Membersihkan radiator mobil pakai Sitrun, amankah?

Membersihkan radiator mobil pakai Sitrun, amankah (1)

Membersihkan radiator mobil pakai Sitrun, amankah?. Sitrun atau citric acid / asam sitrat yang mengandung asam merupakan salah satu alat pembersih atau pemutih barang. Ada yang digunakan untuk membersihkan pakaian, porselen, keramik dan sebagainya. Nah bagaimana bila sitrun ini digunakan untuk membersihkan radiator mobil ketika mengalami overheat (OH)? kira-kira amankah?. Monggo disimak brosis…

Membersihkan radiator mobil pakai Sitrun, amankah (1)Diskusi mengenai Membersihkan radiator mobil memakai sitrun ini bermula dari obrolan di grup facebook Motuba. Salah seorang mbah disana mencoba untuk membersihkan radiator dengan sitrun namun ada keraguan apakah apan atau tidak khususnya untuk jangka panjangnya. “Mbah” disini adakah yang ngebersihin radiator motuba-nya pake sitrun, amankah mbah untuk jangka panjangnya?” tanya Yogi Anang Saputra di grup facebook ‎Motuba pada tanggal 4 Juni 2020. Si Mbah sambil menunjukkan foto radiator mobil yang siap dituangkan serbuk sitrun.


Beberapa warganet menanggapi pertanyaan diatas yang menjelaskan bahwa hal tersebut aman.Aman Mbah..biasanya q kuras radiator pake citrun campur pake deterjen. Biarkan sirkulasi 5-10 menit. Kuras lagi dan gnti air. Ulangi sampai 3-4 kali” tutur Candra Rusty. Hal ini juga dinyatakan oleh Ponang Jati Yudha, “Aman mbah aku jajal wez bola bali mulai jaman motuba carry nganti saiki karimun,,,aman sentosa” tuturnya. Raka Raka Ruwan juga menegaskan bahwa hal tersebut juga aman. “Aman mbah saya coba 15 menit dipakai trus dikuras.jangan lama2 mbah” tambahnya.

Mbah Yogi berencana menggunakan sitrun ini hanya untuk ngopyok saja. “cuma buat ngopyok hlo mbah, jd smbil d buka baut yg untk ngurasnya” ujarnya lebih lanjut. Warganet lain juga menimpali bahwa hal tersebut aman namun dengan beberapa ketentuan. “Maksimal 3 hari kuras mbah. Lebih dari itu ati2 packing jebol semua 😂. oooo gapapa mbah, kalo perlu didiemin langsam beberapa menit biar airnya muter baru dikuras total sampe bersih” ujar Bergas Anggito Adjie.Korok radiator, solusi overheat pada mbah Taruna FGX 2003 (1)

Beberapa warganet lain juga menegaskan bahwa penggunaan sitrun tergolong aman.Aman mbah, sy pernah kuras pake citrun, lgs larut koq itu kena air. Yg penting klo radiator awal nya isi air biasa, jgn coba2 ganti pake coolant, bisa jebol, sy udh ngerasain. 😅 ” terang Ary Iswanto W. “Saya sudah pernah, unit swift, aman” tambah Effendy Aboy. Produk Nasa juga menegaskan bahwa hal tersebut aman. “Sudah biasa Mbah saya pake sitrun, bagus buat ngilangin karat/kotoran yang mampet di radiator” tuturnya.

Warganet lain membagikan pengalaman dan cara ‘mencuci’ memakai sitrun ini. “pas pergntian ke coolent mbah MR90… lepas thermostat dulu biar putaran air loss… sitrun sebungkus trus mainin gas sampe 10mnt langsung buang… cuci bilas masukin air bersih 2-3x pergantian…. trakhir lepas radiator kocok bolak balik smp sisa karat ilang… trus pasang radiator+thermostat n coolent… kelar dah...” ujar Hamid Mustofa Pikasun. Liu Xueli juga menceritakan pengalamannya. “kalo saya biasanya dimesin motor makenya, turunin mesin bongkar habis. part2 yang kiranya aman kena air kaya kruk as, head dll taroh di bak gede rendem air pake sitrun 2 campur rinso. nunggu 2-3 harian mesin jadi bener² bersih hehe ” tuturnya.bengkel radiator di plumpan tuban jawa timur

Sementara itu beberapa warganet lain mengalami kejadian tidak mengenakkan dengan penggunaan sitrun ini yakni muncul jamuran dan karatan.Bukanya sitrun abis itu bikin kaya jamuran? Dulu pernah iseng2 katanya sitrun bisa bersihin mesin… awalnya sih iya bersih. Seminggu 2 minggu mulai muncul kaya kerak dan jamur. 🤣🤣🤣” tutur Roy Adityawan. “Cuci karat. Bersih. Tapi karat lagi. Itulah citrun.” terang Asep Batetz Indrayana. Raqhni Sandiko turut bercanda mengenai penggunaan sitrun ini. “mantap mbah.. kerak mbrodol sak wesi wesine 👊😀” candanya. Abdur Rochim juga berpendapat demikian,”Klo untuk radiator bahan tembaga jadi bersih…..tapi klo di gosok di dural ( bahan blok mesin ) / alumunium jamin korosi Mbah…. Apalagi bahan nya direndem di aer panas …nunggu ambrol mesin nya” pendapatnya.

Agus Sulistyo seca panjang lebar menceritakan penggunaan sitrun pada mobil Terios.Cerita saja ya mbah, Saya pernah, saya terapkan di terios, awalnya ok n bersih, kerak2 pada rontok, Tp nasib kurang beruntung, 2 bln kemudian uper tank pecah krn OH, setelah di cek n turun mesin sampai 3x, water pump normal, kipas normal, radiator hbs dikorok sampai 2 x, ganti packing silinder ttp OH, ganti thermostat ttp OH, lepas termostat jg OH, sampai di papras silinder head jg masih OH,ternyata ada kerak yg rontok menggumpal menyatu kayak bulatan bola kecil sehingga nutupi jalur sirkulasi di silinder, sehingga selalu OH, Setelah di keluarin gumpalan keraknya sekarang sudah normal kembali.” terangnya panjang lebar.

Mencermati pro dan kontra terkait penggunaan Sitrun ini mbah Susmono Sus menegaskan bahwa hal tersebut aman karena beliau sudah berpengalaman bertahun-tahun. “Yg takut jgn ikutan, Yg berani jgn takut”. Sy pakai citrun puluhan tahun radiator bersih daleman mesin jg bersih gak ada yg jebol atau keropos. Sy sdh sejak lama Menggunakan citrun 2 bln yg lalu turun head” pungkasnya.Membersihkan radiator mobil pakai Sitrun, amankah (1)

Altenatif lain untuk membersihkan kerak pada radiator yakni dengan kulen atau water coolant.Saya sih owghh aja…sudah saya praktekan 4 th yg lalu waktu migrasi ke kulen pres*one….keluhan cuma sekali …pas beli kulen aja butuh 2 jrigen 😂😂😂serasa terdzolimi keluar duit 200rb sebelumnya tinggal ambil air sumur gratis….Sampai sekarang belum pernah ada gejala OH…atau yg aneh2 lainnya, yg penting dipahami dulu prinsip2 kimiawinya ” ujar Dimas Wisnu. Alternatif lain bisa menggunakan air.Mendingan slang buka 1 trus sentor slang pake jetpump sampai bnr2 bersih. Atau lepas radiator trus sentor dari kebalikan arah arus air dijamin kotoran rontok dan gk usah k tukang radiator ” tambah Rizalmovic Semrawut Scooterist.

Atau kalau gak mau ribet melakukan sendiri maka bisa ke bengkel radiator terdekat. “Hidup Jgn pelit Jil.. korok radiator cm 100 ribu, kalo nggak punya duit nunggu gajian, sisihin duit 100 ribu, buat korok radiator, anggep aja itung bagi” rezeki sm tukang servis radiator.. tinggal duduk manis, biar dia yg kerjakan.. dr pada modal 2000 perak tapi resiko dandan abis jutaan.. 😆😆 ” ujar Junjung Barakuda.

Korok radiator, solusi overheat pada mbah Taruna FGX 2003 (2)Itulah mantemans obrolan mengenai Membersihkan radiator mobil pakai Sitrun. Semua dikembalikan ke kepercayaan dan keyakinan masing-masing karena setiap orang punya pengalaman yang berbeda. Toh resiko juga ditanggung masing-masing. Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4728 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..