Restorasi Motuba Honda Civic generasi pertamax

ktm indonesia

Mumpung lagi rame-ramenya blogger senior bahas Motuba (Mobil Tua Bangka ataupun Mobil Tua Tetap Bangga) maka ane tertarik juga untuk mengangkat motuba milik seorang kawan yang sudah direstorasi awal tahun 2012 kemarin. Berhubung ane tidak paham mobil dan tetek bengeknya maka ane tuliskan apa adanya hasil obrolan dengan kawan yang punya koleksi Moge Harves (Harley Vespa) itu (postingan disini).

Kawan bernama bro kiki ini memang hoby yang serba retro mulai motor hingga mobil. Beliau membeli Honda Civic generasi pertama brojolan tahun 1976 ini tepatnya pada tahun 2005 silam dengan harga cukup 7 juta rupiah saja.  Beliau membeli mobil warna abu2 hijau metalik ini di tetangga sesama warga Surabaya. Kondisi waktu beli apa adanya alias mentahan. Pada waktu itu langsung dipakai apa adanya tanpa ada keinginan untuk melakukan restorasi.

Mobil 1500 cc ini baru ada keinginan restorasi atau permak pada awal tahun 2012 ini.  Hal restorasi pertama dilakukan pengecatan ulang dimana mobil dikerok hingga habis, didempul, ganti plat-plat kropos hingga mengganti karet kaca-kaca.  Proses pengerjaan cat ulang ini hingga 3 bulan dengan menghabiskan biaya sekitar 8 jeti rupiah. Bengkel pengerjaan ada di Sidoarjo.

Selanjutnya mesin over houl alias distandarkan lagi.  Proses yang dilakukan yakni penggantian seker lengkap, boring, matahari, aki, seker, radiator, waterpump dan karburator.  Proses pengerjaan selama 1 bulan karena memang digarap sambil lalu terutama pada malam hari. Biaya yang dikeluarkan untuk pengerjaan mesin overhaul sebesar 5 jeti. Proses pengerjaan dirumah sendiri dengan dibantu seorang kawan mekanik mobil.

Setelah itu dilakukan penggantian velg dan ban dengan cara tukar tambah yang  menghabiskan biaya 1 jeti.  Disusul dengan penambahan beberapa variasi seperti lampu strobe, rack roof, spion retro, emblem dengan anggaran sekitar 700 ribu rupiah.  Konsep yang disusung memang kembali ke selera asal alias kelihatan seperti saat pertama keluar bahkan dengan cat warna pun dipertahankan seperti sedia kala. Setelah itu mobil mini ini sudah siap untuk diajak jalan-jalan kemanapun suka-suka.


Bro kiki dengan memakai Honda civic pertamax generation ini bergabung dalam SRCC (Surabaya Retro Car Community) yang kopdar di jalan Tunjungan depan Robobank setiap sabtu malam. Turing atau perjalanan jauh yang pernah dilakukan yakni ke Kediri. Menurut pria berbadan subur ini tarikan civic ini begitu kencang dan lincah buat manuver menembus kepadatan kota Surabaya.

Namun begitu dengan jujur bro kiki juga menyampaikan kekurangan-kekurangan dari mobil yang dipunyai ini  yakni perlu perbaikan kaki-kaki alias understeal. Seperti penggantian shock breaker, terot, stabilizer dan cross join. Selain itu perlu penggantian audio nya biar maknyus ketika menemani jalan-jalan ke kota.  Dan uniknya selama ini si mobil yang gesit ini tidak pernah mogok meskipun sudah berumur 37 tahun sejak pertama keluar…heheheehe. Mantabz. Pernah digeber sampai berapa bro “si mungil yang menggemaskan” ini ? iseng ane nanya. “ wadow…sorry speedometernya lagi rusak…wkwkwkwk” ujar pria yang juga hoby scooter jadul ini

Kawan, kurang lebih dibutuhkan bajet 16 juta untuk melakukan restorasi diluar harga mobil tersebut. Atau sekitar 25 jetilah dengan harga mobil dan semua tetek bengek yang lain maupun ongkos pengerjaan. Sebuah harga yang tidak jauh berbeda dengan harga sebuah motor tiger atau vixion dengan sedikit nambah duit lagi…hehehe. Dengan mobil retro ini selain bergaya juga bisa membawa keluarga biar gak kepanasan maupun kedingin….xixixixi :mrgreen:

matoernoewoen

foto : istimewa

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3702 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

18 Comments

  1. beberapa tipe motor / mobil klasik modele memang tak lekang oleh jaman,, sing penting mesine gak mogokan :mrgreen:

    Oiyo kang,, cuma bantuin temen promo nih,,
    Siapa tahu ada temen2 GPC atau Prides Gresik yg pengen test dyno motore. Koncoku buka bengkel modif motor (spesialis kelistrikan + lampu2) di ruko Manyar resort (sampinge pom bensin tenger) dan dia punya alat dynotest.

    Grand opening tanggal 16 September ini (Nobar Moto GP), tapi kalo mau hari ini atau besok2 main ke situ juga sudah bisa. Sing duwe bengkel namanya riza, membere TVS gresik juga. Bengkel buka jam 13.00 – 20.30. Matur nuwun

Monggo dikomeng gans..