Sekeluarga meninggal dunia di mobil terjebak lumpur, diduga keracunan gas C02

Sekeluarga meninggal dunia di mobil terjebak lumpur, diduga keracunan gas C02 (1)

setia1heri.com – Sekeluarga meninggal dunia di mobil terjebak lumpur, diduga keracunan gas C02. Sepasang suami istri dan 2 anaknya asal Solok, Sumatera Barat mengalami musibah tidak terduga ketika mobil yang dibuat mudik silaturohmi terjebak lumpur di Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Jambi . Diduga menghirup gas CO2 dari knalpot mobil yang buntu menyebabkan sekeluarga meninggal dunia.  Kok bisa ? monggo disimak obrolan dimari mbah….

Sekeluarga meninggal dunia di mobil terjebak lumpur, diduga keracunan gas C02 (4)

Obrolan Sekeluarga meninggal dunia di mobil terjebak lumpur, diduga keracunan gas C02 bermula dari grup facebook Motuba. Salah seorang warganet membagikan ulang berita yang mengheboh tersebut. ” Mbah, kok bisa meninggal serentak yaa, emangnya butuh waktu seberapa cepat keracunan AC itu bisa sampe merenggut nyawa..??? ” tanya mbah Anwar Arief pada tanggal 17 April 2024 sambil membagikan berita dari Berita Lubuklinggau.

Korban sekeluarga diatas ternyata masih ada hubungan family dengan anggota grup facebook Motuba. “ Ini korban satu kampung dengan saya mbah masih ada ikatan keluarga ama ortu saya mbah ” tutur mbah Bagas Khadafi. Sedangkan disisi lain warganet meluruskan istilah ‘keracunan AC’ yang ternyata salah secara istilah. “Aku teknisi AC. Sebenarnya yg lebih tepat bukan keracunan AC, tapi keracunan gas buang yg masuk ke kabin. Aku kadang juga heran sekelas wartawan bahkan kepolisian menyatakan “keracunan AC” padahal AC gak menghasilkan gas apa2, hanya menurunkan suhu. Gas freon dalam sistem AC bersirkulasi dalam pipa, andai freon bocor dalam hitungan menit juga sudah habis. AC menjadi tidak dingin dan malah akhirnya mereka buka jendela karena gerah. Yg disedot dan dihembuskan kembali oleh evaporator AC ya udara bebas didalam kabin. Seharusnya keracunan gas monoksida atau kehabisan oksigen lebih tepat. Agar masyarakat tidak salah persepsi” terang mbah Arif Widayaka.Sekeluarga meninggal dunia di mobil terjebak lumpur, diduga keracunan gas C02 (1)

Berikut beberapa analisa mbah-mbah di motuba mengenai kejadian diatas gans. Prinsipnya hati-hati dan waspada dengan keracunan gas CO/ CO2 ini…

Agus Lengky :
Sepertinya pakai AC dan tidak ada ventilasi. Akhirnya keracunan CO. Kekurangan oksigen ditandai dgn rasa kantuk berat. Lalu tertidur lelap, dan bablas…COnya lebih pekat. Tidak ada sebab lain kalau sampai tewas bareng seperti it. Dan sudah sering terjadi. Tapi tidak banyak yang paham bahaya keracuan CO.

Yandane Maher :
Menurut sy ini bukan keracunan AC, tp keracunan gas CO dr pembuangan pembakaran.. Gas CO itu lebih mudah dibawa darah drpd O2.. hasilnya tubuh kekurang O2, hypoxia.. rasanya kyk orang mabuk, lemes, ada euphoria bahagia, ga bisa konsentrasi, ga bisa komunikasi, ngantuk, tau2 bablas..
Klo kena hypoxia pas dlm posisi tidur, y sleeping beauty deh, tau2 bablas..

Anis Sulala :
Bukannya ac sih sebenarnya yg membunuh, karena kalaupun bocor pasti bau oli dan freon kehirup belum lagi gerahnya psti jadi wakeup call
Yg serem itu keracunan CO² mbah
Ndak berbau dan berwarna apalagi kondisi kabin tertutup rapat silent kill
Ada kebocoran pada gas buang mesin yg masuk ke kabin yg membuat CO² meracuni darah kita hingga tidak dapat mengikat 0² dengan baik ya fatal akibatnya

Sekeluarga meninggal dunia di mobil terjebak lumpur, diduga keracunan gas C02 (2)Gunawan Pramadianto :
Analisa sederhana saya. Sebenernya bukan keracunan AC tapi keracunan dari gas buang kendaraan yang masuk dari sela-sela, kabin karena mobil diam atau ada kebocoran di knalpot. Di tambah ujung knalpot tertutup air, jadi gas buang ngga tertiup ke belakang tapi berkumpul di kolong mobil.
Pernah kejadian yang sama beberapa tahun yang lalu di Carita Kab. Pandeglang. Ada banjir lumpur malam², mobil terjebak lumpur sampai setinggi ban. Sambil nunggu pertolongan mesin hidup terus agar AC tetap nyala. Akhirnya sekeluarga diketemukan meninggal dunia.

Dennis Pardede :
Diliat dr foto sepertiny sedang hujan.. Mungkin sengaja tetap menyalakan AC krn diluar hujan tidak bs keluar jg.. menunggu bantuan saudara/rekan yg sudah ditelpon sebelumnya… Ndilalah kaca tertutup rapat, ac nyala agar anak2 bs tetap tidur nyenyak dan terjadilah insiden keracunan AC tsb…
Memang sebaiknya klo manjer AC on terus, kaca dibuka sedikit agar mengantisipasi hal2 yg tidak diinginkan…

Arif Chris :
itu kayanya bukan keracunan AC mbah, melainkan kercaunan Karbon monoksida , karena knalpotnya itu posisi ketutup, sehingga keluarnya lewat saluran AC.
Kekurangan oksigen di otak dibaca jadi serangan kantuk , akhirnya mereka tertidur seterusnya.
CMIIW

BiTo :
Ini teori saya, anggota keluarga yang 3 lainnya udah dalam keadaan tertidur, nah si driver/bapaknya ini emang udah dalam keadaan ngantuk juga, ditambah keracunan gas monoksida nambah ngantuklah bapaknya ini & akhirnya ikut tertidur. Akhirnya gas monoksidanya makin banyak & mereka semua pun keracunan sampai MD

Sekeluarga meninggal dunia di mobil terjebak lumpur, diduga keracunan gas C02 (2)Bebeberapa warganet yang pernah mengalami atau melihat kejadian tersebut memberikan tips dan trik saat berkendara naik mobil dengan menyalakan AC ketika posisi diam. ” Saya pernah tidur pkae mobil pickup bwah orng 4.. saya sebgai sopir capek trus tdur pinggir jln ad dgn posisi ac hidup blower nomer 3. Trus trtdur ad klo 40 mnit.. alhamdulilah msih hdup om.. yg pnting kaca pintu d buka om 5 smpae 8 cm. Trus jgn kipas ksih yg agak kencang biar sirkulasi angin cpat kluar ny dan cpt jga masuk nya “ tutur mbah Ary Purnomo.

“karena ada teman MD 2019 dulu diduga keracunan AC di Salo, Kampar, Riau. sejak saat itu gejil mulai waswas, jadi rajin servis AC tiap tahun menjelang lebaran. kalau nyetir sekian jam merasa mengantuk, gejil langsung matiin AC dan buka kaca sampai habis selama beberapa menit, baru nyalain AC lagi. kalau di lihat dari foto, bisa jadi keracunan AC atau keracunan gas buang, karena kayaknya kenalpotnya kelelep. ” ujar mbah Harsya Maryo Pranata.

Entahlah yang benar itu gas CO (Karbon monooksida) dan CO2 (karbon dioksida ) istilahnya, namun yang jelas kedua jenis gas ini sama-sama beracun dan berbahaya bagi tubuh. Semoga kita semua waspada dan hati-hati saat berkendara dengan menyalakan AC ketika posisi mobil sedang diam atau berhenti gans…

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5724 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..