Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang ?

Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang
Processed with MOLDIV

setia1heri.com – Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang ? . Brosis pernah menjumpai truk tronton atau trailer yang berwujud satu lajur namun ada pula truk gandeng yang dipecah dua yakni depan dan belakang. Nah terdapat obrolan menarik terkait keefektifan kedua jenis truk panjang yang memuat barang tersebut dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Monggo disimak gans..

Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang
Processed with MOLDIV

Obrolan Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang ini bermula dari grup facebook Truck Mania Community. Salah seorang anggota menanyakan terkait kedua jenis truk tersebut. ” Wilujeng sedulur TMC . Kira2 lebih efektif yang mana ya….dalam membawa muatan?. Tentunya menyesuaikan jenis muatan dan kondisi jalan yang akan dilalui. ” tanya om Rully Novianto pada tanggal 22 Januari 2023 sambil doi mengunggah foto kolase kedua jenis truk dalam balutan warna hijau tersebut.
Truck Mania Community.

Kadangkala truk yang tipe tronton atau trailer tersebut mengalami Over Dimension Over Loading (ODOL) dimana muatan berlebih dan melebihi bak truknya juga. Namun bila diukur dari kefektifan kira-kira efektif mana?. ” Menurut saya sih gandengan ,ban lebih banyak ” tutur bro Pepeng. Namun hal tersebut disanggah oleh bro Makaira Mazara,  ” Pepeng. Tergantung medan yg dilalui juga, kalo relatif datar memang lebih efektif pake gandengan ” terangnya.Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang

Adi mempertanyakan mengapa truk gandeng jarang terlihat di pulau tertentu di Indonesia. “ Kenapa ya Truk gandeng jarang terlihat di pulau Sumatera, Bali, Lombok, Sumbawa ” tanyanya. Hal tersebut ditimpali oleh bro Faris Defasari, “ Adi menurut saya kalau disumatera alasanya karena jalan yang naik turun gunung sedangkan dijawa rata rata jalanya tidak seperti sumatera om ” terangnya.

Numpang tanya mas kalau gandengan sama tronton muatannya banyak mana ya mas .? “ tanya om Surya Adi Cahyo. Hal ini ditanggapi oleh bro Surya Adi Cahyo,  “Secara berat lebih banyak gandengan, secara dimensi, fleksibel tronton. Contoh gandengan tidak bisa untuk muat pipa atau flatdeck 8meter. ” tuturnya.

Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang  Warganet lain mencoba memberikan analisa dan gambaran subjektif mengenai kedua jenis truk tersebut sebagai berikut :

Thomas Welly :
Setau saya kalau tempat bongkarnya sempit mending gandengan, cuma kalau mundur butuh skill sopir
Kalau muatan juga tergantung ukuran truk, kalau tronton 9 meter dibandingkan sama yg 10-11meter,volumenya sudah berbeda,apa lagi tonasenya..begitupun dengan truk gandeng, ada pula truk gandeng yg sangat panjang spt punya Bhakti Trans..
Itu kalau sesuai aturan, kalau overload ya suka2 yg punya barang

Kepchrk Kepcek :
Jika gandengan di jalan nanjak dan menurun tidak tahan di rem otomatis panas jika di tanjakan otomatis mesin yang menanggung…. itulah di Sumatra identik dengan 6X4 karena Medan dan jalan yang dilalui licin seperti sitinjau lauik jika hujan supir 6X2 ketar ketir

Aldi Rizky Yogatama :
Enak tronton kek nya bang
Aku gk bayangin tandem kalo parkir
Salut si sama skil nya supir truk tandem
.
Sela antar gandengan juga bikin truk makin panjang jadi di jalan pegunungan yg kayak nya lebih susah
.
Kenapa di sumatra sulawesi dll jarang ya bayangin aja misal lewat sitinjau kebablasan terus mundur tandem nya malah nekuk gk karuan + karna ada sela antar gandengan seperti nya nambah uang buat fery nya

Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang  WEll, itulah brosis obrolan seputaran Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang.  Menurut brosis bagaimana kira-kira ?

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----
Tentang setia1heri 5231 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..