Puluhan Blogger dan Vlogger se-Indonesia kunjungi pabrik motor Honda di Plant Karawang tahun 2017

Puluhan Blogger dan Vlogger se-Indonesia kunjungi pabrik motor Honda di Plant Karawang tahun 2017. Bertema, Blogger and Vlogger Factory Visit  Plant Karawang, PT Astra Honda Motor puluhan blogger dan vlogger se-Indonesia kumpul tumpek blek untuk mengunjungi pabrik Honda terbesar se-Asia. Acara kopdar blogger ini digeber pada hari Sabtu, 15 Juli 2017 di Plant Karawang, Jawa Barat. KHS bersama mantemans blogger dan vlogger dari Jawa Timur berkesempatan menghadiri acara langka ini…hehehe. Cekidot brosis…

Bagi KHS ini pengalaman kedua kalinya mengunjungi pabrik motor Honda. Tahun 2013 ada Blogger Visit to AHM Factory dengan destinasi plant 3 AHM Cikarang. Saat itu KHS hanya bertiga dari Jawa Timur yakni KHS, mbah wiro nyobamoto dan pak heru ridertua.com. Kini tahun 2017, terdapat 11 blogger dan vlogger dari Jawa Timur yang berkesempatan menghadiri Blogger and Vlogger Factory Visit  Plant Karawang, PT Astra Honda Motor dengan tujuan plant Honda di Karawang Jawa Barat. Plant ini terdiri 2 plant yakni plant 4 untuk motor matic dan plant 5 untuk motor sport termasuk Honda CBR250RR.

Sabtu pagi uthuk-uthuk sekitar jam 03.15 WIB kita sudah harus standby di Bandara Juanda untuk check in karena naik penerbangan pertama citilink. Terdapat 11 blogger dan vlogger yang berangkat ke Jekarta yakni pak iwan motogokil, mbah wir nyobamoto, kuswanto anangcozz, gesang potretbikers, marnu warungbiker, mario mariodevan, KHS,pak Heru ridertua, priyo motovlog, mahbub motovlog, kang Tri adventuriderz dan mas Novan dari HC3 PT MPM yang turut mendampingi. Kita terbang dengan pesawat citilink QG 816  jam 05.05 dan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar jam 06.15 WIB. 

Sesampai di Halim Perdana Kusuma kita naik bus bersama dengan rombongan blogger dan vlogger Jogjakarta. Jam 08.00 WIB berangkat dan sampai plant AHM Karawang sekitar jam 13.15 WIB karena kondisi lalu lintas padat merayap bahkan cenderung macet terutama Tol Cikampek. Namun berkat kesabaran mantemans dan kelihaian sopir akhirnya sampai dengan selamat di lokasi pabrik AHM Karawang.

Kegiatan Blogger and Vlogger Factory Visit  Plant Karawang, PT Astra Honda Motor  ini dimaksudkan sebagai kopdar silaturohim. ” Acara ini kami gagas sebagai sarana silaturohim blogger terlebih masih dalam suasan syawal untuk halal bihalal. Selain itu untuk memperkenalkan pabrik terbesar AHM yang berada di Karawang ini,” ujar Bu Isti dari HC3 AHM dalam sambutannya dalam acara ini. Bagi KHS sendiri ini pengalaman kedua kalinya memasuki area yang terdapat 2 plant yakni plant 4 dan plant 5 ini. Dulu kesini ketika ada acara turing Honda Suprat GTR tahun 2016 silam.

Acara Blogger and Vlogger Factory Visit  Plant Karawang, PT Astra Honda Motor ini dihadiri sekitar 60-an blogger yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia seperti  Batam, Bali, Makasar,Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jogjakarta. Acara yang mempertemukan blogger dan vlogger ini tentu menjadi ajang kopdar yang selama ini hanya interaksi lewat dunia maya akhirnya bisa berjumpa di dunia nyata. Thanks to AHM atas kesempatan langka ini…

Acara dilanjutkan dengan jalan-jalan ke pabrik perakitan motor dimana plant 4 untuk motor matic dan plant 5 untuk motor sport. Berhubung dilarang memotret diarea pabrik maka KHS coba menceritakan lewat kata-kata saja ya brosis. Di Plant 4 ini kita akan disuguhi pemandangan perakitan motor matic terutama jenis BeAT dan terlihat beberapa motor matic eksport seperti CLICK (vario 150) untuk pangsa pasar filipina. Oia mantemans, proses perakitan hingga menjadi motor utuh hanya membutuhkan waktu 22 detik. Bila dibandingkan dengan menyeduh mie instan atau buat kopi tentu jauh…xixixixi.

Semua proses perakitan dilakukan dengan presisi dan cekatan dalam hitungan perdetik sekian. Tangan-tangan trampil dan cekatan menyelesaikan setiap gerakan dan tangggung jawab masing-masing dengan dibantu robot-robot yang mempermudah pengerjaan. Di plant 4 ini kita melihar proses pengelasan yang dilakukan oleh robot las. Disini juga kita melihat proses pencetakan bodi atau spatbor plastik tersebut. 

Sementara di plant 5 kita melihat bagian-bagian untuk merakit motor-motor sport Honda yakni CB150R, CBR150R dan CBR250RR. Khusus untuk perakitan mesin Honda CBR250RR ini dilakukan diruang tertutup alias ber-AC untuk menjaga presisi dan hasil dengan kualitas tinggi. Sayang karena sedang tidak ada produksi sehingga kita tidak tahu proses perakitan tersebut. Namun informasi dari pak Joko Nugroho yang menjadi guide menyebutkan bahwa keseluruhan proses perakitan khusus CBR250RR memakan waktu sekitar 4 menit. Sedangkan produk motor sport lainnya hanya membutuhkan waktu 22 detik seperti motor matic di plant 4.

Berakhir sudah mengeliling pabrik AHM di Karawang ini yang cukup melelahkan mantemans. Maklum wilayahnya cukup luas…Acara diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama dengan peserta blogger dan vlogger yang ada. Dan selanjutnya melanjutkan perjalananan ke Jakarta untuk makan malam di Jimbaran, Ancol. Terakhir kita merebahkan badan yang cukup lelah ini di Swiss Bel Inn Kemayoran.

Terima kasih AHM atas kesempatan yang diberikan untuk mengunjungi pabrik motornya serta kesempatan kopdar dengan blogger dan vlogger se-Indonesia. Terima kasih pula untuk PT Mitra Pinasthika Mulia selaku distributor tunggal dan terpercaya, penyedia pelayanan purna jual dan suku cadang sepeda motor HONDA, untuk wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur atas supportnya.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

9 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »