Tips Aman Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil

Tips Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil
Foto: Istockphoto/hedgehog94

Tips Aman Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil. Masbrow dan mbaksis seperti kita ketahui bersama bahwa Ibu hamil kerap mengalami berbagai keterbatasan dan kesulitan dalam aktivitasnya termasuk dalam mengemudi mobil. Namun demikian bukan berarti kehamilan menjadi halangan bagi wanita hamil untuk dapat mengemudikan sebuah mobil. Nah monggo simak tips berikut…

Tips Aman Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil
gambar : https://health.grid.id/

Bagi ibu hamil agar dapat mengendarai mobil dengan tenang dan nyaman serta bisa menikmati perjalanan maka ada baiknya simak tips berikut ini.

1.  Posisi Menyetir yang Pas

Bagi ibu hamil posisi saat mengemudi mobil adalah perkara yang penting. Posisi yang salah bisa menyebabkan ibu hamil merasakan ketidaknyamanan pada area perut. Lalu bagaimanakah posisi yang tepat bagi ibu hamil saat mengemudi? Sebenarnya tidak ada aturan yang baku mengenai posisi mengemudi bagi ibu hamil.


Yang terpenting adalah posisi tersebut tidak terlalu maju sehingga menekan perut. Untuk itulah, ibu hamil bisa mengatur posisi bangku senyaman mungkin. Selain bangku, perlu diperhatikan pula posisi stir. Beri jarak kurang lebih 25 cm dari perut ke setir, yang merupakan jarak aman untuk mengemudi bagi ibu hamil. Selain itu posisi setir juga sebaiknya sejajar dengan tulang dada dan bukan mengarah ke perut.

2.  Memasang Sabuk Pengaman

Ketika mengemudikan mobil, pemakaian sabuk pengaman merupakan hal yang wajib bagi pengemudi, tidak terkecuali dengan ibu hamil. Meskipun tengah mengandung, akan tetapi ibu hamil tetap harus mengenakan sabuk pengaman. Hanya saja, pemakaian sabuk pengaman pada ibu hamil ini tentunya berbeda dari orang biasa.

Agar merasa nyaman, sabuk pengaman bisa dipakai di atas tulang selangka, lebih tepatnya di antara leher dan lengan atas. Kemudian, untuk menghindari rasa tidak nyaman pada perut, sebaiknya sabuk pengaman tidak dipasang tepat di bagian perut ibu hamil.

Tips Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil
Foto: Istockphoto/hedgehog94

3.  Jangan Duduk Mengemudi Terlalu Lama

Duduk terlalu lama merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu hamil, terutama pada semester ke tiga. Oleh karena itu, ibu hamil yang ingin mengemudi mobil hendaknya menempuh perjalanan yang tidak terlalu jauh agar tidak duduk terlalu lama.

Pun terpaksa harus menempuh perjalanan jauh, ibu hamil disarankan untuk mengemudi maksimal satu setengah jam. Setelah itu, keluarlah dari mobil untuk berjalan-jalan sejenak barulah melanjutkan perjalanan.

4.  Melakukan Peregangan

Peregangan menjadi hal yang wajib dilakukan bagi ibu hamil yang tengah mengemudikan mobil. Pasalnya, peregangan bisa membantu ibu hamil mencegah terjadinya kaki kram, bengkak dan nyeri ulu hati.

Cara peregangan pun tergolong sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Ibu hamil hanya perlu mengangkat kaki kemudian memutarnya selama beberapa menit.

5.  Memakai Ganjalan Bantal

Mengemudi mobil adalah aktivitas yang cukup melelahkan terlebih bagi ibu hamil. Tidak jarang ibu hamil merasa sakit pada bagian punggung.

Untuk mengatasi sakit atau nyeri punggung ibu hamil bisa memberikan bantal atau ganjalan lain pada bangku agar posisi punggung lebih nyaman. Sehingga, ibu hamil bisa terbebas dari nyeri punggung.

Mengemudikan sebuah mobil merupakan pilihan bagi ibu hamil, karena yang mengetahui dengan baik kondisi ibu dan janin adalah ibu hamil itu sendiri.

Namun, apabila kehamilan telah memasuki trisemester ke tiga, ada baiknya apabila ibu hamil ditemani oleh suami saat akan berpergian kemana pun juga.

Itulah mantemans Tips Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil. Semoga informasi yang diberikan oleh Garda Oto Digital sebagai perusahaan asuransi kendaraan terbaik di Indonesia bisa bermanfaat dengan adanya edukasi lewat tulisan ini.

Maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4288 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..