


Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006

oleh : Hilmi Halim As-Salam ·

Mau share peliharaan gejil si bongsor berkonde, bertanduk di fender khas SUV lawas yang katanya boros, pajak mahal, spare part mahal, padahal…… 😁

Kenalin mbah ini motuba gejil CR-V Gen 2 tahun 2006 transmisi otomatis mesin K20 i-VTEC 2.0, ada juga varian yang 2.4.

Pengen ulas beberapa hal yang ramai diperbincangkan di masyarakat tentang si ganteng ini, karena saya coba menyelam postingan tentang Gen 2 ini ternyata ada tapi postingan udah lama banget.

1. BBM katanya boros? Yang saya rasa sih selama ini untuk konsumsi BBM dalam kota sekitar 1:8 kalo luar kota 1:12.

2. Pajak mahal? Pajak di Jawa Tengah untuk Si Ervi ini 2.1 jt mbah.

3. Sparepart mahal? Spare part melimpah mau yang ori, copotan atau KW. Tinggal sesuaikan isi dompet aja, tapi menurut saya wajar karena banyak persamaannya seperti di mesin K20 kayak Honda Stream yang 2.0. Kemaren baru ganti engine mounting kanan baru 750 rb, koil 450 rb ori copotan, servis pompa power steering yang rembes 350 rb, busi iridium 4 pcs 230 rb, ganti 1 pc motor central lock yang universal 100 rb. Nah kalo diliat harganya, sama kayak perawatan mobil yang seumurannya kan?

Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 (2)4. Apa sih plusnya? Menurut saya ini mobil bandel, nyaman, kokoh, gagah.
Bandel di mesin, selama saya pake gak pernah mogok, paling terasa gak enak di mesin waktu pincang aja, ganti koil trus normal lagi. Maticnya juga responsif cerdas menurut saya, ketika nanjak gak kickdown pun dia pindah ke gigi rendah, pas turunan pun serasa ada engine brake-nya pindah ke gigi rendah sendiri, cuma masih agak kerasa perpindahannya, wajar sih karena masih pake torque converter di transmisi AT konvensional.

Nyaman, driving position nyaman banget dengan model captain seat jadi nyetir jauh gak terlalu cape. Akomodasi penyimpanan melimpah, selain itu suspensinya juara dan kokoh. Pernah jalan ke Dieng nyasar lewat jalan yang berbatu terjal mobil dipaksa ngebut buat ancang-ancang naik karena selip, pas dibawa pulang aman gak kedenger bunyi apa-apa padahal sempet khawatir shock jebol.

Gagah, karena desainnya yang boxy terkesan gagah khas SUV.
Unik tuas transmisinya ada di dashboard, rem tangannya juga unik. Dapet meja piknik juga loh, bagasinya luas dan seat kedua bisa dilipat jadi bisa setup ala-ala camper van juga, oh ya ini yang 5 seater ya jadi cuma 2 baris.

5. Minus? Kalo minusnya sih menurut saya power steering masih pompa jadi agak berat. Mesin 2.0 agak kurang bertenaga mungkin karena bobot mobil yang berat.
Mobil ini FWD jadi kesusahan kalo dipakai piknik atau ngamper van ke pegunungan dengan jalan yang licin, tapi katanya sih ada yang varian AWD juga.

Untuk mobil yang kurang sehat, mobil ini terkenal suka ngebul karena ring pistonnya bermasalah jadi makan oli, jadi harus cek rutin olinya. Estimasi benahin yang ngebul itu sekitar 15 jutaan karena harus turun mesin dan oversize pistonnya.

Harga pasaran mobil ini untuk pre-facelift 2002-2004 kisaran 70 – 80 jt kalo untuk facelift 2005-2006 kisaran 80-95 jt berdasarkan marketplace.

Mobil ini saya pakai untuk harian, mudik, touring dan piknik. Overall puas mbah, dari desain masih keren gak malu parkir di kantor, mall, atau di gunung sekalipun. Nyaman dan bandel.

Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 (2)Hingga tulisan ini diketik postingan diatas telah ditanggapi positif oleh warganet khususnya yang memelihara jenis serupa meskipun beda generasi. ” Sudah 7 tahun pakai, wes kandel kupingku dibilang mobil boros, sperpart mahal, pajak mahal, ra tak pikir… sudah dinniati buat jadi secondary car tinggalan anak cucuk kelak…” ujar Ovit Destion. Hal ini juga disampaikan oleh Nengah Sariadnyana, “Salam dari kakaknya gen 1, yg multi fungsi; ke kebun, ke pasar, juga sering pakai nge-date oleh anak ” tambahnya.

Berikut beberapa testimoni warganet yang pernah  merasakan sensasi Honda CRV dari beberapa generasi tersebut :

Ari Abdul Rahman Ismanto :
Ini generasi CRV yg paling macho kalo menurut gejil mbah. Baris depan memang sangat nyaman. Btw itu neng sitinya cakep mbah.
Habis bawa neng siti lalu pindah ke si ervi langsung beda view. 😃😃

Grandy Rizky Wahyudi :
Pernah pelihara gen ini yg 2.4 , emang sih berasa banget konsumsi bbm nya tapi setara sama tenaga nya yg yahuudd apalagi di tol
Sekarang pelihara yg gen 3 nya alias si bongkok , tetep feel gejil lebih enak bawa yg gen 2 😁

Rizaa Vheo Zaa :
Harganya second nya ternyata murah ya mbah dibawah 100. Dulu pernah nyobain CRV 2010. Itupun pas disuruh ambil mobil dicucian. Dikasih nota doank gak tau mobilnya. Ternyata CRV pas tukang cuci ngasih kunci. Saya cek pake remotnya. Bawa +- 5km.

Mas Montir :
honda K series kalo dapet yg bener/perawatan bener emang mantep badaknya
dual kali pake K24 di accord cm5 manual sama accord cp2 manual enak banget, irit bbm fc 1:10-14 an, badak banget
yg di cp2 dipake sampe odo 213rb km tanpa acara coolant bocor, ngebull dkk, cuman ganti gasket” karet mesin aja yg kemakan umur

Hadi Yansyah :
Gejil pernah bawa yg 2012 mbah, gen 3 kalo ngga salah, konsumsi minyaknya luar kota gejil pernah di angka 1:13 mbah, pernah juga bawa fortuner 2010 malah di angka 1:12 padahal pake solbus🙃🙃🙃

Fadhil Aisyah :
Miara K20 2002… Udah ragat banyak,tp pada ga setuju dilepas… Naik langsung pada tidur… Kaki ga pernah sekolah jadi cuma dapet 1:8 mulu

Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 (2)Deddy Wahyudi :
saya masih setia pake gen1 mbah

Ghifar Alif :
Wah crv facelift 2.0 ya ini mbah? Suspensinya apakah betul lebih firm buat pengendalian di tol ya mengingat kayaknya yang gen 2 awal muncul lebih empuk ya. Kalau masalah kaca motor bagian driver yang suka bermasalah apakah mengalami juga ya mbah?
Cakep unitnya mbah👍😃. Masih ada meja picnicnya juga kah

Riski Wiatanto :
Kekurangan cuma 1 kaki2 termasuk keras kalau di jalan makadam mbah, entahlah karena sok udah gak bagus atau gimana peliharaan gejil dulu 2004 k20 manual.

Ada warganet yang penasaran dengan kursi yang ada pada SUV ini apakah 2 atau 3 baris. “CRV ini 2 baris apa 3 baris mbah? Saya naksir yang Gen 1, semoga bisa beli ” tanya Sendy Aditya Suryana. Hal tersebut dijawab oleh mbah Ghifar Alif secara panjang lebar. “Sendy Aditya Suryana bantu jawab mbah yang gen 1 maupun 2 kalau kebanyakan di indonesia 3 baris ya setahu saya. Cuma modelnya beda kalau gen 1 yang pertama keluar itu joknya mirip angkot hadap samping sedangkan gen 2 ini hadap depan. Cuma kayaknya lebih cocok di bilang 5+2 karena kalau buat orang dewasa cukup sempit di kaki nya. Apa mungkin joknya mungil ukurannya ya.  Menariknya ada meja picnic di kedua crv dengan ban konde ini yang bisa di fungsikan jadi ban serep tambahan juga ” tuturnya.

Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 (2)Pertanyaan diatas juga direspon oleh mbah Hilmi Halim As-Salam untuk menjelaskan lebih lanjut. ” Untuk Gen 2 (pre-facelift) dari 2002 sampe 2004 itu rata-rata baris 3 dan bisa dilepas juga, posisi duduknya hanya nyaman untuk anak kecil, kalo dewasa serasa duduk di lesehan dikasih alas agak tebel aja, posisi kaki juga kayak jongkok jadinya. Untuk Gen 2 (facelift) 2005 sama 2006 itu baris 3 ditiadakan, optional sih bisa dipasang juga. Betul ada meja piknik eksklusif dari Honda bisa dilipat, posisinya disimpan di atas penyimpanan ban serep dalam. Jadi kalo konde dicopot bisa naruh ban serep di dalem juga. ” tambahnya.

Warganet lain mengomentari terkait biaya turun mesin alias over haul pada Honda CRV ini yang dirasa cukup mahal. “Maaf mbah…turun mesin sampai 15jt yg diganti apaan aja…..klo memang masalah ring piston yg aus tp liner bagus cukup ganti ring piston aja…yg harganya variatif tergantung pakai ring merk apa…kisaran 700 – 1,5 jt kurang lebih…plus ongkos mekanik 2 – 2,5 jt…plus packing set dan lain2 total sekitar 5 – 6jtan ( tanpa colter dan ganti piston )….klo oversize mesti corter boring + beli piston total sekitar 8jtan ( corter dan ganti piston )….saran saya dri pada piston oversize mending liner di sok standar piston lama dipakai lagi cm ganti ring piston biayanya hampir sama dgn corter + beli piston oversize…..” saran dari mbah Wahyu Darmawan.

Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 (2)Sementara warganet lain penasaran bila dibandingkan dengan SUV sejenis dari Nissan yakni Xtrail. “VS extrail, konsumsi bbm dan perawatan enak mana mbah? ” tanya Yovi Yowinarno Harisma. Hal ini dijelaskan oleh mbah Hilmi Halim As-Salam dengan detail. “ Yovi Yowinarno Harisma untuk Gen 2 ini kompetitornya X-Trail T30 mbah, yang saya rasakan sih lebih boros ya mungkin karena 2.5 matic CVT. Spare part jangan ditanya kalo Nissan kurang bersahabat di dompet hehe sama kalo mau hasil bagus harus ke bengkel spesialis Nissan-nya, kalo ke bengkel umum diagnosa tebak-tebakan, biaya keluar banyak dan parts sedikit agak mehong dari Gen 2 ini hehe. ” jawabnya.

Sedangkan warganet lain penasaran dengan pajak tahunan yang dirasa cukup mahal. “Perhitungan pajak itu gimana ya,saya jg 2006 2.0 jawa timur paling barat kok 3.515.000.  Dr beli lsng balik nama,jd gag ada progresif “ tanya Eko S P. Hal serupa juga dirasakan oleh mbah Fay Asateer, ” Sodara punya 2.0 2003. Pajaknya kok mahal ya mbah untuk mobil seusianya. 3.8jt. Pemilik 1 padahal” tambahnya.

Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 (2)Hal ini juga ditanggapi oleh mbah Kazen Badruzzaman, “Fay Asateer iya, sy jg pernah bingung ama pajak crv, tahun 2009 gen 3 2.0 matic pajaknya 4jtan ( b bekasi kota), gen 3 2008 manual pajaknya cuma 2.7jt ( b jakarta ). Lah blm lama ini sy pake gen 2 2.4, tahun 2005 pajaknya 2.7jt ( b bekasi kabupaten ) ” ujarnya lebih lanjut. Bambang Haryo Prabowo mencoba menimpali obrolan mengenai pajak Honda CRV ini. “Fay Asateer, Tergantung daerahnya, mbah. Rekor pajak paling tinggi di jatim, t30 2003 gejil tangan pertama tembus 3.9 😁 ” pungkasnya.

Well, itulah brosis Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006.

Kelebihan dan kekurangan Honda CRV tahun 2006 (2)Maturnuwun.

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4977 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..