Obrolan Tambal ban mobil, velg chrome berkarat dan efek samping cairan anti bocor

Obrolan Tambal ban mobil, velg chrome berkarat dan efek samping cairan anti bocor (1)
bagian chrome pada rim velg yang mengelupas

setia1heri.com – Obrolan Tambal ban mobil, velg chrome berkarat dan efek samping cairan anti bocor. Diskusi menarik di grup facebook Motuba seputar tambal ban mobil pada velg chrome dan memakai cairan atau gel anti bocor. Adalah mbah Francesco Bernoulli, seorang pakar mengenai dunia tambal ban yang mengawali cerita mengenai efek samping penggunaan gel anti bocor yang awalnya bermula dari ban mobil yang bocor. Monggo disimak gans…

Obrolan Tambal ban mobil, velg chrome berkarat dan efek samping cairan anti bocor (1)
Sebelum di bersihkan

Berikut cerita lengkapnya dari mbah Francesco Bernoulli yang diunggah di grup facebook motuba pada tanggal 2 Desember 2021 :

Francesco Bernoulli
2 Desember pukul 06.21 ·
velg chrome R18
ban luar 235/60-18
________________________
kang tambal ban 1 :
rembes samping…
jalan pintas adalah mengisikan ban tsb dengan cairan / gel anti bocor…
kang ban ke 2 :
setelah tidak berhasil,
baru pemilik mengaplikasikan ban dalam R15 ke ban ybs..
Hasilnya : ban dalam tidak kuat lama, dan bocor lagi setelah pemakaian dua hari
________________________
Cairan / gel antibocor :
– Rp. 40.000,-
Ban dalam R15 :
– Rp. 150.000,-
Total pengeluaran
– Rp. 190.000,-
Hasilnya : GAGAL TOTAL
_________________________
kang ban 1
– tidak mau ribet
– tinggal tuang Gel anti bocor, tanpa memikirkan akibat yang di timbulkan di kemudian hari
Kang ban ke 2
– juga tidak mau repot, untuk membersihkan kerak yg di tinggalkan akibat korosi pada Chrome bagian dalam velg, yg mana chrome yg terlekupas ini sangat tajam
__________________________

– JANGAN PERNAH MENGISIKAN GEL ANTIBOCOR KE VELG CHROME
Pesan ini disampaikan oleh :
Francesco Bernoulli 🇮🇹
Tukang tambal ban
Dari desa

Obrolan Tambal ban mobil, velg chrome berkarat dan efek samping cairan anti bocor (1)
bagian chrome pada rim velg yang mengelupas

Hingga tulisan ini diketik postingan diatas telah memantik diskusi hangat di grup. “Saya salah satu orang yang menentang penggunaan cairan gel anti bocor , ngerepotin tukang balancing mbah ” tegas mbah Andrian Kusumasmoro. Hal serupa juga diungkapkan oleh Abud Cezz, “Dari dlu mah kaga percaya cairan2 begituan stlah nglihat ada efek sampingnya.  Sejauh ini yg wort it stel velg atau ganti velg sekalian klo tetep bocor alus 🤣 ” tuturnya.

Terkait dengan penggunaan gel/cairan anti bocor yang tidak direkomendasikan ini juga baru diketahui oleh mbah Venn Triarianto. “Francesco Bernoulli bru tau klo cairan buat ban iku ga rekomended ” terangnya. Hal ini dijelaskan kembali oleh mbah Francesco Bernoulli
Pembuat, “sampai saat ini belum ada satu pabrikan ban pun yg merekomendasi kan penggunaan cairan / gel anti bocor tsb untuk di aplikasikan ke ban mbah..” tegasnya.

Sementara mbah Anggoro Adi Wibowo bertanya kalau velg biasa apakah bisa dimasukkan cairan anti bocor. “Kl velg biasa buka chrome apakah bs dikasih cairan mbah?” tanyanya. Hal ini dijawab oleh mbah Francesco Bernoulli bahwa hal tersebut berlaku sama saja. “Anggoro Adi Wibowo hindari memasukan cairan apapun ke dalam ban ” jawabnya.

Obrolan Tambal ban mobil, velg chrome berkarat dan efek samping cairan anti bocor (2)
sebelum di bersihkan dan di scrub

Ekhwan Tulus Nugroho : Ban dalem r18 apa tidak ada mbah?

Francesco Bernoulli :
Ekhwan Tulus Nugroho
tidak ada mbah…ban dalam yg dipakai ban PRC selama ini adalah ban dalam yang biasanya di gunakan di ban bias (standar / ban Jawa)
beberapa ban PCR pd umumnya masih bisa di toleransi dg di pasang ban dalam ukuran yg lebih kecil,
yg menjadikan masalah :
1. konsumen / pemilik kendaraan menghendaki ban dalam yg murah.
dengan pertimbangan :
dipakai nya hanya sementara
2. panyedia jasa / toko / kio / kang ban, merespon nya dengan menyediakan ban dalam yg harganya murah (sesuai tuntutan pasar)
misal : ban dalam merk Kingland atau KRC ukuran R14, di pasangkan di ban 215/45-17 atau 225/40-18, dsj nya, krn ban dalam R14 di aplikasikan ke R17 atau R18, ditambah kualitas dari ban dalam ybs sangat mimimalis, akan tampak sekali hasilnya setelah di isi tekanan angin
– untuk yg ini mbah, harus langsung memegang fisik ban dalam merk GT, Swallow, dan kemudian di bandingkan dengan merk Kingland, KRC, Aspira, dll nya (agar mbah bisa langsung tahu bedanya)
3. kadang kang ban terlalu memaksa menggunakan ban dalam yg berkualitas bagus untuk di jejalkan di ukuran Rim velg yg beberapa tingkat diatasnya
misal :
ban dalam merk GT R14 di aplikasikan ke ban luar 235/75-15

Obrolan Tambal ban mobil, velg chrome berkarat dan efek samping cairan anti bocor (2)
setelah di bersihkan dan di scrub

Bagaimana menghilangkan atau membersihkan velg yang karatan seperti diatas? beberapa warganet mengungkapkan pengalamannya. “Velg saya pernah bgitu semuanya krn velg + ban kelamaan disimpan di ruangan lembab..Sama tukang ban langganan saya dicuci bersih terus dibersihkan pake gerinda halus, memang pengerjaannya agak lama krn harus pelan agar tidak merusak velg. Tapi hasilnya memuaskan udah ampir setahun ga pernah bocor samping lg ” ujar Andi Gultom.

Sedangkan menurut mbah Reza Widhayaka direndam pakai sitrun. “Dulu punya saya karatnya lebih parah mbah ane rendem pake cairan sitrun sikat dikit ilang mbah, buat ngratain ane gerinda dikit dan di amplas 😅 sampe sekarang aman jaya ” pungkasnya.

Well, itulah brosis Obrolan Tambal ban mobil, velg chrome berkarat dan efek samping cairan anti bocor

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5694 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Plus minus cairan anti bocor pada ban motor - setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..