Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya

Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (7)

Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya. Mumpung lagi ada pemutihan denda pajak tahun 2019. KHS memanfaatkan untuk balik nama, ganti plat nopol sekaligus bayar pajak mbah Tarno alias Daihatsu Taruna FGX tahun 2003 yang sudah telat 2 tahun. Berhubung tinggal di Manukan maka ikut SAMSAT Barat yang ada di Tandes brosis. Berikut pengalaman KHS gans…

Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (13)Hari Sabtu(23/11) KHS bersama mbah Tarno bergeser ke Samsat Tandes sekitar jam 08.45 WIB. Sebenarnya agak bingung mau mengurus sendiri balik nama ini. Akhirnya nanya ke tukang parkir mobil setelah sampai lokasi yang ternyata diarahkan untuk langsung ke tukang fotocopy yang ada di sekitar SAMSAT. Pastikan sdh bawa dokumen seperti BPKB, KTP dan STNK ya brosis…Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (13)

Di tempat fotocopy tinggal bilang “buat balik nama” . Petugas fotocopy sdh paham berapa jumlah copian dan kwitansi yang perlu disiapkan. KHS berhubung balik nama maka perlu ada semacam kwitansi pembelian sehingga biaya total sekitar Rp. 16.000. Sabtu pagi itu lumayan antrian namun gak sampai panjang brosis.Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (13)

Selanjutnya dengan membawa berkas foto copy dalam map kita geser ke loket cek fisik. Disini berkas kita akan di stempel dan diarahkan ke loket formulir. Lokasinya gak jauh jaraknya antara tempat fotocopy, loket cek fisik dan loket formulir. Disini mesti antri dulu brosis…Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (13)

Setelah mendapatkan formulir kita geser kembali ke area lokasi cek fisik. Disini kita akan diarahkan untuk mencari petugas cek fisik untuk kendaraan roda empat yakni Pak Eko atau pak Bambang yang berada di area depan dekat jalan raya. Wow lumayan antri untuk esek esek mesin buat cek fisik ini. Habis gesek2 kita bolehlah masuk ke ruang utama samsat ini. Oia kalau ada rejeki lebih bolehlah kasih sedikit uang kopi buat Pak Eko gans…Yah seikhlasnya ajah…gak juga gpp kok.Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (13)


Eits…Jangan lupa diisi data BPKB dengan data diri pemilik terbaru. Selanjutnya geser ke loket Verifikasi dan loket Blokir yang ada di Lantai 1 paling utara atau paling kiri. Kurang lebih sekitar 10 menit antrian semua sudah beres sehinga KHS bergeser ke lantai 2 untuk mengurus balik nama ini. Disini KHS mencari loket Balik Nama 1 Wilayah karena memang tidak ada perubahan samsat. BPKB mobil punya orang Asemrowo dan itu masih satu area dengan Tandes yang berada di SAMSAT Barat.Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (13)

Disini kita juga antri dan kemudian membayar biaya penulisan BPKB sebesar Rp. 375.000. Disini KHS antri sekitar 15 menit sebelum dipanggil petugas. Setelah map diperiksa kita diberikan kwitansi selembar plus penjelasan bahwa BPKB baru bisa diambil 4 bulan lagi alias bulan Pebruari 2020 brosis. Setelah itu geser ke loket 1 Pendaftaran dan Penetapan untuk menyerahkan map tadi.Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (13)

Map sudah diterima petugas maka kita dipersilahkan untuk duduk menunggu dimana nanti nama kita akan dipanggil. Kurang lebih 10 menit nama KHS dipanggil ke loket 2 yakni loket Pembayaran dan Pengesahan. Disini KHS diberitahu bahwa biaya pajak mobil, STNK dan TNKB baru total Rp. 4. 078.800. Rinciannya sebagai berikut pajak tahun 2019 sebanyak Rp.1.812.500 ditambah dengan PKB tahun 2019 sebanyak Rp.282.500 dan pajak tahun 2020 yakni Rp.1.984.200 (dengan rincian biaya PKB, SWDKLLJ, STNK, TNKB). Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (13)

Maklum angka diatas termasuk tunggakan pajak tahun 2019 kemarin brosis…hehehe. Disini kita dipersilahkan bayar pakai cash atau kartu debit. Info petugas biaya debit ditanggung oleh petugas alias free of charge brosis. Yah KHS pilih gesek aja pakai debit Mandiri…hehehe .Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (13)

Selepas itu geser ke samping barat untuk cetak STNK. Sebelum ditaruh di meja cetak STNK harap dicek data-data dan identitas diri. Setelah itu serahkan pada petugas dan kita dipersilahkan untuk menunggu. Selang 10 menit nama KHS dipanggil untuk menerima STNK yang sudah jadi beserta berkas pajak mobil yang kita bayarkan sebelumnya. Jangan lupa isi buku serah terima sebelum turun untuk cetak plat nopol brosis.Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (7)

Turun dari lantai 2 geser ke belakang SAMSAT deket kantin untuk cetak plat nopol TNKB. Serahkan STNK dan pajak motor tadi ke petugas brosis. Pengerjaan cukup cepat sehingga tidak sampai 5 menit nama KHS sudah dipanggil. Tepat jam 11.15 semua proses pengurusan balik nama dan ganti plat nopol ini selesai sudah. Kurang lebih total waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2,5 jam saja brosis pada Sabtu itu.Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (7)

Kocek yang mesti KHS rogoh untuk balik nama, cetak plat nopol serta pajak 2 tahun sekitar 4,6 jeti brosis termasuk foto copy,uang kopi, minum dikantin serta uang parkir.Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (7)

Catatan : KHS balik nama mbah Tarno yang KHS pinang tahun 2014 ini tidak perlu cabut berkas karena masih satu SAMSAT Barat. Mungkin brosis yang pakai cabut berkas atau mutasi dari luar wilayah memerlukan waktu yang lebih lama.

Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (7)Maturnuwun

Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (7)

Baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4074 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

  1. wajarlah ….. bagaimana ke depan nya biar ringkas ngk banyak meja ….sesuai ke inginan pak presiden ….n paperless ….zaman sdh online ngk maju masih sama dengan 20 tahun lalu ….

Monggo dikomeng gans..