Serunya halal bihalal jatimotoblog di Sitoebondo, Jawa Timur

Gresik-Baluran, Situbondo

Sebagaimana rencana nawak-nawak jatimotoblog bahwa halal bihalal akan dilaksanakan tanggal 24-25 Agustus 2013 di Situbondo. Maka setelah segala sesuatunya disiapkan, KHS pun hari Sabtu (24/8) kemarin membuat janjian dengan kang Mario untuk berangkat bareng dari Gresik.  Jarak Gresik-Situbondo menurut  google maps sekitar 200 km, maka kami mencoba berangkat agak pagi sekitar jam 09.30 start biar bisa menikmati sunset di Pasir Putih Situbondo.  Setelah janjian di jembatan Morowudi, Gresik kami berdua menyusuri jalanan menuju-Krian-Mojosari-Mojokerto-Ngoro-Japanan.

depot probolinggo asriOia ane menunggang Milestone a.k.a Pulsar 180 UG IV sedangkan kang Mario naik Yamaha Vixion lawas. Kami tidak terlalu bernafsu menggeber gas hanya maksimal 90 km/jam saja. Sebelumnya kami telah janjian dengan nawak-nawak blogger chapter Malang untuk bertemu di tikum Tongas, Probolinggo. Tepat jam 11.45 kami sudah memasuki area Tongas dan sambil menunggu rombongan dari Malang kami mlipir dulu di Masjid Royyan untuk ngadem sekaligus absen marang Gusti.  Dan tidak lupa juga mencicipi bakso di samping masjid untuk mengganjal perut yang sudah mulai keroncongan. Oia masbrow jalanan Pasuruan-Probolinggo ini sebagian besar sudah mulus sekali namun beberapa ruas ada penyempitan yang mesti harus waspada.

Tepat jam 14.12 WIB akhirnya bisa ketemu dengan rombongan malang setelah sebelumnya saling menunggu karena miskomunikasi. Ketika sambil nyari-nyari rombongan Malang ini gak sengaja ketemu kawan satu komunitas PRIDES dari Sidoarjo atau PETERSON. Kang Yogi ini galow tingkat tinggi sehingga kangen mlintir gas tak tentu arah pokok nya ngegass. Kami berpisah setelah nyampe Probolinggo, beliau ingin memutari Lumajang-Jember-Banyuwangi..hehehe. Monggo dilanjut kangbro meskipun katanya malam harinya barusan nyampe dari Trenggalek trus paginya masih galow…xixixix.

masjid ar-royyaan tongas probolinggoOia manteman rombongan malang ada mbah Wir dengan HSX124 , kang Fauzi dengan Yamaha Jupiter MX, cak arif dengan HSX125 juga dan bro bayu YJMX juga. Setelah rombongan bergabung maka yang kami langsung membentuk formasi dimana mbah Wir bertindak sebagai RC (Road Captain) dan KHS sebagai Sweeper . Yah epok-epok e koyok rombongan turing ngono lho….hehehehe. Dan karena kami belum maksi semua maka tepat jam 14.55 WIB rombongan merapat di warung Soto disekitaran Dringu, Probolinggo.

Jam 15.30 perjalanan dilanjutkan menuju Pasir Putih, Situbondo.  Sore itu lumayan ramai lancar meskipun terdapat beberapa kendaraan-kendaraan truk besar kami masih bisa over take dengan nyaman. Tak terasa jam 16.30 kami sudah sampai di lokasi Pasir Putih, Banyuputih, Situbondo. Tepatnya di hotel Sido Muncul 2 dimana kang ulid dan kang aris mempersiapkan segala sesuatunya. Berhubung sunset tinggal beberapa menit lagi maka kami langsung menuju pantai yang ada di belakang hotel ini. Sore langit cerah sehingga kita bisa melihat detik demi detik tenggelamnya mentari di ufuk barat.

soto ayam kampung dringu probolinggo jatimSehabis makan malam didekat lokasi hotel acara dilanjutkan dengan perkenalan dan halal-bihalal. Terhitung ada 10 blogger yang bisa merapat pada gelaran kopdar 4 bulanan ini yakni

  1. KHS sendiri
  2. Kang ulid
  3. Cak karis
  4. Bro arif
  5. Mbah wir
  6. Mas fauzi
  7. Lek bayu
  8. Om mario
  9. Cak abdoe
  10. Kang Ginanjar

ketemu kang yogi PETERSONMumpung momen masih syawal maka kami halal bi halal alias menghaturkan maaf dan saling memaafkan atas segala kesilafan. Acara ini berlangsung meriah dan seru karena diiringi canda tawa layaknya sedulur.  Acara selanjutnya bebas dimana ada yang kursus fotografi malam hari dengan bimbingan langsung oleh mbah Wir dan sebagian dilanjut lihat acara telivisi.  Tengah malam kang gesang  bersama nyonya menyusul di hajatan halal-bihalal ini dengan menumpang bus dari Surabaya.

Pagi hari acara dilanjut dengan jalan-jalan di sekitaran pantai pasir putih. Pagi itu juga masih lengang namun begitu ada beberapa penjual manik-manik atau kerajinan tangan yang menawarkan dagangannya kepada kami. Cinderamata itu berupa gelang, kalung atau gantungan kunci khas kenang-kenangan pantai Pasir Putih. Selanjutnya beberapa kawan mencicipi sate ayam khas Madura disekitaran pantai ini. Sedangkan dari pihak hotel hanya menyediakan setiap cottage hanya 2 porsi rawon pagi itu. Jadi yang beruntung saja yang bisa sarapan rawon…xixixi.

ultah jatimotoblog di hotel sidomuncul 2 situbondoMinggu (25/8) selepas jam 08.00 rombongan melanjutkan menuju Taman Nasional  Baluran atau yang lebih dikenal dengan Africa Van Java. Rombongan semua bisa ikut kecuali kang Karis dan cak Ginanjar karena suatu urusan sehingga tidak bisa bergabung.  Jarak nya sekitar 70 km dari Pasir Putih. Jalan menuju ke TN Baluran sungguh menggoda iman untuk tancap gas poll dan juga memancing untuk mencoba cornering.  Selain aspalnya yang mulus juga ditunjang dengan jalanan yang lengang namun begitu harus berhati-hati karena terkadang didepan terdapat truk yang mogok atau perbaikan jembatan. Oia sebelum memasuki area TN Baluran alangkah bijaknya mengisi dahulu di pom bensin terakhir dari arah Situbondo…hehehe. Hal ini agar ketika menikmati trek TN Baluran tidak kehabisan bensin.

Jam 10.00 WIB kita nyampe di africa van java ini. Setelah membeli tiket perjalanan dilanjutkan ke Padang Savana dan Pantai Bama yang menghabiskan waktu hingga 45 menit. Disini kami narsis-narsis ria hingga jam 13.30 WIB setelah sebelumnya sholat dahulu di musholla sekitar pantai Bama. Oia masbrow untuk lebih lengkapnya di TN Baluran ini insyaAllah KHS akan posting terpisah biar lebih puasss dan lega explorasi imajinasinya…hehehe.

sunset di pasir putih situbondoJam 14.30 WIB kita sudah keluar dari hutan Baluran dan makan siang dulu di Rumah Makan “Sumber Harta Baru ” sekitaran Banyuputih sekaligus beli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selepas makan siang dilanjutkan menuju Situbondo untuk mengantarkan kang Gesang naik bus kembali ke Surabaya sedangkan rombongan menujur rumahnya kang Ulid untuk istirahat sekaligus absen maghrib. Oia khusus untuk kang Abdoe keblanjur alias terpisah dengan rombongan sehingga menggeber sendirian menuju Sidoarjo. Dan mas bayu melanjutkan perjalanan juga sendiri menuju kampung halamannya yang ada di Jember.

Di rumah kang Ulid selain istirahat dan sholat juga disempatkan nonton motor GP di Brno.  Disini juga kang ulid menyuguhi kami kopi khas daerah Bumi Sholawat Nariyah ini. “itu kopi kualitas ekspor kang..gak ada dipasaran”tutur bapak 1 anak ini memastikan kopi enaknya tadi…hehehe. Jam 19.15 WIB perjalanan pulang pun dilanjutkan dimana tinggal 5 rider yakni KHS, cak mario, mas arif, kang fauzi dan mbah wir. Posisi formasi riding seperti ketika berangkat dimana mbah wir sebagai RC dan KHS sebagai sweeper.


menuju taman nasional baluranDi perjalanan arah Besuki ternyata ban tubeless blue MX kang fauzi mengalami bocor alus sehingga kami mencari tukang tambal ban tubeless di Besuki. Tepat jam 20.30 perjalanan yang berkeringat dan menantang ini dilanjutkan kembali dengan formasi yang sungguh mempersona. Kok berkeringat dan menantang kang? maklum kami harus mengover take belasan truk-truk besar dan panjang serta bus-bus AKDP.  Tentu diperlukan nyali yang besar dan motor yang prima untuk melakukan tindakan mendahului ini (disini tipsnya…hehehehe). Alhamdulilllah semua bisa mendahului dengan aman dan lancar. Oia masbrow riding malam ini mengingarkan KHS ketika berangkat blakrakan ke Lombok pertengahan tahun 2012 silam.

Perjalanan pulang ini memang ramai lancar maklum mungkin hari minggu sehingga semua orang balik ke kota setelah hari sebelumnya refreshing.  Ketika melalui jalanan Probolinggo-Pasuruan ini KHS sempat merasa waswas maklum ternyata barusan sehari sebelumnya terjadi lagi tindak begal motor di Bangil. KHS ketika pulang malam itu sempat beberapa kali papasan dengan mobil patroli kepolisian sehingga cukup lega.

taman nasional baluran atau africa van javaTepat jam 23.00 WIB kami berempat berpisah di pom bensin Bangil untuk menuju rumah masing-masing. Loh dimana cak mario kang ? Oia cak mario menepi di Paiton, Probolinggo dimana ia sudah janjian untuk bersua dengan temannya. Maka malam itu KHS meluncur sendirian menuju Gresik via Sidoarjo-Surabaya dengan bismillah dan menggeber Milestone dengan agak kesetanan. Maklum dengan solo riding kwatirnya terjadi begal motor lagi…hehehe. Terlihat di speedometer tidak lebih dari 110 km/jam ( ini speedo motor Bajaj Pulsar lho…xixixixixixi) namun karena sepi maka tidak terasa menggebernya. Alhamdulillah tepat  Senin (26/8) jam 01.36 WIB KHS memasuki rumah dimana anak istri sudah terbuai mimpi dan pintu dibukakan oleh ibu mertua sambi menahan kantuknya..hehehe.

Maturnuwun kepada Gusti Allah atas keselamatan dan kesehatan  yang diberikan menggeber jarak sekira 600 km ini (hitungan kasar PP Situbondo-Gresik sak muter-muter e), kang ulid dan kang karis atas segala hal yang dipersiapkan serta kenang-kenangan terutama ikan asin kering (made in kang karis)-nya, serta semua manteman yang sudah ikut meramaikan kopdar 4 bulanan ini. Sampai ketemu 4  bulan lagi menuju HUT Jatimotoblog yang kedua nanti. Ada usul dimana manteman? :mrgreen:

Ayo guyub lan ngraketake paseduluran….

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3992 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

38 Comments

  1. Bang jadi mampir neng kediri apa tidak…?!!!
    Kabari ya kalau seumpama mau ke kediri, tapi jangan mendadak,,biar bisa atur ketemunya…penasaran…wkwkwkwkwkwk 😀

    • klo jadwal formal kopdar jatimotoblog pasti jauh-jauh hari diumumkan..tapi kalau sy pribadi mungkin pas blakrakan jadwalnya gak nentu..hehehe 😀

      kli nawak blogger jatimotoblog dr kediri ada kang tarom, ahya, kang sugi, dll 😀

1 Trackback / Pingback

  1. Pesona Africa Van Java (Taman Nasional Baluran, Jawa Timur) | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..