Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger dan Hiline

Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger dan Hiline

Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger dan Hiline. Mobil kelahiran 1988 ini masih gagah dan seringkali masih wira-wiri di jalanan baik kota maupun pedesaan. Dengan menggendong mesin 2.8 L serta beragam pilihan penggerakan baik 2 maupun 4WD maka begitu garang khususnya penyuka dunia offroad. Bahkan tidak sedikit yang dimodifikasi Alto yang terlihat lebih gagah dan wow begitu. Monggo disimak Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger.

Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger dan HilineSalah seorang warganet di Motuba yakni mbah Ifan Ramadhana membagikan pengalamannya mengenai Daihatsu Taft GT Ranger. Doi menuliskan secara panjang lebar mengenai kelahiran dan transformasi Daihatsu Taft GT Ranger mulai dari 1988 hingga kini dengan beragam facelifnya. Mobil ini begitu populer didaerah seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Monggo disimak tulisan berikut yang diunggah pada tanggal 23 September 2019.

Ifan Ramadhana > ‎Motuba

Walaupun PT Adhi Jaya Tama Mobilindo (Astrido Group) lebih terkenal dengan Toyota. Namun pada 1988 perusahaan ini juga memproduksi Daihatsu Taft GT Ranger dengan mesin Diesel DG 4 silinder 2.800 cc.

Memasuki tahun 1989 Taft Ranger mendapatkan update seperti grill yang dibuat lebih sederhana dan lampu utama berbentuk kotak dengan halogen.

Mobil ini bisa dipesan dalam varian penggerak 2 dan 4 roda. Dimana versi 4×4 lebih populer di daerah seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Fitur2nya antara lain sabuk pengaman, speedometer dengan tachometer, thermometer, fuel meter, indikator 4WD, jam digital, clinometer dan voltneter. Ada juga wiper washer.


Desain mobil ini sepenuhnya dilakukan di Indonesia dengan produksi menggunakan full pressed body. Desain handle pintu dibuat recessed untuk mengurangi kebisingan udara.

Performa Taft Ranger cukup baik dengan 0-100 km/jam dalam 14 detik dan waktu 402 m tercatat 23 detik. Saat dibawa di jalan tol mobil ini bisa melaju dengan mudah pada 117 km/jam. Terakhir konsumsi bahan bakarnya cukup irit yaitu 12 km per liter.

Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger dan HilineBeberapa warganet menanggapi dan menambahi keterangan diatas. “Basis mobil ternyata namanya macem2 mbah ini di inggris namanya fourtrak,yang jdm nya namanya rugger udah built in winch pto ada juga yang di rebadge sama pabrikan dari itali jadi bertone freeclimber di toyota namanya toyota blizzard tapi setau saya cuma di Indonesia yang punya versi long chasis ” terang Allan Riyan Taufiq Akbar. ” Selain varian sasis panjang 5 pintu juga sempat keluar varian Rocky dengan atap fiberglass model tinggi dan frame agak lebih panjang vs varian Taft GT 3 pintu ” tambah Yudhisatu Nfseratus.Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger dan Hiline

Warganet lain menanyakan terkait bedanya dengan Hiline. “Bedanya sm hiline apa mbah? (2) ” tanya Gilang Ramadhan. Hal ini langsung direspon oleh Syahrizal Dimas Panji Bagaskara, “kalo hiline yang 5 pintu(long) setau saya ada 3 varian mbah : ranger,gtl & bravo ” jawabnya. “Bodi hiline panjang dibagian bagasinya….ranger bagasiny pendek…. liat aj kaca belakang samping…disitu bedany” terang Piet Papanya Jily. “Ranger 4X4, bodi agak pendek klo kijang short, Hiline 4X2 tp ada yg 4X4 juga meski jarang, bodi lbh panjang klo kijang long. Hiline GTL ada yg 4X4 juga, kayak limited edition ” tambah Edy Bagus.Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger dan Hiline

Terkait GT dan Hiline terdapat diskusi yang menarik apakah 2×4 ataukah 4×4. ” Nmbah dikit mbah Ifan Ramadhana, Mbah Chahyadi…bedanya sm Taft F69 Hiline …hiline ini adalah versi 4×2 dari taft F70. Hiline semuanya 4×2, tapi hiline F69 punya tiga wheelbase yang berbeda, yaitu pendek (Taft Hiline GTS), sedang (Taft F69 Hiline GTX), dan panjang (Taft F69 Hiline GTL). mesin dan transmisi tetap sama dengan Taft F70, DL41 2,765 cc dengan transmisi 4-speed. ” terang BJay Harjunanto. Namun hal ini disanggah oleh Syahrizal Dimas Panji Bagaskara, “engga semua mbah, ada beberapa yang asli 4×4 ” tuturnya. Hal ini direspon balik oleh BJay Harjunanto, “oh iya betul mbah…brsn update dr suhu2 taft..blakangan kluar 4×4 5 speed ” pungkasnya.

Syahrizal Dimas Panji Bagaskara yang pernah memelihara Hiline GTS turut memberikan pengalamannya. “Saya ada satu hiline gts 4×2,soal tenaga emang joss, katana putih 4×4 ditanjakan tinggi habis napas,tapi saya masih lanjut sama hiline 😁 ” ujarnya. Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger dan Hiline

Berapa harganya dahulu? “Dulunya sekitar 42jt era <1993 cmiiw, kurs $ masih 2.200~2.300 ” terang Yudhisatu Nfseratus. Kalau sekarang harga sekennya mulai dari 50 jeti hingga 150 jeti tergantung kondisi brosis. Bagi penyuka dunia offroad maka biasanya akan memilih mobil jenis ini khususnya varian 4×4.

Itulah mantemans sekilas mengenai Daihatsu Taft GT Ranger.Mengenal motuba Daihatsu Taft GT Ranger dan Hiline

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4021 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..