Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang…hehehe.

Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang...hehehe.

setia1heri.com – Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang…hehehe. Beredar gambar salah satu posko lebaran yang bertugas menghitung volume kendaraan yang sedang arus mudik atau balik lebaran. Dari alat hitung kombinasi digital dan manual ini beberapa warganet terfokus pada tombol khusus kendaraan Kijang. Wah seperti apakah spesialnya kijang dibuatkan kolom khusus ini….hehehe. Monggo disimak gans…

Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang...hehehe.Obrolan seputar Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang ini salah satunya di grup facebook Motuba. Salah satu mbah-mbah mengunggah foto petugas yang sedang menghitung arus kendaraan. ” hah kijang ‍♂️.. saya cuma nemu foto ini mbah ” ujar mbah Mbah Karsono pada tanggal 22 April pukul 20.20 WIB sambil doi mengunggah sebuah foto diatas.  “Justru ini lebih canggih dari AI mbah, Namanya Natural Intelligence ” canda dari mbah Afif Abiyyuzaki Pradana mengomentari sistem manual yang masih digunakan.

Sebelum membahas tentang Kijang, ternyata ada mbah-mbah di motuba yang juga menjadi petugas mudik lebaran seperti diatas. ” Salam mbah, dari posko Angleb 2023 UPPKB Sintang BPTD 14 …wkwkwk.. itu hasil mensiasati keruwetan tugas traffic counting mbah, alhasil merekayasa alat sederhana utk mempermudah pekerjaan.. pakek tasbih digital 20 biji ” ujar mbah Iswanto Al Qassam pada tanggal 21 April pukul 00.00 ·WIB sambil mengunggah sebuah foto penampakan alat hitung kendaraan dari tasbih digital.Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang...hehehe.

Saya beberapa kali kerja seperti ini dengan duduk di tepi jalan terkadang juga duduk di tengah median jalan untuk survey “Traffic counting” di jam2 padat durasi 1 jam pagi, siang dan sore. Yang hasil survei ini di jadikan salah satu data untuk menunjang kajian atau penelitian yang berkaitan dengan lalulintas. ” tambahan dari mbah Tri Wahyu Joko Widodo.

Kembali ke soal definisi Kijang, beberapa warganet mencoba mendefiniskan dan mencerna istilah itu. “Kijang di buat sandi untuk mempermudah sebutan kendaraan contoh nya kbm jenis minibus seperti mportuner, makjero,dan sejenisnya mbah .. soalnya pernah tanya apa petugas gituan ngitung kendaraan lewat di jalan ..” tutur Nugrho Prast Dean Pratama.Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang...hehehe.

Beberapa warganet lain mencoba mendefinsikan arti “Kijang” diatas sebagai berikut brosis.

Jali :
Fortuner, pajero sport, palisade dan range rover masuk kategori kijang dong, mbah

Ande Mangungsong :
Entah itu panther ,Avanza ,Inova .kuda.dimasukin kijang

Faizal Dhiya :
Kijang di maksud mungkin MPV atau LMPV

Ahmad Novantara :
Yg masuk kategori kijang ya SUV LSUV MPV LMPV. Sedangkan Hatchback city car masuk kategori sedan

Poltak Noverio Sinaga :
Sebutan lmpv,mpv,mini bus,dll di ganti kijang
Tapi kurang lengkap harusnya ada lagi kijang komando, kijang kapsul, kijang kijangan

Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang...hehehe.

Terkait penggunaan kata kijang ini juga berlaku ketika pembelian material pasir di toko galangan. ” Beli pasir di matrial aja masih ada istilah 1 Kijang alias 1 bak truck kecil. Padahal sekarang udah pakai Carry dan Gran Max ” ujar mbah Greg Mpukaladzulu. Selain itu juga pernah ada pada tiket masuk wahana wisata dimana ada istilah khusus kijang ini. ” Sama kaya ini, tiket masuk khusus kijang ” terang mbah Handika Putra sambil mengungah sebuah foto penampakan tiket parkir mobil.Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang...hehehe.

Warganet lain Ayus Sabyan mengungkapkan pengalaman ketika dikampung bahwa mobil avanza pun disebut dengan panggilan Kijang Avanza. Sepertinya bagi kalangan tertenu penggunaan kata Kijang ini untuk menggantikan semua mobil jenis MPV yang ada dipasaran. “ Terjawab sudah postingan saya setahun lalu mbah � ” kenang Ayus sambil mengunggah sebuah foto skrinsut postingan setahun silam.Menengok alat hitung kendaraan arus mudik-balik lebaran, kok ada kijang...hehehe.

Hingga tulisan ini diketik, KHS juga masih menerka yang dimaksud kijang itu apa?…hehehe. Mungkin ada official statemen dari petugas orang yang membuat klasifikasi kendaraan diatas…hehehe.

Maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5693 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..