Waspada modus meminta uang atau mengemis dengan cara seperti ini…tekape ada di Jogjakarta

Beragam modus orang mengemis atau meminta uang. Mulai dari dari  dengan berlagak kehabisan bensin, ban bocor hingga kekerasan layaknya preman berwajah biker.  Nah terbaru di Jogjakarta ada modus yang mengaku ditinggal oleh seseorang dari motor namun mempunyai tujuan yang agak jauh. Mereka berharap belas kasihan orang yang ditanya sehingga akan memberikan uang sebagai bekalnya.  Seperti itulah modus meminta uang yang dituliskan oleh netizen Lukman Putra Kang Bahar di grup facebook Info Cegatan Jogja hari selasa, 26 Juli 2016.

ragam modus meminta uang alias mengemis di jogjakarta tahun 2016

****

Lukman Putra Kang Bahar > ‎info cegatan jogja

Assalamualaikum gan. Tadi saya nongkrong di angkringan daerah terminal jombor pada jam 11:00 tiba2 ketemu anak gadis kira2 masih usia 17 tahun. Katanya :

Mba : Permisi Bapak Ibu
Mas : iya mba gmana?
Mba : Maaf saya mau nanya arah jalan menuju ke seyegan kemana ya?
Mas : oh, arah kesana mba dari terminal jombor ke Barat.
Mba : Masih jau ya mas?
Mas : oooh jau banget.. sekitar 10 KM.
Mba : oh gitu ya mas.?
Mas : iya mba., lah mba sama siapa kok jalan kaki?
Mba : jadi gini mas sayatuh dari magelang naik motor di bonceng teman, tapi setelah sampai di terminal jombor saya di suruh turun dan ditinggal sama teman.
Mas: lah kok ditinggal mba?
Mba : saya gak tau mas katanya saya disuruh nunggu sebentar tapi 3 jam saya tunggu temanku gak datang2.
Mas : lah sekarang mba mau kemana?
Mba : saya mau ke Rumah teman daerah seyegan.
Mas: wah kalau seyegan masih jauh mba.
Mba : iya mas gak papa saya jalan kaki aja soalnya saya gak punya uang mas.,

Aku Sempat kasian dan mau kasi uang tapi ada orang yg kode aku, katanya gak usah kasi uang biarin aja jalan kaki. Karna biasanya org yg seperti itu, hanya berpura2 kesasar biar dia dikasihani . Aku pikir bener juga terpaksa uang itu gak jadi saya kasi.

Mba : yadah mas saya pamit lanjutkan perjalananku.
Mas : oke mba hati2 dijalan.

Setelah itu saya ikuti dari belakang ternyata anak ini singga di setiap warung2 dan bertanya tanya dengan pertanyaan yg sama seperti pertanyaan diatas.

Lah Kira2 Menurut pendapat Rekan2 ICJ tentang Anak ini apa? Apakah dia memang Berpura2 atau memang ditinggal sama temannya..? Atau memang dia Berprofesi Pengemis tapi dengan cara yg seperti ini?.

****

Beberapa netizen pun berkomentar pro dan kontra mengenai postingan tersebut. Disalah satu sisi harap memperhatikan sisi kemanusiaan dimana membantu sesama memang lebih utama. Sedangkan disisi lain diminta untuk mengabaikan modus semacam ini karena ini memang modus untuk meminta-minta uang. “Ya kita ngasih aja sedekah, kalaupun dia ternyata menipu yaudah lah..jika kita ikhlas semoga jd pahalaa…” tutur Deska Effendi. “Kalo niat baik jangan ditunda. Urusan ditipu atau engga itu urusan belakang, yg penting niat kita baik.. Kalo dia tipu juga dia yg dosa, pahalanya kan ada dikita ” tambah Reza Ejaa.

Kesaksian beberapa netizen

Anggieta Greizshelina Athreiyanto : Aq yg tinggal di dkt trminal jombor sering lihat ini cewek,korbany orang yg lg mkn,,,,dah jd krjaany gtu…Keky prnh ada orang yg ksih duit ke taxi sruh anterin dy mlh kt taxi orangy trun cmn ddpn truz uzng taxi di minta..hihi…

Arif Rosada : Modus kyk gitu banyak, lebih sering ketemu di RS Sarjito, hampir sama, pura2 nyasar, tanya stasiun, bilang ga ada duit, ada yg minta ada yg memelas..
Sekali kali bikin kaya org ga pa2.. Itung2 latihan bersyukur ngga harus ikutan tipu2 gt buat cari rejeki.. tp nek di jarke yo makin banyak, besok2 anak2 kecil yg turun kejalan minta2 gt..

Yatie Irawan : mbak ini kl ngga salah sdh bbrp kali di share di grup magelangan…modusnya sama seperti itu.postingan sdh agak lama tp sy ingat wajahnya

Dewi Calista Pramono : Itu anake pernah ketoko saya borobudur …alasane jg sama

Jimny Biru : Mau neng kulon jombor yo ngono jare di tinggal kancane arep neng mgl…digawekke Mie di oangan sitik trs bablas ra pamitan…wis jian ati2 wae lurrr…

Reztra Weda : Dlu aku juga pernah kena modus kayak gtu cah enom.ngakune juga mau ke terminal jombor.karna aku nggak tau tak kasih ajj rupiah.dy langsung buru* pergi.jebul neng kulon omah ku wis d enteni pacare

Denmas Paidjo : Modus spt itu akeh lur.. Biyen aku yo ketemu cah wedok sik ngaku kecopetan.. radue duwit arep bali pekalongan. Tak terke neng pos polisi jombor, karepku mengko ben dititipke travel malah bocahe mlayu.. Untung ra bengok2, iso do salah paham.

 

Komentar Bijak

Leo Okwandi Putra : Awake dewe ki kadang sering dipengaruhi berita nang media nng awake dewe ora rti cerito asline, opo neh iki bab tetulungan banjur awake dewe eleng masalah begal lan penipuan liane. Yen awake dewe wedi kapusan mending tawani kanggo ngeterke, yen deweke gelem terno tapi yen wegah patut dicurigai

Muhammad Khanif : Aku jg pernah menjumpai orang seperti itu, bahkan udah 2 kali bertemu dan 2 kali itu pula aku kasih uang, ketika meminta beliau beralasan kalau ia kehabisan uang untuk balik ke purwokerto. Suatu ketika aku kecelakaan di jalan dan aku ditolong oleh orang yg wajahnya mirip bgt dgn orang yg minta uang waktu itu, aku ditolong & diantar sampe kerumah. Jd kesimpulannya, kalau niat mau bantu, bantulah dia selagi kita mampu, karena tidak menutup kemungkinan kita akan berada di posisi seperti beliau.

Septian Wahyu : 

Mau itu modus atau bukan .
Kalo mas nya niat memberi , ikhlas karena Allah ta alla .
InsyaAllah . Berkah mas .
Niat memberi itu bukan takut di modusin orang lain mas .
Tapi niat memberi untuk beramal , mengikuti ajaran baginda rosul lullah .
Saya sering bertemu dengan orang seperti itu . Tapi alhamdulillah . Uang 5000-10000 . Belum pernah membuat saya jatuh miskin .
Yang terpenting niat baik untuk tabungan di hari baik .
Terlepas dari modus / tidak nya seseorang tersebut . Biarlah menjadi urusan beliau dengan ALLAH .

Well, semua dikembalikan kepada sampeyan semua bila mengalami peristiwa serupa. Modus diatas juga banyak dipraktekkan orang lain baik tua maupun muda. KHS sendiri pernah mengalami ketika perjalanan dari Gresik mau ke Tuban via Paciran. Pas di sebuah musholla di samperin seseorang. Ini orang ngaku kehabisan bensin mau ke Jombang dari Bojonegoro. Kalau dipikir padahal bukan rutenya serta orangnya juga tidak terlihat seperti dari perjalanan jauh. Ya udah KHS kasih uang seperlunya sajah…cukup beli bensin 2 liter. Modus maupun tidak terserahlah mereka….hehehehe

Maturnuwun

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

 

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

3 Comments

Monggo dikomeng gans..