Mesin kondisi panas, ketika mati susah hidup lagi. Ada apa dengan MT-03 ?

Mesin kondisi panas, ketika mati susah hidup lagi. Ada apa dengan MT-03 ? Mbah Tarno alias Daihatsu Taruna FGX lansiran 2003 punya KHS sedang ngambek bin mogok. Untungnya mogok sudah didepan rumah dan kondisi malam hari jadi gang sudah sepi. Kejadian berulang ini menghinggapi mbah Tarno sebulan terakhir. Apakah karena aki sudah mulai soak atau yang lainnya. Berikut penjelasan pak Yono mekanik bengkel langganan KHS.

Ceritanya begini, Mbah Tarno habis dalam perjalanan jauh dimana artinya kondisi mesin pasti panas. KHS berniat untuk memarkir mobil dengan kondisi mundur namun harus melewati sedikit tanjakan semacam polisi tidur didepan rumah. Karena irama injakan kopling yang kurang tepat akhirnya mesin mati. Posisi MT-03 malang melintang ditengah jalan gang. Namun untung waktu sudah malam jadi tidak ada lalu lalang orang jalan…hehehe. Nah ketika mesin mati inilah sudah sekali menghidupkannya. Hanya bunyi suara cetekk….cetekk….saja.

Pengalaman pertamax, KHS tunggu hingga lima menit tanpa harus otak – atik apapun dan akhirnya mesin bisa dinyalakan sehingga sukses untuk parkir. Nah pengalaman kedua kemarin, hingga membutuhkan waktu lebih dari 20 menit. KHS sudah mencoba untuk membuka dan menutup kembali aki dengan asumsi aki mulai tekor. Sempat berhasil namun mogok lagi. Terpaksa deh ngedorong bareng istri biar mbah tarno bisa parkir sempurna didepan teras rumah.

Ini mobil memang jarang KHS pakai namun 2 hari sekali pasti mesin di panasin. KHS hanya menduga apakah aki sudah mulai soak karena sejak KHS meminang ini mobil sudah berusia 3 tahun. Sementara usia aki yang menancap didalamnya KHS tidak tahu dibeli tahun keberapa. Akhirnya hari Kamis, 21 September 2017 kemarin pagi-pagi KHS langsung ngacir ke belang Yono Motor. Hati-hati agar irama pijakan kopling tidak sampai mati…hehehe.


Sesampai disana KHS pun bercerita kepada pak Yono terkait keluhan diatas. Ada 3 kemungkinan yang menyebabkan mesin susah dihidupkan ketika dalam kondisi panas yakni aki mulai soak, bendik starter dan dinamo starter. Dan ternyata hasil penelusuran Pak Yono ditemukan Dinamo Starter mengalami kotor yang luar biasa sehingga perlu dibersihkan. Mungkin inilah yang menyebabkan aliran listrik tidak sempurna ketika akan menyalakan mobil pasca mati dalam kondisi panas.

mbah tarno ada dibelakang KHS

Sementara hanya dugaan awal hanya masalah Dinamo Starter saja brosis. Semoga jangan sampai mogok ditengah jalan yang membuat kemacetan lalu lintas…hehehe. Jangan ngambek yah Mbah…hehehe

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3578 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

Monggo dikomeng gans..