Suka duka memelihara Vespa Matic

Suka duka kelebihan dan kekurangan memelihara Vespa Matic (6)

Suka duka memelihara Vespa Matic. Kelebihan dan kekurangan vesmat Piaggio menurut warganet mantemans. Vespa selama ini identik dengan motor 2tak yang sudah melegenda di Indonesia namun jaman sudah berubah kini terdapat vespa matik dengan mesin 4 tak.  Vespa yang merupakan motor khas Eropa ikonik ini versi maticnya juga tidak sedikit penggemarnya disini. Berhubung ini motor yang harganya kadang 2 kali lipat motor matic jepang maka tentu ada suka dukanya. Monggo disimak brosis…

Suka duka kelebihan dan kekurangan memelihara Vespa Matic (6)Obrolan mengenai Suka duka memelihara Vespa Matic bermula dari salah satu postingan warganet di BEKAKAS. Si Mbah Aufar Raja meminta sharing pada anggota terkait keinginan untuk meminang salah satu vespa matic. “Sharing suka duka nya minang vespa matic dong mbah…soalnya mbah uti lagi ngebet pengen beli.. tapi ragu soal aftersales mbah..” pinta Aufar Raja digrup ‎BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas) pada tanggal 08 Mei 2020.  Doi sambil melampirkan salah satu jenis vespa matic yang mengaspal di Indonesia.


Sekedar diketahui vespa/piaggio matic di Indonesia terdapat beberapa jenis dan tipe. Misalnya ada Vespa LX 125 yang tergolong entry level atau paling murahlah sekitar 30jetian. Yang lain ada Vespa Primavera, Sprint, GTS, Emporio Armani dan lain-lain dimana kadang harganya setara dengan mobil baru. Yah memang ada harga ada rupa brosis. Motor besutan Eropa bikinan Vietnam ini memang bikin prestige penunggangnya.Suka duka kelebihan dan kekurangan memelihara Vespa Matic (6)

Beberapa warganet yang pernah memelihara motor vespa ini turut memberikan komentarnya. Beberapa warganet mengaku motor ini enak dan nyaman namun diakui urusan BBM tergolong boros. Enak mbah halus cuma kalau 2/3V gredeg diawal. Bensin terhitung boros untuk matic 125, perawatan dan sparepart harganya agak jauh juga dari motor” sekelas.” tutur Rehan Afrizal. Hal ini juga seperti dinyatakan oleh Irfan Rendi, Nyaman bgt mbah, buat harian atau cuma buat pajangan oke dan bensin irit mbah buat perbandingan ya setara pakrio lah kurleb. Cuma kl yg masih 2v/3v gregel ditarikan awal sm sparepart sayangnya mehong utk kls matic cc kecil. “ tambahnya.

Warganet turut memberikan testimoninya kala memelihara Vespa Matic ini. “Miara beli baru thn 2018, baru jalan kira2 setengah taun ecu tewas, ga bisa diklaim, akhirnya inden ecu baru kurang lebih 2 bulan harga 4jutaan. Posisi riding dan handling ga enak kalo yg ga biasa, soalnya tinggi bgt (Gejil biasa pake tiger sama Moge 1550cc). Tenaga buat 150cc B aja. Rem jg B aja. Mesin berisik. Padahal servis rutin. Oya, bensin jg termasuk tidak irit. Enaknya kalo ke mall di kota besar suka ada parkiran khusus vespa/piaggio. Jadi ga usah parkir dempet2an. ” tutur Nanda Hardjoutomo.Suka duka kelebihan dan kekurangan memelihara Vespa Matic (6)

Ferdhany P Wardhana juga memberikan tambahan penjelasan mengenai vespa matic yang sering dipakai sama mbah uti nya. “Pakaiannya mbah uti tiap hari mbah, cuma karena skr lagi hamil anak gejil yg ke 2 jd tiap hari anter jemput pake semi motuba gejil. Vespa matic. Kelebihan : Harga mahal, Prestise, Kalo gejil yg pake disangka fakboy. Kelemahan : Spareparts yaaa you know laaaah. Nyaman ? Lebih nyaman mbeat. Tarikan oke lah. Harga jual makin tinggi mbah ” tambahnya.

Beberapa pengguna vespa matic ini mengaku ada semacam getaran gredek atau gredel. “Asal sing sabar mbah.. Tim gredek gredek.. 😂😂 ” tutur Rino Hariyadi.  Ryan Aulian juga menyatakan hal semacam itu. “Buorooosss , greedeeeekkk , sparepart lumayan menguras dompet Mbah 🤣 ” tambahnya. Dikky Febrianto juga merasakan hal serupa mengenai gredek ini. “aftersalesnya bagus mbah masalah part melimpah banyak aftermarket, cuman yang jadi masalah kalo standar pabrik bagian cvt nya gredek nya parah, minimal upgrade mallosi/polini, tapi kalo tampang sih paling gaya mbah ” terangnya.Suka duka kelebihan dan kekurangan memelihara Vespa Matic (6)

Terkait dengan gredek dirasakan oleh pengguna versi v2/v3. Hal ini seperti diungkapkan oleh Andi Setyawan, “Yg blm i-get gredeg palagi 2v, shock keras dibndinng motor laen ” terangnya. Hal ini juga ditegaskan oleh Ghibran Herlangga, “Kalo masih 3V wajib upgrade CVT Mbah, soalnya pasti gregel 😭 ” tuturnya. Reyhan Effendi mencoba memberikan penilaian mengenai vespa matic ini. “Gk ada powerny mbah,mesin berisik, boros bensin,lebih enak vario 150 mbah,mau enak lagi scoopy mbah, sdh paling pas di perkotaan, saya ngomong gitu karna sdh pernah nyoba 😆😆 ” tuturnya. Hal ini diperjelas oleh mbah Gian Prianka bahwa hal itu kemungkinan vesmat v3. “Reyhan Effendi berarti itu yang 3v mbah, permasalahannya di cvt sama pengapian. Kalo yang di atas tahun 2016 alias cvt udah i-get udah ga kayak gitu kok. Malah ngacir yang ada ” sanggahnya.

Sementara itu beberapa pengguna lain mengaku bahwa vesmat itu tergolong boros BBM. “Kalo buat gejil yang dipenjemin beberapa kali,enak buat gaya gaenak buat harian mbah. Kenapa? Riding position sama handling kurang,body bentuknya agak gimana gitu. Terus kalo buat mbonceng juga mbah uti gejil dulu gasuka. Udah gitu katanya standarannya cvtnya gredek. Daaannn boros serta perawatan kalo kata gejil lumayan susah. Kelebihan? Style dapet,gaet mbah uti baru gaada seminggu dapet 4 waktu itu walaupun muka gejil underrated😁😂 ” tutur Bintang Alfian. Hal ini juga diamini oleh Irfan Luthfie, “Saya pakai, terasa memang rada boros, lalu aki cepat tekor kalau cuma dipakai jarak dekat… bendix kebakar, ban mahal, olinya unik ” terangnya.Suka duka kelebihan dan kekurangan memelihara Vespa Matic (6)

Sementara itu dari sisi perawatan motor Vespa matic ini harus dirawat secara rutin dan pada bengkel yang tepat. “Ngerawat mesti bener2 mbah, walaupun motor vietnam tapi rasa ngeropahnya berasa juga. sparepart import rada mahal, rawat mesti apik mbah gabisa asal2an ” tutur Daffa Muafi II. Hal ini juga didukung oleh mbah Andrian Naufal Akbar, “Yang penting kalo ada 1 penyakit segera di beresin mbah merembet soalnya , servis yaa harus rutin misal per 5000 mbah alias 1 bulan sekali, kalo gejil pribadi pas lagi pergi jauh gejil selalu buka box nya biar panas di body ilang ” tambahnya.

Bagaimana dengan biaya perawatan dan sparepart ? Berhubung ini motor import serta ikonik Eropa maka menurut beberapa orang menyatakan bahwa biaya dan sparepart tergolong mahal gans. Mahal perawatan. Mesti hafal periode perawatan part tertentu. Pastikan ada bengkel yg bisa service atau ada dealer . Kalau kota besar sih pasti ada. Perawatan beda Ama matic jejepangan. Udah itu aja tips dari rekan gejil mantan Sales Vespa matic ” ujar Angga Budi Santoso. Hal ini seperti diungkapkan oleh Hirmawan Aditya yang pernah mengganti kampas ganda CVT. Spare part mahal mbah. Gejil pelihara sprint 150…ganti kampas ganda cvt aja 850 rb 😂 ” terangnya. Syahri Hari juga menegaskan mengenai biaya perawatan ini. “Siap” dompet Tebel,buat tebus sparepart nya. Terutama komponen CVT ” tambahnya. Mochammad Iqbal juga menegaskan mengenai biaya ini. “Siap siap biaya untuk perawatan dan service aja Mbah kalo mau ambil vesmat. Maklum Barang Eropa ” pungkasnya.Suka duka kelebihan dan kekurangan memelihara Vespa Matic (6)

Terakhir beberapa warganet menyarankan bila memang hendak meminang vesmat bekas maka pilihlah generasi 2017 atau yang sudah versi i-get. Arya Ikhsandy menyarankan hal tersebut. “Enak kok mbah, ambil yg iget mbah karna getarannya lumayan minim drpd yg blm iget, dan yg penting sih harus punya kenalan bengkel vespa aja jadi servicenya enak ” tuturnya. Hal ini juga disarankan oleh Threeo Rendra, “Beli tahun 2017 keatas yg udh i-get ” tambahnya. Tony Setiawan menyarnakan hal serupa khususnya untuk tipe Primavera. “Kalo mau ambil seri Primavera sprint mbah lebih jos lagi yg super wkwkwkw kalo seri di bawah itu gredeg cuma upgrade main CVT juga udh aman katanya ” pungkasnya.

Terakhir lagi meminang ini motor memang harus siap dan kuat terlebih dengan keberadaan bengkelnya. Asal kuat sm biaya perawatan,ya gk mslh.. trs jga servis gk bs disembarang bengkel😂 kecuali klo ganti oli aja ya gpp ” tutur Daffa. Namun disisi lain pengalaman Untung Supriono justru tidak mengenakkan terlebih ketika hidup di desa. “Ribet ganti olinya mbah…. bengkel resmi di desa gejil kagak ada… akhirnya tak jual aja mbah ” tuturnya.Suka duka kelebihan dan kekurangan memelihara Vespa Matic (6)

Itulah mantemans obrolan mengenai Suka duka memelihara Vespa Matic dari mbah-mbah di BEKAKAS. Intinya bila berminat minang motor Eropa ini maka jangan mengeluh dengan biaya perawatan dan sparepart. Hal ini sebanding dengan harga beli serta prestige motor yang melekat padanya. Oia terakhir berkembang stigma biasanya kalau ada anak muda pakai motor vesmat akan disindir sebagai fakboy…hehehe. “Aura fakboy sudah terpancar “ tutur Bilal Maulana.

Suka duka kelebihan dan kekurangan memelihara Vespa Matic (6)

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4374 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..