Mbah Tarno ganti sepatu setelah 10 tahun gans…

Mbah Tarno (Daihatsu Taruna FGX 2003) ganti sepatu (ban mobil) setelah 10 tahun gans (15)

setia1heri.com – Mbah Tarno (Daihatsu Taruna FGX 2003) ganti sepatu (ban mobil) setelah 10 tahun gans…Diary bersama Mbah Tarno yang sudah bersama KHS sejak tahun 2015 ini. Ketika beli waktu itu langsung ganti sepatu alias ban dengan bawaan si empunya yakni Dunlop SP Sport LM705 205-70-R15. Saat itu ganti di sebuah bengkel ban di sekitaran  Manyar, Gresik. Nah kini setelah 10 tahun baru mau ganti lagi…xixixixi. Monggo disimak gans…

Mbah Tarno (Daihatsu Taruna FGX 2003) ganti sepatu (ban mobil) setelah 10 tahun gans (15)Wah kok 10 tahun baru diganti gan kang ? Yah karena mobil jarang dipakai alias hanya dipakai akhir pekan saja sehingga dari beli KM 93k hingga sekarang 144k alias hampir 50k km saja gans. Selain itu profil ban masih terbilang bagus alias ausya masih bisa ditoleransi. Namun hal tak terduga terjadi pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 mau nambah angin dimana sebulan terakhir seringkali seminggu sekali nambah angin. Nah ketika dicek ternyata bocor alus ada 2 titik plus bekas tembelan tubless sudah melembung sehingga bikin ketar-ketir dijalan.Mbah Tarno (Daihatsu Taruna FGX 2003) ganti sepatu (ban mobil) setelah 10 tahun gans (15)

Kondisi itu tidak bisa ditolerir sehingga KHS memakai ban cadangan untuk berangkat kerja pagi itu. Selepas kegiatan kantor selesai KHS mencari tempat ganti ban yang rekomended sekitar kantor. Ditemani dengan mas kris yang paham masalah otomotif akhirnya merapat di toko ban yang spesialis jual produk dunlop. Maklum KHS cocok dengan ban yang sejak awal meminang mbah tarno. Emang sih agak mahal namun sesuai lah dengan produknya…hehehe.Mbah Tarno (Daihatsu Taruna FGX 2003) ganti sepatu (ban mobil) setelah 10 tahun gans (15)

KHS merapat di WIJAYA’S BARU ban yang berada di sekitar Baratajaya, Bratang, Surabaya. Siang ini kondisi toko lumayan ramai orang-orang ganti ban dunlop. Mas kris mencoba menanyakan ketersediaan spek ban dunlop yang nempel di mbah Tarno. Karena KHS langsung ganti 4 buah sekaligus infonya harus ngambi dulu di cabang toko lain yang ada di sekitaran Undaan. Akhirnya setelah menunggu sekitar 1jaman ban dunlop SP Sport LM705 205-70-R15 datang juga.Mbah Tarno (Daihatsu Taruna FGX 2003) ganti sepatu (ban mobil) setelah 10 tahun gans (15)

Sebelum ban dilepas satu persatu dari mbah tarno dan kemudian saatnya untuk ganti sepatu gans. Semua proses pelepasan dan pemasangan ban memakai alat atau mesin khusus agar prosesi tersebut dilakukan secara presisi. Berhubung sudah terbiasa memakai angin nitrogen maka KHS minta untuk memakai gas nitrogen saja dimana nanti akan dikenakan charge 15k per ban.  Okeh bungkus…Mbah Tarno (Daihatsu Taruna FGX 2003) ganti sepatu (ban mobil) setelah 10 tahun gans (15)

Kurang lebih sekitar 1,5 jam prosesi penggantian sepatu mbah Tarno ini. Harga per ban yakni 860k dengan gratis balancing. KHS pun berencana melakukan spooring sekalian namun ternyata setelah dicek lebih lanjut ada masalah di busing arm yang sudah pecah dan long terod yang ada kebocoroan. Menurut salah satu mekanik kalau tetap dilakukan spooring maka akan sia-sia karena nantinya tidak akan presisis. Akhirnya KHS mengurungkan niat untuk spooring sekalian. Total ganti sepatu plus isi nitrogen yakni 3,5 jeti gans.Mbah Tarno (Daihatsu Taruna FGX 2003) ganti sepatu (ban mobil) setelah 10 tahun gans (15)

Alhamdulillah akhirnya mbah Tarno memakai sepatu baru untuk lebaran nanti gans…hehehehe.Mbah Tarno (Daihatsu Taruna FGX 2003) ganti sepatu (ban mobil) setelah 10 tahun gans (15)

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5683 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..