5 Kuliner Sate di Solo, Ada yang Langganannya Pak Jokowi dan Pak Soeharto

Sate Kambing Muda Pak H. Kasdi Solo
foto : twitter @tecelup

5 Kuliner Sate di Solo, Ada yang Langganannya Pak Jokowi dan Pak Soeharto. Kuliner Solo, Jawa Tengah yang paling kondang adalah Selat Bu Lies, Timlo Sastro, Tengkleng Bu Edi, Serabi Notosuman, dan lain-lain. Jika ditelisik lebih jauh, banyak juga lho kuliner khas Solo yang wajib cicip saat traveling di tanah kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini. Selain yang sudah disebutkan, beragam sate di Solo juga menggiurkan buat dicoba.

main-main di museum angkut solo surakarta (3)Ada sate yang terbuat dari kambing, terbuat dari tempe dan lain sebagainya. Nah, bagi kamu pecinta sate yang merencanakan liburan ke Kota Budaya, Solo, ada banyak rekomendasinya lho. Inilah jajarannya.

Sate Kambing Pak Manto Solo
foto : twitter @prabu_abimanyu

1. Sate Kambing Pak Manto


Meski sang peracik asli sudah meninggal pada 2019 yang lalu, namun Sate Kambing pak Manto tetap banyak diburu. Usaha ini sudah dijalani Pak Manto sejak tahun 1990. Awalnya membuka warung di sekitar Pasar Kembang, beberapa kali pindah lalu menetap di Jl. Honggowongso No. 36 Solo.

Selain sate, menu unggulan lainnya lainnya yang ditawarkan di tempat ini adalah tengkleng rica-rica, sumsum tulang kambing, dan lain-lain. Selain di Solo, Sate Kambing Pak Manto ini sekarang juga telah buka cabang di Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

sate mbok galak di sumber solo
foto : twitter @bondanpurbo

2. Sate Mbok Galak

Sate Mbok Galak berlokasi di Jl Mangun Sarkoro No. 122, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Surakarta. Ini merupakan warung sate langganan para pejabat dan juga favorit Presiden Jokowi. Untuk satenya ada dua macam, yakni sate kambing dan sate buntel. Ternyata tidak hanya Presiden Jokowi saja yang pernah mencicipi sate di sini, namun mantan Presiden Soeharto dan keluarga besarnya juga langganan di tempat ini.

Tempat menyantap sate ini sudah ada sejak tahun 1980. Rahasia utama kenapa sate di sini enak dan sampai digemari oleh banyak orang, karena pemilihan kambing yang masih muda. Sehingga dagingnya sangat empuk dan tidak berbau prengus.

Sate Kambing Muda Pak H. Kasdi Solo
foto : twitter @tecelup

3. Sate Kambing-Buntel Pak. H. Kasdi

Sate primadona lainnya di Solo adalah Sate Kambing-Buntel Pak H. Kasdi. Alamatnya berada di Jl. Monginsidi No. 107, Kestalan, Banjarsari, Surakarta. Jam bukanya mulai dari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Menu di tempat ini banyak sekali ada sate kambing, tongseng kambing, nasi goreng, gulai kambing, tengkleng, dan yang jadi favorit banyak orang adalah sate buntel.

Sate Kambing Bu Haji Bejo Solo
foto : Mang Edy

4. Sate Kambing Bu Haji Bejo

List lainnya adalah Sate Kambing Bu Haji Bejo yang sudah ada sejak tahun 1970. Awalnya, sang penjual memikul dagangannya dengan rute yang tidak menentu. Lalu setelah menetap di Jl. Sungai Sebakung No. 10 Kedung Lumbu, Pasar Kliwon sate kambing ini laris manis dan bertahan hingga sekarang ini.

Menu di sini ternyata juga termasuk favorit Presiden Jokowi. Pilihan menunya beragam, ada sate buntel, tongseng, gulai, tengkleng, nasi goreng, dan sate kambing biasanya. Meki menu di tempat ini didominasi oleh daging kambing, namun tidak ada yang berbau prengus atau amis.

Sate Kere Yu Rebi solo
foto : twitter @IndoStreamers

5. Sate Kere Yu Rebi

Jika bosan dengan sate kambing atau buntel, bisa langsung melipir ke Sate Kere Yu Rebi. Alamatnya berada di Jl. Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Laweyan, Surakarta. Sate kere ini menu cukup sederhana, meski begitu rasanya istimewa. Bahan pembuatan sate di sini adalah tempe gembus. Jika ingin sate sapi juga ada ya, jadi jangan khawatir.

Tertarik buat jalan-jalan ke Solo? Segera agendakan ya. Bagi yang tidak memiliki banyak waktu, transportasi pesawat bisa jadi pilihan. Apalagi maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang terkenal memiliki kualitas jempolan juga membuka rute ke Solo. Tinggal tentukan budget, cek-cek harga tiket di aplikasi Traveloka, jika ada yang cocok langsung eksekusi.pesawat garuda di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II palembang

Pesan tiket Garuda Indonesia di Traveloka kamu sudah tidak perlu lagi antre berlama-lama di agen penjualan tiket. Langsung pesan secara online, kode tiket langsung dikirimkan ke email atau SMS. Jadi tinggal cetak saja, berangkat traveling ke Solo bukan masalah besar lagi.

Well, itulah mantemans 5 Kuliner Sate di Solo, Ada yang Langganannya Pak Jokowi dan Pak Soeharto.

Maturnuwun

Baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4632 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..