Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang gans….

Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang gans....

setia1heri.com – Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang gans….Kadang kala aki mobil soak sehingga perlu di trigger atau dijamper agar bisa distarter. Banyak cara jamper aki mobil dengan segala kelebihan dan kekurangannya brosis. Disini kita belajar Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang gans agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan terkait kelisitrikan misal konsleting atau mati total. Monggo disimak gans…

Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang gans....Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang ini diposting ulang oleh mbah Akbar Saefudin pada tanggal 10 September 2023 jam 15.27 WIB di grup facebook Motuba.  Selengkapnya berikut Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang gans….

#repost
#tips

Jepit ujung klem kabel merah atau positif pada kutub positif (+) dari *aki mobil* yang mogok.

Setelah itu, jepit ujung klem lainnya dari kabel merah atau positif pada kutub positif (+) dari *aki mobil* yang berfungsi. Pastikan kedua penjepit kutub (+) terpasang kokoh dan tidak mudah terlepas.

• Jepit ujung klem kabelhitam ⚫ atau negatif pada kutub negatif (-) dari *aki mobil* yang berfungsi.

• Ujung klem lainnya dari kabel hitam ⚫ atau (-) dijepit ke bagian bodi, *sasis atau bagian metal* lainnya dari mobil yang mogok.

#Paling penting, jangan pernah menghubungkan ujung klem kabel hitam atau negatif ke baterai mati. Berbahaya!

Semoga bermanfaat.

********
bila 2 hati bertemu di jalan
maka hati2 di jalan

Visualisasi sebagaimana gambar

Beberapa warganet ada yang sudah menerapkan tips diatas. Sebagaimana diungkapkan oleh mbah Fajar Najakhi, ” Gejil ikutin petunjuk kepemilikan aja. Sesuai penjelasan di atas. Kalaupun ada yg bilang langsung ke aki gak papa ya silahkan. Resiko ditanggung sendiri. Gejil sedia peralatannya. Kalau ada yg butuh bantuan akan gejil lakukan sesuai di atas. Andaikan mereka menolak ya gak papa. Dalam menolong kita gak maksa kok ” ujarnya sambil mengunggah peralatan jamper aki mobil.

Mbah Karsono :
Jaduk Arief betul mbah
dulu dimotuba juga pernah ada yang posting gini kijang,langsung kebakar leleh semua kabelnya
ga rekomen posisi aki masih nyambung,harusnya kabelnya dilepas dulu jadi umpama gagal pun cuma ganti aki

Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang gans....Beberapa warganet menanyakan terkait bahaya atau efek samping bila kabel hitam langsung ke aki. ” Bahayanya kenapa Mbah, kalau kabel hitam (-) di cepit di aki mati “ tanya mbah Raditz L. Hal ini coba dijelaskan oleh mbah Is Wahyudi, ” Raditz L resiko jebol ecu kalo mobil injeksi. Terutama bila yg ngejumper punya amper yg besar “ tuturnya.

Raditz L :  Is Wahyudi oh gitu Mbah, soalnya saya punya mobil mulai Inova diesel, panther, rush, Avanza, semua pernah saya jamper untungnya gpp
Is Wahyudi :  Raditz L iya mbah.. Kbnykan kasus pake dinamo las . Auto jebol.

Wawanovich Muftinovsky :
Nyimak Mbah, saya pernah jumper aki mobil lain tetap dari – ke – aki yg Soak. Dan ini beberapa kali terjadi. Efeknya emang gimana Mbah? Jadi takut klo mau jumper lagi nih

Yonathan Aryanda Wijaya :
Yang tanya bahaya langsung min ke min itu jawabannya: pemasangan model gitu rawan menimbulkan percikan, sedangkan baterai (aki model cairan, mau MF mau yang isi elektrolit sendiri sama) itu bisa menghasilkan gas hidrogen dari asam sulfatnya, gas H2 itu bersifat mudah terbakar, bahkan explosive (meledak). Gas H2 susah dideteksi, orang awam, jadi ya mending ambil preventif aja daripada apes.

Dimas Wisnu :
– ketemu – di kutub aki pada waktu penjumperan kadang menimbulkan percikan yg bahaya bila menyambar uap hasil elektrolisis air aki yg berupa asam kuat …pokoke H2SO4 …pas gas Hidrogen e lepas kesamber percikan listrik bisa mbeldos akine … Maaf penjelasane rada ngawur dulu pas pelajaran kimia gejil mbolosan

Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang gans....Beberapa warganet menanggapi potongan gambar yang tersebar di grup-grup otomotif terkait cara jamper mobil yang dinilai kurang tepat.

Fajar Najakhi :
Margondoz kreatif digabung pemalas
Jadinya seperti ini
Kalau mau kreatif ngecas pakai las silahkan
Tapi jangan malas
Lepas dulu aki dari mobil
Tegangan terbuka mesin las bisa sampe 50v
Artinya kalau aki sudah penuh nekat dicas
Atau setelan arusnya kebesaran, maka tegangan bisa naik lebih dari 15v
Resikonya ya ecu dan temennya pada modar

Sementara itu beberapa warganet memakai alternatif jamper atau alat jamper yang lain seperti aki motor, baterai atau kunci T2.

Anang Sutrisno :
Kadang penjepit kabel kurang efektif !
Lbih yakin pake kabel yg mengunakan skun lubang untuk baut
Mbah Karsono
Anang Sutrisno betul mbah
kaya truk meski ada yang 12v tapi kebutuhan ampernya gede,jaman mudik pernah liat truk mogok niat hati dijumper malah pas starter meleleh kabelnya

Yogie :
saya pakai aki motor, tp gapake kabel,,pake kunci 10 aja di pegang

Irhendi Labuah :
Dulu sering jumper dari honda beat langsung ke kutub -aki..alhamdulillah aman

Wahyu Wibowo :
Irhendi Labuah sy pernah jg mbah…
Unit matic korea 2004
Stater cengengesan aja
Jamper pke aki motor vario..
Kebetulan punya kabel jamper aki

AL Fin :
Ya klo bisa jgn jumper pake mesin las ,jumper pake motor matic aja lgsg + ke + . – ke – . aman aman saja.

Ipud Phodche :
Pakai baterai cordles 20v langsung jrengggggggggggggg

Ambia:
Aku nek jumper nganggo Kunci T 2 biji mbah

Dimas Widodo :
kl sy jamper pakai batre bor impact… aman jaya mbah… bornya bisa buat dongkrak mobil + copot baut roda + batre buat jumper aki kl soak…

Aki kendaraan soak, sembuh dengan bodrek?Well, itulah brosis obrolan seputar Tips jamper aki mobil biar aman dan tenang gans….Kalau KHS sendiri pernah bantu teman juga menerapkan tips diatas dimana kabel (-) dijepitkan pada rangka atau bodi mobil.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5715 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..