Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat?

Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat (1)

Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat? Menjadi perbincangan yang mengarah ke perdebatan mengenai mobil matic dengan posisi tuas D ketika menanjak. Apakah mobil akan tetap pada posisi atau melorot ke bawah terlepas terdapat penumpang atau tidak. Beberapa warganet menduga kalau melorot maka kondisi matic kurang sehat namun ada juga yang menyanggah pendapat tersebut. Monggo disimak gans…

tanjakan emen yang angker di raya subangDiskusi mengenai mobil matic (AT) di tanjakan ini terpampang di grup facebook Motuba. Salah seorang warganet bernama mbah Mubyarto Retowiarjo mencoba memberikan pemahaman terkait mobil matic di tanjakan berdasarkan pengalaman yang bersangkutan. Pada prinsipnya pendapat yang mengatakan bahwa mobil matic melorot saat ditanjakan yang menandakan bahwa kondisi matic kurang sehat itu tidak sepenuhnya benar.  Monggo disimak gans…Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat (1)

Mubyarto Retowiarjo mengungah tulisannya di grup ‎Motuba pada tanggal 20 September 2019.

Soal AT biasa kong,

Saya seringkali denger,

Kalo matic masih bagus kondisi stop di tanjakan tuas di D tanpa injek rim mobil kagak bakalan melorot.
Kalo melorot berarti matic nya udah rusak.

Kenyataannya yg saya temui beberapa mobil matic sedari baru yg saya coba melorot juga.

Contoh deh Fortuner VNT/Disel.

Tanjakan nya cukup curam tuas di D dia melorot pelan padahal ngga bawa muatan penumpang/barang. Setelah hampir 5 thn pakai ga ada perubahan maka saya simpulkan emang begitu matic nya.

Nah VRZ ngga begitu. Tanjakan curam diisi berlima ngga melorot sama sekali.

Accord, camry, altis, tetet, semua nya melorot. Harus dibantu rem biar ngga mundur walaupun tuas di D.

Justru Rush 2014 matic, diisi 6 orang tanjakan curam tuas di D dia ngga melorot sama sekali.

Kesimpulan saya,

Matic sehat atau penyakitan, bukan dinilai dari melorot atau ngga nya saat berenti di tanjakan dengan tuas di D.

Ini bukan soal HSA (Hill start assist) ya. Ngga ada yg pake HSA.

Beberapa warganet menanggapi postingan diatas. “Makasih ilmunya mbah,bru coba luxio kok melorot,baru mw cari2 ilmunya,soalnya pake lio dan papanza gk melorot waktu k puncak macet2an” ujar Anggi Herlambang. Mohammad Iqbal menambah keterangan mengenai HSA ini. “Namanya hill start assist, jd pas di tanjakan memang ga akan melorot tp cm bbrp detik doang, 3-5 detik, punya sy yg hrv ada hsa sm auto brake hold ” tambahnya.

Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat (1)Warganet lain mengungkapkan pengalamannya menggunakan mobil matic. “300E saya kalo tanjakan super curam, lagi nanjak trus berenti, berasa ada yang ganjel jadi ga melorot. Tetep injak rem supaya aman. Kalo maju lagi, lepas rem tekan gas saja. ” ujar Danur Prihantono Adi. Jimbo Gaming turut menambahkan, “camry 2.4V ku mbiyen jg melorot kalo di tanjakan pas ditaruh D , ditaruh di S trus oper triptonic e ke 1 baru ga melorot ” tambahnya. “Mbah W210 saya sama Altis ngga melorot lho Mubyarto Retowiarjo minimal di tanjakan ramp parkir gedung begitu. Mungkin tingkat kecuraman jg pengaruh mestinya ya ” terang Widyo Primastowo.

Asep Indra Komala juga punya mengalaman dengan tanjakan ini. “Nambahin Mbah… Saya pernah bawa Terios thn 2015 yg setau saya blm ada HSA nya, tp ketika ditanjakan ya lumayan curam lah, ketika lepas rem trus pindah ke pedal gas, kendaraan gak melorot ko Mbah… Malah pas di gas juga gak jalan Mbah…Rupanya saya lupa lepas rem tangan sama transmisi masih di N…🤔 Ojo di bully ya Mbah… Maklum pertama kali bawa metic…😅 ” tuturnya.


kisah misteri dan angker tanjakan emenSementara warganet lain berpendapat mengenai melorot tidaknya itu tergantung pada sudut kecuraman alias tanjakan maupun beban mobil. “mbah kalau tanjakan curam mau sehat atau nggak pasti melorot. Yg dimaksud tanjakan gak melorot kalau tanjakan gak begitu curam. Logika kalau jalan datar kan bisa maju sendiri mobil kalau masuk D. Nah kalau posisi tanjakan asal gak curam mobil naham ya pakai tenaga idle tadi yg kalau di dataran kan jalan nah ditanjakan bakalan nahan. Itu kan maksudnya mbah, kalau tenaga idle buat nahan di tanjakan curam ya gak kuat. Coba gas dikit pasti nahan.” ujar Raden Marko Suwiryo.

Terkait sudut tanjakan ini juga diamini oleh Muhamad Ridwan, “Tergantung tanjakannya lah.. Kalau ga landai sih emang ga mundur. Tapi kalau nanjak ya turunin aja ke L atau S, ga bakal mundur.. D itu untuk keadaan normal, bukan berhenti di tanjakan ” terangnya. “Melorot atau enggak ya tergantung tanjakannya lah gan Ama mesin,tuning, bobot kendaraan dll. kurang cocok jadi bahan acuan buat tau metic nya rusak atau enggak. Gini aja coba pindahin dari P ke D ada bunyi nyentak ga? Klo ada berarti udah ga bener sama pas mindahin gigi nya ada getaran yg berasa banget ga? ” tanya Gde Arya Surya Dharma.Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat (4)

Sementara warganet lain mengungkapnya tes untuk mengetahui sehat tidaknya matic maka berpindah tuas. “Metode tes yg paling simpel matic begitu pindah dari N ke D harusnya lgsg gerak tanpa ada delay berlebih, posisi tuas D di kickdown juga sama harusnya ngejambak/otomatis downshift tanpa delay berlebih ” terang Imaduddin Azhary. “Matic kalo posisi “D” lepas rem gk jalan, berarti maticnya ada yg rusak (minimal kampasnya mintak ganti). Udah gitu aja. ” tambah Rachmat Hd. Ardi MomoLegendaris juga menambahkan mengenai posisi D ini. “Klo saya patokannya di jalan datar, posisi D, lepas rem langsung merayap pelan, konstan ” urainya.

Warganet lain tetap menyarankan untuk menggunakan rem ketika posisi berhenti menanjak. “Mau mlorot atau nggak mlorot ya alangkah baiknya tetep pake rem….Kalo kebiasaan ngandelin mlorot atau nggak mlorot ya nanti transmisinya yg kasihan bisa jadi lifetime nya lebih pendek…” terang Yosi Hanggita Yudhistira. “Sebetulnya bukan urusan HSA mbah, lebih ke arah power loss dan torsi awal cukup apa tidak untuk menghela bobot mobil, tp jgn sering sering yang kalah girboknya nanti ” tambah Tirta Sumarsono.Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat (4)

Vincent Herdison
Malam Mbah terkait postingan mobil matic mlorot dan tidak mlorot di tanjakan.

Perlu dipahami sehat tidaknya matic BUKAN DITENTUKAN dari hal tersebut.

Sehatnya matic ditentukan dari berfungsinya matic itu sendiri sesuai dengan kebutuhan.
Misal, tidak ngelos saat dingin, shifter keras, shifting terasa jedug.

Oke, balik lagi ke mlorot atau tidak pada kendaraan matic di tanjakan yang curam.
Ada satu fitur yang dinamakan HILL START ASSIST (HSA) atau semacamnya.
Fungsinya adalah menahan posisi kendaraan saat berada di tanjakan agar tidak melorot sesaat setelah kita melepas pedal rem.

HSA ini memiliki banyak sensor juga, di beberapa kendaran ada sensor kemiringan (pitch, roll), sensor rem, dll.
Tak lupa pula beberaap actuator pendukung fitur penahan agar mobil tidak melorot.

HSA ini biasanya tidak bertahan lama setelah pedal rem dilepas di posisi menanjak.
Ada yang 3 detik, dan mungkin ada yang lebih lama juga menjaga posisi mobil tidak melorot.

Tidak semua mobil di fitur maticnya memiliki HSA ini.

Semoga Mbah TS paham 🙏

ganasnya tanjakan lama jalur sarangan magetan cemoro sewu 2017 (1)Sementara menurut Putra Aria Bima bahwa hal tersebut bisa di setting di bengkel. “Bisa di setel di beres Mbah. Dulu gejil pake Pajero exceed awalnya melorot. Trus bawa ke beres. SM beres di. Stel. Alhasil macet di puncak sambil duduk sila no problemo ” tuturnya.

Viky Kurniawan menekankan bahwa untuk tes sehat tidaknya mobil matic bisa lewat perpindahan gigi. “Bkn ditanjakan kalau ngetes mbah apa Lg tanjakan Extrem cari tanjakan Yg landai stop&Go disna kalau dia naik dikit2 bearti Bagus….kembali Lg ke jenis transmisi itu sendiri…..bisa diliat dr warna Oli Jg bsa kalau ada gram waduh siap2 aja hehe. Posisi kick down/perpindahan gigi telat atau slip bearti bermasalah gtu aja Mbah gk pakai ribet. Nb:org +62 kalau blm berhenti grak Jarang ada Yg mau dibenerin Mbah nunggu mogok 😂😂😂tdk disemua org si ” pungkasnya.Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat (2)

Jadi brosis terkait diskusi Mobil matic (AT) melorot saat berhenti di tanjakan, benarkah kurang sehat ini masih debatable. Namun yang menjadi pertimbangan adalah bahwa sudut kecuraman atau tanjan juga perlu diwaspadai sehingga tetap harus dibantu dengan rem agar tidak melorot. Wis gitu saja yah…hehehe

Maturnuwun

baca juga :

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4014 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..