Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19

Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19. Meskipun dalam kondisi pandemi  corona namun silaturohmi harus tetap bertali. Demikianlah salah satu motivasi Kopi Daring bersama MPM dengan mantemans blogger dan vlogger jawa timur yang dilaksanakan pada hari Minggu, 19 April 2020 mulai jam 19.00 hingga 21.46 WIB.  Kopdar ini spesial karena bincang COVID-19 bersama mantemans yang berada di garda terdepan penanganan khususnya yang ada di Ngalam. Monggo disimak gans..

Kopdar Daring MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19KOPDAR (KOpi Daring) MPM Distributor Ft Blogger Otomotif Jatim mengusung tema Sharing Bareng Garda Terdepan Melawan Covid19 dengan pembicara yakni dr.Vanni Putri Pratiwi – Dokter internship – RS Bokor Turen dan Rilo Winata – Perawat Pelaksana R.Isolasi – RSI UNISMA Malang. Sedangkan mantemans blogger jawa timur sebagian besar merupakan mantemans jatimotoblog.net yang tersebar mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Malang, Blitar, Ponorogo, Kediri bahkan ada yang dari Jakarta dan Bali. Selain itu kopdar daring ini juga diikuti oleh bapak/ibu karyawan MPM Honda Jawa Timur.


pak bondan HC3 MPM Distributor

Kopdaring ini menggunakan aplikasi Zoom yang sedang booming brosis. Mantemans ada yang memakai laptop sehingga pemandangan lebih lebar namun tidak sedikit yang memanfaatkan gadget atau handphone. Tak lupa pakai tripod biar stabil. Mau diruang tamu, ruang tidur, cafe, emperan atau gudang pun tak masalah pokoknya guyubz rukun via daring tersebut. Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Sebelum kopdar dimulai sebelumnya dibuka dulu Pak Bondan selaku manajer HC3 MPM Motor. “Kami berharap teman-teman dapat mengikuti jalannya kopdar dan sharing mengenai COVID-19 ini khususnya bagaimana tips menjaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemi untuk rider R2 dan motornya, Semoga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang dalam menghadapi kondisi saat ini. Aamiin…” tuturnya membuka kopdar pertamax secara daring ini.Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Acara selanjutnya digawangi oleh mas Novan dan mbak Vio dari HC3 MPM Motor. Tidak menunggu lama bu dokter cantik ini langsung memberikan penjelasan mengenai Covid-19 ini. “Virus ini awalnya ditemukan di China pada akhir Desember 2019, selanjutnya pada tanggal 11 Februari 2020, WHO memberi nama virus baru tersebut Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2) dan nama penyakitnya sebagai Coronavirus disease 2019 (COVID-19)” terang dokter Putri.Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Sekedar info mantemans Update Corona di Indonesia pada tanggal 18 April 2020 : 6.248 positif, 631 sembuh dan 535 meninggal. Saya kira mantemans sudah tahu semua kalau COVID ini bisa menyebar khususnya lewat percikan atau droplet dan barang-barang yang pernah disentuh oleh penderita. Nah bagi kita sudah seharusnya menjaga kebersihan dan menjauhi kerumunan agar terhindar dari sebaran virus yang membahayakan ini.Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Bagi Biker apa yang perlu diperhatikan? Jangan lupa untuk selalu membersihkan atau mencuci pada bagian handgrip, kunci motor, tangki motor, jok dan spion. Sedangkan untuk apparel juga dijaga kebersihannya pada helm, sarung tangan dan jaket.Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Dokter Putri dan Mas Rilo menceritakan pengalamannya secara langsung ketika menangani pasien serta hal-hal yang harus diwaspadai ketika berinteraksi dengan ODP, PDP bahkan positif. “Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan dan badan serta jangan lupakan masker ” terang mereka berdua. Selain itu untuk terus meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh disarankan untuk makan-makanan bergizi dan bernutrisi.Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Berikut saran pola hidup sehat dan konsumsi makan bergizi:

  1. Karbohidrat: beras, kentang, roti, pasta, sereal.
  2. Protein: nabati (polong, buncis,kacang2an, biji-bijan, tahu, tempe. Hewani: Sapi, domba, ayam, ikan, telur, kambing
  3. Sayur-mayur terutama sayuran hijau
  4. Buah-buahan (sebaiknya buah utuh yang masih segar, ex: apel, pisang)
  5. Susu dan produk alternatif.
  6. Batasi konsumsi gula dan lemak jenuh, misalnya gorengan, kue, makanan cepat saji, makanan beku.
  7. Jika harus mengkonsumsi kafein, minumlah kopi sekitar pukul 9-11 siang. Waktu terbaik mengkonsumsi kafein agar tidak mengganggu siklus tidur di malam hari.
  8. Perbanyak minum air putih.
  9. Multivitamin
  10. Olahraga.

Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)Sebelum mengakhiri diskusi yang interaktif ini bu dokter berpesan agar selalu happy alias jangan lupa bahagia. “kalau happpy maka bisa muncul hormon endorpin yang bisa mengurangi rasa sakit..jadi jangan lupa tetap hati senang dan bahagia sebagai salah satu obat ” tutur dokter asal Palembang ini. Hal ini berangkat dari pengalaman beliau yang harus mengajak pasien bergembira saat di ruang opname maupun isolasi.

Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)Sedangkan bagaimana bila kita berada di zona merah mau  mudik. Selain berkoordinasi dengan pengurus kampung setempat juga langsung bersihkan badan. “Bagi perantau kalau sampai rumah jangan menyentuh apapun…langsung mandi saja ” pesan dokter asal Palembang. “jangan menyentuh apapun tapi langsung membersihkan badan ” tambah perawat Rilo.Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Terakhir mereka berdua berpesan agar menghindari stigma negatif bagi ODP, PDP maupun Positif khususnya yang sudah meninggal. “virus dengan sendirinya akan mati setelah beberapa jam ybs meninggal. Terlebih jenazah sudah diurus dengan standar WHO jadi masyarakat harap tenang dan jangan ada penolakan” ujar mas Rilo yang mengaku sudah lama tidak mudik karena kwatir dengan kesehatan orang-orang yang dirumah.Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Tak terasa malam semakin larut namun sepertinya mantemans masih betah untuk diskusi yang interaktif ini. “kopidaring ini seru banget, selain dapat menyambung tali silaturohim juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru khususnya terkait apa itu covid-19 dan penanganannya. Meskipun ditengah pandemi jangan lupa untuk menjaga seduluran dan belajar dengan ilmu-ilmu baru. Tengkyu MPM Motor…”ujar KHS…hehehe.Kopdar Online MPM bersama blogger Jawa Timur bincang Covid-19 (11)

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4330 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Kopi Daring ngabuburit Blogger Otomotif Jawa Timur bersama MPM Honda ngobrol The New Normal – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..