Daftar Kuliner Budget Biker di Jogjakarta, Monggo disimak gans…

soto bathok mbah katro jogjakarta
gambar : travelingyuk.com

setia1heri.com – Daftar Kuliner Budget Biker di Jogjakarta, Monggo disimak gans…Brosis kalau sedang turing ke Jogjakarta bisa mampir ke warung-warung berikut yang enak namun murah sesuai kantong. Tidak banyak yang tahu tempat kuliner khas jogjakarta berikut karena memang kalah viral dan fenomenal. Monggo disimak penuturan masbrow Pribadi Agung Sujagad asli Jogjakarta yang merekemondasikan Daftar Kuliner Budget Biker di Jogjakarta, Monggo disimak gans…

setia1heri jalan-jalan ke jogjakarta (2)Masbrow Pribadi Agung Sujagad mengunggah hasil rekomendasi tempat-tempat kuliner yang khas bajet biker di Jogjakarta ini pada grup facebook Komunitas Turing Indonesia pada tanggal 12 Januari 2023. Monggo disimak brosis…

KULINER BUDGET BIKER DI JOGJA

oleh :

Pribadi Agung Sujagad

Aturan wisata kuliner pertama di Jogja adalah jangan kulineran di Malioboro. Orang Jogja sendiri agak alergi makan makan- makan disitu. Bikin gatel di dompet ataupun esmosi

Untuk budget biker aturan keduanya adalah hindari tempat makan yang terkenalnya di sosmed dan kebanyakan yg datang mobil- mobil Plat B. Selain biasanya ramai antri, harganya juga suka antik buat budget biker. Prinsipnya cari tempat makan sesuai dengan pilihan warga lokalnya, bukan makanan wisatawan. Kalau warga lokal banyak makan disitu artinya rasanya enak DAN MURAH

Saya asli Jogja (bagian barat) dan sekarang tinggal di Jakarta jadi mungkin informasi kuliner ini agak bias lebih banyak mencakup Jogja bagian barat. Mungkin nanti akan ada yang bisa nambahin informasi lain, yang penting kita sepakati aturannya : Enak dan Murah ya…

Untuk tempat persisnya, silakan lihat di google/ googlemaps.. ada semuanya disitusetia1heri jalan-jalan ke gunung merapi jogjakarta

1. GUDEG

Gudeg ini makanan khas Jogja yang bersifat 24 jam, artinya ada saja yang jualan gudeg di Jogja cuma beda tempatnya saja. Kalau sarapan, Anda bisa coba gudeg pojokan Pasar Legi (Bugisan). Gudegnya basah dan enak makan ditempat sambil lihat- lihat yang pada beli.

Tapi kalau sudah malam Anda boleh coba Gudeg Batas Kota Bu Mujirah di Jalan Wates, buka dari jam 21.00. Gudeg Mujirah ini istimewa kalau menurut saya, karena beneran khas Jogja dari sejak jaman mertuanya 50 tahun yang lalu. Harganya sedikit diatas rata-rata tapi itu karena Mujirah dari dulu selalu mempergunakan ayam kampung.

Bolehlah Anda coba irit- irit anggaran lain agar bisa merasakan Gudeg Mujirah ini. Tapi kalau pengen merasakan gudeg ala-ala sosmed Plat B boleh coba Gudeg Yu Jum yang banyak cabangnya itu

2. SATE KLATHAK (kambing).

Ini juga khas Jogja, sate kambing muda yg cuma dibumbuin garam. Yang ramai di sosmed adalah Sate Klathak Pak Pong. Tempatnya representatif, dijamin antri dan banyak Plat B termasuk bis. Gigi Anda bisa kering nungguin makanan

Tapi sebetulnya yang “asli” sate klathak itu adalah warung sate klathak Pak Bari. Letaknya ada didalam pasar hewan Wonokromo. Bukanya malam, kalau dulu ya habis pasar hewannya tutup. Alternatif yang lebih murah meriah dan ueeenak ada Sate Klathak Kang Jito, depan SMK Negeri Plered.

Semuanya warung itu terletak di Jalan Imogiri Timur kira-kira 8km dari Jogja, karena itu memang masakan khas daerah situ. Jangan beli sate klathak di kota Jogja, karena pasti aspal.

3. BAKMI JOWO

Bakmi jowo ini juga khas Jogja. Bakmi jowo ala-ala sosmed misalnya Bakmi Kadin, Bakmi Mbah Mo dsb dst. Cirinya warungnya “representatif” dengan pilihan aneka minuman tetmasuk ronde dsb. Tapi kalau Anda budget biker, coba saja Bakmi Jowo Pak Timbul yang letaknya di Jalan Wates, sebelah SMPN Kasihan.

Mejanya cuma 2 dengan daya tampung kursi cuma 8-10 orang. Tapi rasanya boleh diadu, bahkan menurut saya sih jauh lebih enak, tapi pilihan minumannya ya cuma teh manis atau jeruk panas. Dan kalau Anda ngeyel cari alternatif minuman lain disitu, mungkin akan ditunjukkan letak kran air.

4. SOTO

Kalau soto ini mungkin ada di banyak daerah Jogja. Tapi biasanya kalau orang luar, kadang bagian dari nostalgia, suka ke Soto Kadipiro. Soto ayam ini memang fenomenal karena tidak buka cabang di kota lain. Dan memang asli enak !! Cuma walaupun enak, harganya terhitung mahal. Banyak parkira mobil Plat B disitu, dari pagi buka jam 7 sampai habis. Enak tapi mahal itu gampang, yang susah itu cari yang enak dan murah

Alternatifnya ada Soto Pak Slamet, letaknya dekat pintu rel kereta api Gamping. Rasanya sama saja dengan soto kadipiro, cuma gak elit saja, tapi khan relatif murah.
Diluar itu ada yang murah juga seperti soto ayam pak Marto di jembatan Tamansari. Cabangnya ada di beberapa tempat lain, dan biasanya malah tempatnya lebih representatif daripada tempat aslinya situ hahaha…

Ada juga soto pak Soleh di Tegalrejo, kalau yang ini daging sapi. Tapi harganya sedikit diatas yang tadi, walaupun masih dibawah Soto Kadipiro.

5. DAWET

Kalau Anda datang dari arah Solo (timur), saya rekomendasikan untuk nyobain Dawet Kalasan. Letaknya ada di sebelah kiri jalan arah Jogja, sehabis Candi Prambanan. Dengan duit 2 liter Pertalite Anda sudah bisa kembung sambil menepuk perut merasakan kenikmatan Dawet Kalasan ini.

Yang paling enak dan sekaligus perintisnya adalah warung yang paling timur (lupa namanya). Jangan lupa ambil nomor antrian dulu karena memang pembelinya padat. Mungkin ini satu-satu warung dawet di Asia Pasifik yang pakai nomer antrian. Tapi kalau Anda datang dari arah Bandung (barat), ada juga penjual dawet yang joss.

Letaknya di sekitaran Jalan Wates, persisnya didepan Superindo Nitipuran. Tanya saja orang situ karena letaknya memang nyuplik (kecil). Cirinya yang jual bapak, ibu dan 2 anak gadisnya. Pembeli kalau beruntung bisa duduk di dingklik/ bangku yang jumlahnya cuma 4-5 biji. Sisanya ya berdiri saja atau kebanyakan pada minta dibungkus. Anak gadisnya manis- manis, terutama si adik.

Anda bisa minum dawet sambil lihat anak-anak gadisnya yang manis-manis. Tapi bisa jadi sekarang sudah jadi mahmud, mamah muda
Saran saya jangan bawa istri kalau kesitu, daripada doi jadi reseh..

6. ANGKRINGAN

Angkringan ini awalnya juga dulu muncul dan berkembang di Jogja sebelum kemudian menyebar kesana sini. Minumannya yang khas adalah Susu Jahe dan Teh Jahe. Angkringan ini tersebar dimana-mana, dan yang banyak dibahas di sosmed adalah yang di sekitar pintu masuk Stasiun Tugu dekat Malioboro.

Tapi Anda sebetulnya boleh coba di tempat lain. Pilih yang banyak parkir motor di sekitarnya (artinya banyak mahasiswanya yang hidupnya perlu pengiritan, dan makanannya enak), cari yang duduknya di emperan toko atau trotoar jalan karena khasnya angkringan itu dulu ya begitu, dan pasti murah karena mereka gak bayar sewa tempat

Buat budget biker, sego kucing di angkringan adalah menu penyelamat jiwa ketika bekal uang sudah mef-feett. Walaupun Anda mungkin perlu konsumsi setidaknya 2-3 bungkus sego kucing supaya kerasa nendang di perut

Tapi gak usah khawatir, makan 2 sego kucing, minum teh jahe plus tahu tempe dan sate kikil harganya gak akan melebihi 2 liter pertalite-lah

soto bathok mbah katro jogjakarta
gambar : travelingyuk.com

Postingan diatas mendapatkan banyak ragam komentar dan tanggapan warganet yang memberikan apresiasi mengenai referensi tersebut. “ Mau nambahin, Kalo pagi-siang coba aja Soto sapi pak Ngadiran (di maps ada). Sore-Malem coba Siomay kang Cepot di Jl. Kaliurang KM8 ” ujar Bagas Tara. Hal serupa juga ditambahkan oleh bro Jasib Bustam, “Kalau Soto di Malioboro, dulu namanya SOTO BANGKONG(THN 1976) kalau sekarang kalau gak salah “SOTO 56″….Saya selalu kesitu kalau ke Jogja.( Dari THN 1976/waktu saya masuk STM umur 15 tahun sampai sekarang.). Sekarang saya umur 63 tahun. “ tuturnya.

Tahu gimbal pak yono. Soto ayam kampung pak sugeng SMKN 3 jogja… mendoan shoka bukit senja… sate ayam bude.. sate ayam petukangan es dawet bringin pak bardi mie afui warjok mbak yuni ayam bakar pak yono.. sate kambing bu sum tajem gudeg mbah waginah (sudah tidak jualan) sate kambing terminal tawangmangu ” tambah bro Dimas Galih PM.

Angkringan plg awal bikin Kopi Joz adlh Lek Man, dulu di seblh utara tembik stasiun Tugu srkarang pindah di asem gede atw di psr kranggan kl malam hari. Tehnya super, beda dr yg lain selain kopi joznya ” tambah Hery Lilik.

setia1heri Turing sasi Ruwah, Sungkem Emak di Kampung (3)Warganet lain juga memberikan apresiasi mengenai rekomendasi kulinet diatas. ” Recomended bang petunjuknya , karena saya berkali2 ke jogja dan solo setelah d pelajari emang benar sesuai pengalaman dan analisis sampean om…thank u infonya ” terang bro Farida Rahmatillah. “ Saya sebagai orang yg tinggal di Jogja, Setidaknya pernah mencoba yg disebutkan TS diatas, tp untuk rekomendasi sesuai dompet dan lidah. Sama seperti yg TS sampaikan. ” pungkas bro Agung Hari Prastowo.

Gimana brosis? kalau sudah sempat mencoba bisa dishari dimari…hehehe

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----
Tentang setia1heri 5238 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..