Ngincipi Ketoprak pertamax.

ketoprak khas betawiKetoprak apa itu ? awalnya KHS mengira ketoprak itu hanyalah pentas seni dari Jawa dimana didalamanya ada sandiwara, langgam jawa serta diiringi gamelan. Biasanya ketoprak ini menceritakan  tentang legenda atau sejarah Jawa (wong jowo mesti ngerti 😀 ) dan ada juga yang bergenre humor sehingga terkenal dengan sebutan Ketoprak Humor.  Ehh…ternyata ada tho kuliner yang namanya KETOPRAK juga. Harap dimaklumi ya…xixixixi.

Ketoprak merupakan salah satu makanan khas kuliner Betawi selain kerak telor ( yang ini KHS juga belum pernah nyoba tapi tahu saja dari tipi2 😆 ), soto betawi (pernah nyoba sekali), nasi uduk (sudah pernah juga) dan nasi kebuli. Nah pada waktu di jakarta kemarin Jum’at (28/6) KHS bersama teman diajak mengincipi KETOPRAK makanan ini.


ketoprak pkl ambasadorBertempat di warung PKL di belakang Mall Ambasador dan ITC Kuningan ini KHS mencoba mengincipi.  Mengacu wikipedia, ketoprak itu tahu, bihun, mentimun, taoge dan bisa juga memakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya. Dan biasanya bisa dibarengi dengan ketupat atau tidak juga tidak mengapa.

Warung PKL ini ternyata cukup ramai maklum siang itu sehabis sholat jum’at mungkin waktunya makan siang. Sehingga KHS bersama teman harus agak bersabar menunggu tempat duduk dan pesan ketopraknya. Penyajian ketoprak ini sangat cekatan dan lincah tidak lebih dari 6 menit dimana semuanya mulai dari racikan bumbu kacang, tahu digoreng serta bumbu yang lain menyatu menjadi satu didalam piring. KHS meminta yang hotz alias puedasssss.

penjaja ketoprak belakang mall itc kuninganOlekan bumbu kacangnya mengingatkan KHS pada makanan Gado-Gado tetapi ini rasanya lebih lembut dan menggigit.  Berhubung KHS minta yang hotz maka memang sangat-sangat pedas.  Dan bagi KHS memang cukup nikmat sekali sehingga gak lebih dari 15 menit ketoprak sudah terlahap habis. Porsi  lumayan gedhe tetapi harga seporsi Cuma sekitar Rp.7500. Wuih mantablah sebuah pengalaman pertamax menyantab ketoprak ini… :mrgreen:

Maturnuwun.

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3575 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

9 Comments

Monggo dikomeng gans..