Biar gak ketipu kalau mau beli, kenali mobil bekas yang odometernya disetting ulang

Biar gak ketipu kalau mau beli, kenali mobil bekas yang odometernya disetting ulang. Beli mobil bekas berkualitas memang gampang-gampang susah brosis. Bila kemarin KHS posting mengenali mobil bekas kecelakaan maka kini ada postingan lain bila masalahnya odometer disetting ulang agar km kelihatan rendah. Monggo disimak Biar gak ketipu kalau mau beli, kenali mobil bekas yang odometernya disetting ulang.Biar gak ketipu kalau mau beli, kenali mobil bekas yang odometernya disetting ulangWarganet Mubyarto Retowiarjo membagikan pengalamannya digrup facebook ‎Motuba pada tanggal 16 Maret 2019.  Ada 3 hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil bekas yang kelihatannya km rendah. Coba dilihat kondisi pedal, roda setir dan terakhir karet seal. Selengkapnya monggo dilihat brosis..

Mubyarto Retowiarjo

Ternyata masih ada aja ya dagang mobil bekas main puter/mundurin odo. Saya pake indikator ini untuk bantu kenalin mobil yang odo nya asli atau sudah di mundurin.

1. Pedal pedal. Mantan taksi saya odo 260 ribu pedal pedal nya udah pada botak licin merata. Beda banget dengan yg odo mendekati setengah nya (foto). Indikator ini ngga berlaku kalo pedal nya juga diganti si penjual.

2. Roda setir. Yang udah jauh diatas 80 ribu roda setir nya udah licin. Botak. Lagi lagi ini ngga berlaku kalo roda setir nya udah diganti.

3. Karet sil. Ternyata mereka berbicara banyak soal aktivitas mobil nya sehari hari.

a. Karet dibawah kaca bercerita kondisi sehari hari mobil selama berpuluh tahun. Mobil umur 20-30 tahun yg jarang kena paparan cuaca karet karet di kaca masih lentur lunak meski udah 20 tahun lebih. Tanpa banyak pecah pecah/rompal atau berjamur.

b. Kentara banget di mobil mobil sedan eropa yang rata rata banyak pake karet lunak di bagian kaca, atap.
Dijamin karet karet ini hancur di mobil yg udah lama dijemur jadi bangke, atau yg parkir nya di lapangan terbuka.

c. Karet sil juga ngasih gambaran kondisi bodi. Karet yang udah ngga asli ada indikasi pernah diganti. Penggantian nya saat dandan setelah laka, atau repaint ulang.

-Ini kentara banget di karet kaca, bodi, pintu.

-Karet sil yg udah bikinan ulang atau ganti kondisinya ga sama dengan yg asli pabrik.

– Keliatan banget karet sil yg ada di pintu.

– Mobil bekas laka berat diketok ulang kentara banget di bagian ini.


Ada yang mau tambahin apa ciri mobil yg udah diputer odo nya?

Beberapa warganet menanggapi postingan diatas khusus terkait odometer rendah. “jgn trgoda sama spido yg rendah mbah lebih baik test drive kalo bagus bayar….sesuai kondisi mobil tidak dengan brp jumlah jarak yg ada di speedo ” ujar Dian Firmansyah. Hal serupa juga dinyatakan oleh Rio Rimba Yanto,”Kalo plat kota, susah bedainnya mbah, kadang mobil km rendah bukan karna gak di pake, tapi karna sering kena macet, justru bs di bilang lebih capek mesinnya..” tuturnya.

EJet Reza Pahlevi membagikan pengalamannya memeliharan mobil asal Amerika. “Motuba Gejil mbah dari Mamarika, 8 Tahun ini mbah. Jarang pakai parkir selalu didalam Garasi, seal di kaca supir yang sering dibuka dah retak2 gitu dah pada getas. Motuba gejil Sijuki udah 12 Tahun, mobil tempur, parkir selalu panasan jarang masuk garasi, tapi kondisi seal2 jendele menurut gejil better lah daripada yang dari mamarika. ” katanya.

Tips membeli dan mengenali mobil bekas, apalagi bekas kecelakaan
ilustrasi Motuba

Dion Soerjo juga mengunggah pengalamannya beli motuba tanpa melihat odometer. “Kalo beli motuba ga pernah liat odo. Pernah dapet diatas 3xx.xxx terawat, pernah dapet 7x.xxx zonk, langsung turmes. Yg skrg odo aslinya 150.xxx sama empunya diputer jadi 2xx.xxx malah dibanyakin, perkara ganti speedometer. 😂😂 ” tegasnya.

Arie Kurniawan pernah melihat ada yang main-main dengan odometer. “Kalau saya sering liat..bukan diputer balik odonya…tapi mobil masih low kilometer…trus odometernya di matiin…pas mau dijual baru difungsiin lagi...” ujarnya.

Indikator lain terkait km rendah dan jauh bisa dilihat dari kondisi ban dan transmisi. “Indikasi paling ketara klo odo dibawah 40rebu ya dari ban,minimal 1set ban masih bawaan orok 😁 ” ujar Lendi Solar. “Tuas transmisi biasanya dah alus klo KM tinggi, ban sudah bukan bawaan semua, jok sopir sudah tepos klo KM tinggi ” terang Ardi MomoLegendaris.

Itulah brosis Biar gak ketipu kalau mau beli, kenali mobil bekas yang odometernya disetting ulang. Mungkin mantemans punya pengalaman serupa dapat dibagikan dimari…

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3959 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..