Nasi Krawu khas Gresik, Jawa Timur…

Kalau berbicara Semen Gresik tentu seluruh nusantara sudah mafhum dan tahu sejak lama terutama para kontraktor-kontraktor pembangun negeri.  Selain sebagai kota pudak (jajanan khas gresik, red), Gresik juga dikenal mempunyai beberapa wisata kuliner yang terkenal diantaranya Nasi Krawu. Apa sih nasi krawu itu?

Nasi krawu merupakan masakan kuliner khas Gresik yang mempunyai tanda atau ciri-ciri khusus, cirinya yakni nasi yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.  Dan biasanya terdapat kuah meskipun ini opsional saja.

Hampir di ruas-ruas pinggir jalan dapat ditemui warung, rumah makan atau depot yang menjual nasi krawu ini bahkan ada yang dijual langsung seperti nasi bungkus dipinggir jalan. Mungkin beberapa warung ada yang terkenal, belum terkenal dan sangat terkenal namun begitu semua menjanjikan wisata kuliner yang sama yakni Nasi krawu. Meskipun ini nasi khas Gresik namun beberapa kota-kota besar saya kira sudah ada meskipun dalam jumlah terbatas.

Beberapa waktu lalu bersama dengan seorang kawan PRIDES dari Cilegon yakni bro arief ane mengajak beliau untuk merasakan sensasi kuliner khas gresik ini. Berhubung kondisi menjelang larut malam maka beberapa warung atau depot sudah tutup. Beruntung salah satu depot Mbuk Marjani di Jalan Nyi Ageng Pinatih masih buka maka merapatlah berdua kami kesana.

Berhubung sudah malam maka kondisi depot sepi tinggal kami berdua saja. Langsung saja pesan 2 porsi dengan ditemani teh hangat. Berbicara rasa dan lezatnya tentu tidak diragukan lagi meskipun lidah tidak sama setiap orang…hehehehe. Bukti kalau makanan itu enak tentu nasi habis tak berbekas…wkwkwkwkw. Dan salah satu yang tidak bisa diremehkan adalah keberadaan sambal terasi, bau khas inilah yang juga menambah kelezatan nasi krawu.

Yang jelas setiap orang yang pergi ke Gresik namun tidak mencoba kuliner yang satu ini maka dianggap kurang afdhol….wkwkwkwk.

Tertarik mencoba ? silahkan datang dan mampir ke Gresik…

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

37 Comments

Monggo dikomeng gans..