Mengenal fungsi tombol OD (overdrive) dan Tombol Persneleng pada matic Mitsubishi Xpander

Mengenal fungsi tombol OD (overdrive) dan Tombol Persneleng pada matic Mitsubishi Xpander (2)

setia1heri.com – Mengenal fungsi tombol OD (overdrive) dan Tombol Persneleng pada matic Mitsubishi Xpander. Bagi orang awam yang baru memegang mobil matic kadang ada kebinungan dengan beberapa tombol yang ada di sekitar tongkat perseneleng. Termasuk yang dialami oleh pengendara Mitsubishi Xpander ini yang binung dengan fungsi tombol yang ada disamping kanan dan depan dari tongkat perseneleng. Monggo disimak gans…

Mengenal fungsi tombol OD (overdrive) dan Tombol Persneleng pada matic Mitsubishi Xpander (2)Obrolan mengenai Mengenal fungsi tombol OD (overdrive) dan Tombol Persneleng pada matic Mitsubishi Xpander bermula dari grup facebook Mitsubishi Xpander Indonesia (MIXI) – Jelajah Tanpa Batas. ” Siang Om, Mau nanya, fungsi tombol yg saya lingkari ini buat apa, mohon pencerahanya, thanks ” tanya om Nagal Ho pada tanggal 07 Pebruari 2022 sambil doi mengunggah 2 buah foto tentang tombol depan dan tombol samping pada tuas persneleng Xpander.


Banyak warganet yang berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait tombol-tombol tersebut. “Memindah tranmisi (tombol depan), Over drive-buat menambah power/gigi rendah, utk menyalip mobil/melintas dijalan tanjakan (tombol samping kanan-OD) ” ujar Dany. Hal ini juga dijelaskan oleh M Akmal Fauzan, “Itu yg kalo transmisi cvt mode d/s itu ada iconnya alias mode sport jadi lebih agresif cvtnya main di putaran lebih tinggi “tambahnya.

Mengenal fungsi tombol OD (overdrive) dan Tombol Persneleng pada matic Mitsubishi XpanderBerikut beberapa penjelasan dari anggota grup :

Selvanus Saragih :
(tombol samping) Itu buat nambah tenaga pa bila si om lg di tanjakan yg agak extrim…. Atau juga bisa nambah seep kalau lg di tol
(tombol depan) Kalau yg depannya buat over prosnelingnya om.. Atau over gigi

Tama :
O/d : overdrive..
Buat nambah torsi.. Biasanya dipake buat nyalip kendaraan di depan

ProfKarikatur Makassar :
1) Tombol depan:
– Berfungsi sbg kunci transmisi. Menjaga supaya perseneling tidak berpindah secara tidak sengaja (misalnya kesenggol, atau ketendang sama anak).
– Kunci seperti itu hanya ada di mobil matic yg model transmisinya lurus.
2) Tombol samping:
– Tombol O/D (over-drive).
– Secara default, tombol O/D ini aktif. Kalo ditekan, justru mematikan fiturnya.
– Fungsinya untuk membatasi transmisi di maksimal gigi 3, sehingga akselerasinya lebih maknyus saat hendak menyalip, dll.

Gallant Habiburrahman Almadina :
D: Gigi 1,2,3, dan 4. Perpindahannya tergantung kecepatan dan medan.
2: Maksimal gigi 2
L: Maksimal gigi 1.
Tombol yg Om tanya itu(O/D)utk maksimal Gigi 3.
Jadi penggunaan biasa: D
Kalau saat kecepatan lumayan tinggi, dan Om mau nyalip, gunakan tombol O/D tadi. Atau saat jalan rada nanjak.
Jika jalan nanjaknya lumayan: 2.
Tanjakan curam: L
Kira2 gitu Om

kelebihan dan kekurangan roof box pada mobil xpander, monggo disimak gans.. (1)Keberadaan tombol OD ini sangat membantu akselerasi khususnya ketika hendak menyalip kendaraan didepan. ” Mainin tombol O/D dijalan non tol.. misal jalur selatan membantu untuk nyalip dengan perhitungan pas 😁 ” pungkas Hendra Aprianto.

Well, itulah brosis Mengenal fungsi tombol OD (overdrive) dan Tombol Persneleng pada matic Mitsubishi Xpander.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 5111 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Mengenal fungsi tombol OD (overdrive) dan Tombol Persneleng pada matic Mitsubishi Xpanderon February 10, 2022 at 5:01 pm - GoPakG.com

Monggo dikomeng gans..