Akibat nyetir sambil mainan hape

ktm indonesia

Sungguh miris dan prihati membaca sebuah surak kabar di Jawa Timur. Sebuah bus MIRA terguling karena sopirnya hilang konsentrasi akibat mainan hape. Meskipun tidak sampai merenggut korban nyawa, namun dipastikan belasan orang luka-luka berat di bus yang dimuati 60 penumpang ini. Diduga sopir hilang konsentrasi ketika ada truk didepannya mau berhenti sedangkan untuk menghindari tabrakan sang sopir banting stir hingga mengakibatkan bus terguling.

Anjuran berkonsentrasi ketika mengemudikan kendaraan sebenarnya sudah jelas. Pada pasal 106 ayat 1 UU no 22 tahun 2009 tentang lantas menyebutkan,”

Pasal 106

(1) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Pada pasal penjelasan tentang “penuh konsentrasi” yakni

Yang dimaksud dengan ”penuh konsentrasi” adalah setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon atau menonton televisi atau video yang terpasang di Kendaraan, atau meminum minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga memengaruhi kemampuan dalam mengemudikan Kendaraan.

 Sedangkan Larangan penggunaan ‘alat-alat pengalih konsentrasi’ ketika  mengemudi sebenarnya sudah jelas di LARANG dalam UU no 9  tahun 2009 pasal  283

Pasal 283

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Terkait aturan penggunaan hape ketika berkendara sepertinya saat ini sosialisasinya masih terbatas kepada roda dua. Memang juga sih masih banyak roda dua yang berhape ria ketika berkendara termasuk kadang pak polisinya sendiri tidak memberi contoh.

Kalau hanya melihat denda sih tidak berapa tetapi akibat yang ditimbulkan sungguh luar biasa. Tidak hanya membahayakan diri sendiri namun pengendara lain disekitar kita. Tidak hanya kecelakaan biasa namun bisa nyawa sebagai tumbalnya. 🙁

Semoga kita senantiasa memperdulikan keselamatan…keep safety riding


baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3675 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

13 Comments

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. sms cinta kemkominfo… « www.setia1heri.wordpress.com
  2. Stiker kampanye “JANGAN MAIN HAPE KALAU NYETIR” di rice cooker. « www.setia1heri.wordpress.com
  3. Kecelakaan beruntun karena hape lagi | www.setia1heri.wordpress.com
  4. Tipe-Tipe Pengendara Motor Yang Sebaiknya Dihindari | Ehloo.Com

Monggo dikomeng gans..