Tips aman naik Angkot


Kejahatan yang saat ini marak dilakukan di dalam angkot menciptakan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat khususnya bagi WANITA. Supaya anda tidak menjadi korbannya, berikut tips dari RTMC POLDA JATIM :

PERTAMA. Hindari memakai dan memperlihatkan barang berharga di depan umum seperti perhiasan, handphone, dan lain-lain.

KEDUA. Pakailah baju yang sopan, tidak transparan dan tertutup.

KETIGA. Selektif dalam memilih angkot, pilihlah angkot dengan kaca bening, sopir berseragam, ada ID Card dan lampu penerangan di dalamnya.

KEEMPAT. Pastikan anda mengetahui nomor trayek, rute dan tujuannya.

KELIMA. Hindari tidur di dalam angkot, hindari menerima makanan atau minuman dari orang lain yang baru anda kenal dan tetap waspada terhadap penumpang lain, bila ada tanda-tanda mencurigakan, lebih baik anda segera turun di tempat yang aman.

KEENAM. Selalu ingat, bila perlu disimpan dalam kotak handphone atau dicatat nomor-nomor penting yang bisa dihubungi pada saat darurat.

KETUJUH. Lebih baik ada seorang teman atau kawan yang mendampingi anda saat naik angkutan kota, khususnya pada malam hari.

KEDELAPAN. Jika penumpang mendapati kejadian/tindakan kejahatan (melanggar hukum/melakukan tindak pidana), segera melaporkan kepada kepolisian terdekat.

KESEMBILAN, Bila memungkinkan hindari naik angkot yang sudah penuh sesak. Selain rawan kejahatan pencopet juga menghindari terjadinya pelecehan seksual terhadap diri anda..

KESEPULUH, Jangan lupa berdo’a sebelum pergi (contohnya disini)agar terhindar dari segala marabahaya dalam perjalanan serta selamat sampai tujuan dan pulang.

Sumber :  Ditlantas Polda Jatim

(facebook : rtmc jatim dan ditlantas jatim Twitter : @rtmc_jatim Email : [email protected] Call centre : 031 8292333 SMS Centre : 0821-40060000 Fax : 031 8290066)

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

4 Comments

    • @ novi : itoelah indonesia 😀
      @ yoshi : au ah….gelap (kaca) nya 😀
      @ burhan : guilanee…..wkwkwkkw *kabooor 😀

1 Trackback / Pingback

  1. Mobil MPV/APV yang dimodif atau karoseri angkot gans…monggo diintips – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..