Daftar Warung Soto Ayam Terkenal di Yogyakarta, Wajib dicicipi brosis !

soto bathok mbah katro jogjakarta
gambar : travelingyuk.com

Daftar Warung Soto Ayam Terkenal di Yogyakarta, Wajib dicicipi brosis ! . Berlibur ke Yogyakarta, ada banyak kuliner menggoda. Salah satunya, kuliner soto ayam yang lezat. Setiap daerah mungkin ada Soto Ayam namun apa yang ada di Jogjakarta ini begitu istimewa dan berbeda. Apa saja pilihan soto ayam terkenal di Yogyakarta? Monggo diintips brosis

setia1heri jalan-jalan ke jogjakarta (2)Yogyakarta adalah kota wisata yang tidak pernah sepi. Pada musim liburan atau hari raya, kota ini dipadati oleh kendaraan serta wisatawan yang berkunjung. Tak heran, Yogyakarta memang memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Suasananya yang indah dan mengesankan, terutama pada sore hari, membuat banyak orang mudah jatuh hati.

Daya tarik Kota Gudeg ini bukan hanya itu saja. Kuliner Yogyakarta juga merupakan incaran para tamu yang datang dari luar kota. Gudeg, bakpia, dan berbagai oleh-oleh khas lain selalu banyak diburu. Selain itu, ada pula berbagai pilihan menu lain yang terkenal berasal dari Yogyakarta, salah satunya Soto Kadipiro.


setia1heri jalan-jalan ke jogjakarta (2)Menu Soto di Yogyakarta

Soto ayam merupakan makanan berkuah yang mirip dengan sop ayam. Hanya saja, kuahnya biasanya gurih dan berwarna kuning karena penggunaan kunyit. Namun, soto ayam yang dijual di kawasan Yogyakarta biasanya lebih bening dengan rasa yang lezat. Bagi Anda yang berlibur ke kota ini, kunjungi setidaknya salah satu dari 5 warung soto yang populer dan direkomendasikan berikut ini.

soto-kadipiro wates jogjakarta
gambar : joss.co.id
  1. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro memiliki beberapa cabang di seluruh wilayah Yogyakarta. Karena lokasinya mudah diakses, Anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya. Restoran Soto Kadipiro identik dengan nuansa klasik Jawa yang hangat. Begitu melihat dekorasi dan penataan ruangannya, kesan itu akan langsung terasa. Warung pertama yang berlokasi di perempatan Wirobrajan tidak pernah sepi pengunjung.

Dari segi resep soto ayam yang disajikan, Soto Kadipiro memang tidak pernah mengecewakan. Wajar saja, warung legendaris ini telah berdiri sejak lama. Hidangan soto dilengkapi dengan suwiran ayam, taoge, kol, bawang goreng, dan seledri. Selanjutnya, kuah kaldu yang bening dan panas disiramkan di atasnya. Makanan ini sangat enak disantap pada kondisi masih hangat.

soto sulung jogjakarta
gambar : phinemo.com
  1. Soto Sulung

Soto Sulung sebenarnya merupakan kuliner Madura. Namun, keberadaannya di Yogyakarta membuat kuliner ini juga diminati oleh wisatawan. Soto Sulung Stasiun Tugu merupakan salah satu yang banyak dicari. Cita rasa soto ini telah terkenal ke berbagai kalangan. Salah satu ciri khasnya adalah kuah yang kental dan pekat dengan rasa lezat. Dagingnya juga lebih empuk.

Warung Soto Sulung telah berdiri sejak 1968. Lokasinya sejak dulu berada di area parkir Stasiun Tugu hingga saat ini warung tersebut dikenal dengan nama yang sama. Bukan hanya soto, tersedia pula makanan pelengkap seperti kerupuk. Semuanya dibuat sendiri oleh pemiliknya.

sotos sampah jogjakarta
gambar : krjogja.com
  1. Soto Sampah

Namanya mungkin terdengar aneh, tetapi rasanya jangan ditanya. Bahkan, Soto Sampah yang berada di daerah Kranggan ini disebut-sebut sebagai kuliner dengan resep soto ayam terenak di Yogyakarta. Biasanya, tempat makan ini mulai ramai pada malam hari, terutama di atas pukul 22.00 WIB.

Keunikan lain dari Soto Sampah adalah tidak menggunakan daging ayam atau daging sapi, tetapi gajih atau lemak. Itulah sebabnya rasa kuah soto menawarkan sensasi yang berbeda. Hidangan soto akan terasa semakin sempurna dengan makanan pelengkap, seperti gorengan, sate telur puyuh, olahan bacem, dan sebagainya.

soto bathok mbah katro jogjakarta
gambar : travelingyuk.com
  1. Soto Bathok Mbah Karto

Berada dekat dengan objek wisata Candi Sambisari membuat lokasi Soto Bathok Mbah Karto sangat strategis. Warung makan yang menawarkan suasana terbuka dengan pemandangan alam yang menyegarkan ini selalu ramai tiap hari oleh pengunjung. Jika tersedia, Anda bisa menggunakan Shopback saat melakukan pembayaran transaksi sehingga lebih hemat.

Salah satu keunikan Soto Bathok Mbah Karto adalah pada penyajiannya yang menggunakan bathok atau tempurung kelapa. Kesederhanaan ini mengusung konsep tradisional yang kental dengan nuansa Jawa. Bukan hanya pada penyajian, soto ayam  ini juga memiliki rasa yang enak dan khas.

Soto-Marto-Jogja-4
gambar : bangdzul.com
  1. Soto Pak Marto

Soto legendaris lainnya di Yogyakarta adalah Soto Pak Marto. Letaknya juga mudah dijangkau yaitu tepat di seberang gedung JEC. Warung soto yang telah dibuka sejak 1960 ini ramai oleh pengunjung sejak pagi hari. Soto ayam memang sangat cocok menjadi pengisi perut saat sarapan.

Tekstur Soto Pak Marto lebih ringan dengan kuah yang tidak terlalu kental. Rasanya juga cenderung manis. Ditambah dengan aneka gorengan dan makanan pelengkap lain, Soto Pak Marto semakin menggugah selera.

setia1heri jalan-jalan ke gunung merapi jogjakartaNah, demikian sejumlah warung soto terkenal di Yogyakarta. Jangan lupa untuk memanfaatkan Shopback saat liburan sehingga biaya perjalanan dapat ditekan. Selamat mengeksplorasi Yogyakarta sambil berwisata kuliner!

Itulah mantemans Daftar Warung Soto Ayam Terkenal di Yogyakarta, Monggo mampir…

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4297 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..