Apa itu arti D,S, L pada mobil matic Mobilio RS CVT ? (khusus pemula)

Apa itu arti D,S, L pada mobil matic Mobilio RS CVT ? (khusus pemula)

setia1heri.com – Apa itu arti D,S, L pada mobil matic Mobilio RS CVT ? (khusus pemula). Brosis bagi pengguna mobil matic khususnya Honda Mobilio tentu akan melihat huruf-huruf pada tuas transmisi seperti P untuk Parkir, N untuk posisi Netral dan R untuk Retreat / Reverse atau Mundur. Nah bagaimana dengan huruf yang lain seperti D, S dan L ?. Bagi yang sedang belajar mobil matik Honda maka Monggo disimak penjelasan sederhana berikut .

Apa itu arti D,S, L pada mobil matic Mobilio RS CVT ? (khusus pemula)
foto : www.honda-bandung.com

Obrolan seputar Apa itu arti D,S, L pada mobil matic Mobilio RS CVT ? (khusus pemula) bermula dari grup facebook Mobilio Indonesia Community ( MOBILITY ). Salah seorang warganet yang sedang belajar mobil matic menanyakan hal tersebut terkait huruf D, S dan L pada tuas transmisi. ” Selamat siang semua Mobilio Lovers. Saya pemula dan pertama pegang Mobilio RS CVT, saya masih belum paham perbedaan Tuas Transmisi CVT (D, S & L). Penggunaan yg tepat merubah Tuas ke D, S & L, agar Transmisi tetap sesuai rekomendasi Honda dan agar transmisi tetap awet bagaimana ya Kak. Soalnya saya lihat di kontent Youtube penjelasan dan waktu kegunaannya beda2 kak. Jadi bingung saya kak. Hehe. Mohon pencerahannya kak. ” tanya bro Hidayat Ar · pada tanggal 18 Februari 2023 pukul 15.07 WIB.

Beberapa warganet mencoba memberikan penjelasan mengenai tuas pada posisi D, S dan L tersebut. “ L itu ketika ingin menanjak ekstrim, S ketika ingin ngebut di jalan tol dan salip salip gesit, D itu pemakaian normal sehari hari ” ujar Eryq Doank. Hal tersebut juga ditegaskan oleh bro Chilong Ka, ” D drive jalan normal kota, S sport dipakai saat menyalip kendaraan didpn/ utk nanjak panjang, L low utk lowgear alias turunan panjang ” tambahnya.Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat (4)

Arya Agung Pratama :
D (Drive) -> Utk kondisi jalan normal, eco driving, jika butuh akselerasi/tenaga bisa menginjak pedal gas lebih dalam/kick down
S (Sport) -> Jika membutuhkan torsi/tenaga lebih, misalnya pd saat jln menanjak, atau bisa digunakan ketika menyalip kendaraan, di posisi ini putaran mesin akan lebih tinggi sekitar 1000 RPM
L (Low) -> Hampir mirip spt gigi 1 di transmisi manual, digunakan pd saat melewati tanjakan terjal, terlebih dgn full penumpang, bisa jg digunakan ketika melewati jalanan menurun curam, posisi di L akan mendapatkan efek engine brake

Diluar obrolan diatas terdapat pembahasan mengenai posisi N atau D ketika berhenti sebentar atau sedang berada di lampu merah.  Menurut bro Roy Hartanto sudah semestinya pada posisi N alias Netral. “Hidayat Ar bs dtmbhkan.. kalau berhenti walau sbntr harap di “N” kan.. jgn tetap “D” smbl di tahan sm rem .. biar mesin awet.. krn bawaan metic walau gas di lepas.. pasti jalan pelan2 sendiri..
CMIIW ” tuturnya.

Bagi pemula, Inilah fungsi tombol pada persneleng mobil Calya MaticNamun pendapat berbeda diutarakan oleh bro Hendrik Jonson dimana tetap pakai D karena memang hanya berhenti sebentar. ” Roy Hartanto kalau saya dari dulu ikut yang teori yg bilang semakin jarang pindah transmisi semakin awet transmisinya…. pakai N kalau berenti lama aja…kan ada torsi converter…kayak.motor metic...” tegasnya. Hal serupa juga disampaikan oleh bro Totok Hadi Sumarno, ”
Hendrik Jonson sama om, lampu merah yg gak lebih dr 5 menit tetep D biar gak capek kaki injak rem, macet tetep D. 5 tahun masih nyus dengan teori ini ” tukasnya.

Beberapa mobil matik lain mungkin memiliki huruf yang berbeda yakni P, R, N, D, 2 dan L. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa P itu Parking, R itu Retreat/Reverse artinya Mundur, N posisi Netral, D artinya Drive (kisaran gigi 1-4), 2 artinya Second (gigi 2 untuk tanjakan sedang) dan L (low) seperti gigi 1 untuk tanjakan curam atau tinggi.

Review Singkat Honda Mobilio, MPV Andal Harga TerjangkauMaturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5753 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..