Njajal Numpak Honda PCX 2021 versi ABS mak wuss gans….

ergonomi honda pcx 2021

setia1heri.com – Njajal Numpak Honda PCX 2021 versi ABS mak wuss gans….Akhir April 2021 KHS mendapatkan kesempatan untuk njajal numpak alias incip-incip aka test ride harian Honda PCX 160 tahun 2021 warna merah doff alias Majestic Matte Red versi ABS. Ini merupakan versi varian tertinggi selain versi Hybrid (e:HEV).  Nah berikut pengalaman subjektif nubi KHS mengenai motor yang mendapatkan gelar Otomotif Award 2021 sebagai Bike of The Year 2021.

setia1heri Njajal Numpak Honda PCX 2021 versi ABS mak wuss gans... (1)Desain


Sesuai konsep dasar PCX “Personal Comfort Saloon” maka memang Honda PCX 2021 selalu menjual kemewahan dan ekspresi dinamis. Desain yang memang sangat nyaman untuk berkendara dengan lekukan bodi yang mempesona. Berhubung ini versi ABS maka yang membedakan adalah emblem PCX warna emas alias gold dan jok yang dualtone. Selebihnya sama dengan dengan versi yang CBS gans…

Desain yang baru pada tahun 2021 ini diantaranya lampu depan dimana sebelumnya ada pemisah maka yang baru ini seolah menyatu harmoni. Begitupun pula lampu belakang dimana desain lampu sein sedikit ramping dan menyatu dengan lampu belakang. Rampu lem belakang berada ditengah-tengah lampu belakang.setia1heri Njajal Numpak Honda PCX 2021 versi ABS mak wuss gans... (9)

Hal yang baru juga desain velg Y shaped 5 spoke, ban tubeless yang lebih lebar dengan ukuran ban depan 110/70-14 dan belakang 130/70-13, tampilan dashboard alias MID, deck kaki lebih panjang 2cm serta, tampilan knalpot lebih kotak dan bagasi lebih luas menjadi 30 liter. Selain itu, sudah pakai USB charger type A alias tinggal beli kabel USB saja, bentuk remote yang lebih ringkas dan terbaru adalah adanya tempat dudukan untuk tutup tangki saat isi BBM gans.

ergonomi honda pcx 2021Ergonomi

Honda PCX 160 tahun 2021 ini memiliki Jarak Terendah Ke Tanah sebesar 135 mm dan Tinggi Tempat Duduk sebesar 764 mm. KHS dengan tinggi 175cm ini masih belum bisa menapak sempurna ke tanah gans. Bagian kaki belakang masih jinjit sekitar 2 cm karena memang jok nya lebar sehingga agak mengkangkang (gak tahu bahasa indonesianya apa yah…xixixi).  Posisi handling sangat nyaman karena memang motor ini desain untuk menyajikan kenyamanan dan deck kaki yang lebih panjang.

Mesin

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Honda PCX tahun 2021 ini dibekali  mesin 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan dimana mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm. Menurut KHS getaran mesin saat tarikan bawah sudah halus bila dibandingkan dengan versi tahun 2018 silam. Istilahnya penyakit gredeg sudah hilang gans…catatan odometer baru menyentuh 398 km brosis.

Berhubung PCX warna merah doff ini versi ABS maka ada tambahan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini berfungsi menyesuaikan tenaga mesin demi mengoptimalkan torsi pada roda belakang dan mengurangi selip khususnya ketika jalanan licin. Sebuah kombinasi yang sempurna antara ABS dan HSTC untuk mendukung keselamatan ketika geber motor kencang gans…

Impresi

KHS memakai motor ini hanya sekitar Manukan, Tandes saja bersama anak dengan total jarak yang ditempuh sekitar 58 km . Ketika mesin dinyalakan maka kita akan disambut dengan tampilan MID yang atraktif dengan desain negatif. Tampilan indikator sein yang lebar memanjakan dan menghibur mata saat dijalan terlebih ketika berjalan dimalam hari.

Suara deru mesin eSP+ terasa halus dan minim getaran. Kalau getar sih tetap bergetar tetapi itu suatu hal yang wajar gans. Tarikan bawah sudah tidak gredeg seperti pada tahun 2018 dan tenaga yang dikeluarkan pun tergolong kalem karena memang mengedepankan kenyamanan gans. Kalau mau langsung jambak ya pakai motor sport…xixixi.setia1heri test ride honda pcx 2021

KHS tidak terlalu ngoyo geber ini motor terlebih ketika dibuat bonceng nanda Sakti dan Syifa. KHS jalan-jalan riding santai di sekitar jalanan Citraland sekaligus ambil dokumentasi. Speed yang dipakai maksimal hanya 50 km/jam sehingga indikator hijau eco riding selalu nyala. Ini motor juga enak banget untuk meliuk-liuk untuk menerjang kepadatan gans. Oia maksimal speed yang pernah dicoba cuma 90 km jam dan mencoba merasakan HSTC dan ABS dengan cara suddenbrake alias rem mendadak. Dan kedua fitur berjalan sempurna gans…sambil terdengar decitan ban belakang.

konsumsi bbm honda pcx 2021Konsumsi BBM

KHS hanya mampu memakai sepanjang 58,4 km mulai dari ambil unit di MPM Honda Simpang, muter-muter di sekitar Manukan, berangkat kerja di Wonokromo dan mengembalikan unit.  Tangki BBM punya PCX 2021 ini sebesar 8,1 liter. KHS mengisi BBM dengan jenis pertamax 25k yang mendapatkan kurang lebih 2,78 liter karena harganya 9k/liter.

Dari tampilan MID menunjukkan bahwa AVG alias average BBM bisa langsung diketahui karena real time menyesuaikan saat kita betot gas, pengaktifan ISS dan econo riding. KHS sempat melihat pergerakan mulai dari angka 38 km/liter hingga terakhir menunjukkan angka 40,6 liter. Sementara info pabrikan All New Honda PCX mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 45 Km/l dimana pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.setia1heri Njajal Numpak Honda PCX 2021 versi ABS mak wuss gans... (4)

Well, itulah brosis Njajal Numpak Honda PCX 2021 versi ABS mak wuss gans….

maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4599 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Njajal Numpak Honda PCX 2021 versi ABS mak wuss gans…. | Jatimotoblog

Monggo dikomeng gans..