Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko)

Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko)

setia1heri.com – Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko). Kelebihan kekurangan plus minus Suka duka memelihara suzuki karimun kotak alias suzuki karimun generasi pertama. Karimun generasi 1 pertama ini lahir tahun 1999 –  2006 yang awalnya di impor atau CBU (Completely Built up) dari Jepang. Infonya kata Karimun itu berasal dari kata “Carry to the Moon” yang diartikan membawa ke bulan. Ada 2 versi karko yakni tipe DX dan GX. Monggo disimak gans…

Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko)Obrolan seputaran Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko) dari grup facebook Motuba. Bermula dari pertanyaan warganet mengenai mobil yang memiliki kubikasi 1000 cc ini.  ” Pengen punya motuba karimun kotak suka dukanya buat kamu mendang mending karna motor udah nggak muat ” tanya mbah Galih Hidayat pada tanggal 24 Desember 2023.  ” Karimun kotak no comen bandel banget saran kalau suka ngebut girboxnya ganti punya suzuki forza di jamin tanpa oprekan mesin pun itu mobil ngacir gila (tarikannya panjang2) “ ujar mbah Chen Tao Daniswara.

Beberapa warganet memberikan testimoni dan pengalamannya terkait mobil yang kompak ini.

Yudho Handadi :
Mobil enak dan hemat mbah,gedjil pake dari baru (tahun 2000) dari jaman ngga banyak yang suka ,sampe 2012…sekarang digoreng goreng….cari yang sehat bukan berarti yang mahal sehat ya atau beli biasa tapi siap ganti barang2 yang memang harus ganti. Interiornya pun lega untuk kelasnya,jok yang flexible bisa jadi tempat tidur dan tempat penyimpanan yang banyak jadi nilai lebih…apalagi kalo punya dana lebih Suzuki Genuine Accessories menambah nilai dan fungsi mobil kecil ini (saat itu aksesoris asli,murah & tersedia di suzuki)

Iwan Dwi Cahyono :
Sukanya banyak
1. Suka jajan part
2. Suka sulit cari part ori
3. Suka ngadat kalo nggak dirawat
Dan masih banyak yg lain
Hampir nggak nemu dukanya mbah

Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko)Arika Widi :
Boros untuk ukuran 1000cc, plusnya mesinnya ora rewel, KLO dpt yg bagus pasti awet

Faizal Rizky :
Part mesin InsyaAllah aman.
Untuk ukuran mesin 970cc karbu, lumayan irit. Bisa lari asal sehat dan karbu normal (termasuk butterfly valve yg kedua dan karet² karbu).
Anteng untuk ukuran mobil kecil. Pernah lari 120 masih anteng di tol dan masih bisa nambah.
Part body dan interior yg harganya agak tinggi untuk seumuran itu. Kalo bisa cari yg body dan interiornya lengkap dan masih mulus.
Kalo mesin sehat dan mau upgrade tipis, tipsnya banyak banget di grup fb karimun kotak.
Punya saya saya jual karena memang keluarga sudah nambah dan memang sudah ga cukup.

Momo Imola :
Pernah melihara karko.
Plus
Paling lega dikelasnya
Sparepart murah
Minus
Kaki2 agak ringkih
Ground clesrance rendah

Arief Pangestu :
Enak koq mbah ini karimun pertama, 10thn lalu, skg baru ambil lagi yg std ori

Raka MyHeart :
Enak mbah mesinnya ora rewel
Body kaleng
Oke lah pokok na mbah

Jang Rambo :
Mobil gorengan mbah harganya tetep 50jt aja tapi itu juga tergantung kondisi apalagi yg original full harganya bisa 100jt an

Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko)

Ayahe Kenzo :
Minusnya posisi lampu belakang di paling bawah, sering tidak terlihat pengemudi lain, ini yg saya rasakan dari omongan teman”

Mochamad Rizal yang baru semingguan meminang turut memberikan pengalamannya. ” Baru semingguan ambil mbah, gantikan ipah diesel. Rasanya ya gitu deh habis megang boil besar trus beralih ke mobil kecil, penyesuaian kembali. Kudu xtra sabar kalau jalan karena jalannya klunuk klunuk. AC dinginnya ya gitu” aja khas mobil kecil 1000 cc. Suspensi terlalu empuk sampe” kena salip bis langsung oleng. Bbm termasuk irit, dengan tangki lumayan besar. Paling yg kudu diperhatikan kaki”. ” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun Harga bekas karko ini tergolong stabil di angka Rp40-50 jutaan untuk keluaran 1999-2002 dan tipe DX keluaran 2003-2006. Sedangkan tipe GX keluaran 2003-2006 dijual dengan harga Rp50-70 jutaan.

Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko)Perbedaan antara tipe DX dan GX terletak pada kelengkapan aksesorisnya . Perbedaan yang paling mencolok adalah tidak adanya roof rail, aksen krom, lampu kabut, dan wiper belakang pada tipe DX. Velg yang digunakan juga menjadi pembeda.

Tipe GX memakai velg palang lima yang terlihat lebih sporty dibandingkan tipe DX. Sedangkan karko keluaran sebelum 2003 perbedaan dengan yang usianya lebih muda adalah model spion, aksen pada grill, dan tidak adanya lampu kabut. Selebihnya terbilang sama dengan tipe GX yang sama-sama menggunakan roof rail.

Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko)Well, itulah brosis Suka duka memelihara suzuki karimun kotak (karko)

Maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5724 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..