Ayo ikut e-KTP…

Mungkin beberapa daerah sudah berjalan awal tahun kemarin program e-ktp ini. Setahu ane Kota Surabaya sudah berakhir April kemarin namun di Gresik terutama di kampung ane, Pongangan, Manyar baru berlangsung tanggal 8 Juni kemarin.  Ane sendiri  berhubung sabtu-minggu pas lembur maka baru pada minggu (10/6) malam bisa hadir foto e-ktp di Balai Desa. Bersama istri dan mertua selepas sholat isyak kami menuju balai desa yang hanya 200 meter dari rumah.

Disana telah terjadi antrian meskipun siang harinya istri sudah mengambil nomor antrian. “ Nomor antrian tidak berlaku, yang berlaku adalah antrian secara langsung sekarang “ ujar petugas melalui pengeras suara. Menurutnya ketika siang ketika dipanggil nomor yang bersangkutan tidak ada yang nongol sehingga mengacaukan antrian. Oleh karena itu disikapi siapa yang datang maka akan langsung mendapatkan layanan. Syarat untuk ikut e-ktp ini yakni adanya surat undangan dari desa, dilampiri dengan fotokopi KK dan KTP pemohon.  Dan setiap pemohon harus membawa persyaratan tadi sendiri-sendiri meskipun satu keluarga.

Dalam mengantri ini harus cukup ekstra sabar. Jam 19.45 WIB kami mulai berdiri ikut antrian hingga mendapat giliran tempat duduk. Tua muda lelaki perempuan semua harus iut dalam antrian kecuali memang sudah manula maka akan mendapatkan prioritas. Tepat pukul 20.50 kami sampai dimeja tukang potret meskipun juga harus mengantri lagi.

Dimeja tukang potret kita akan mendapatkan beberapa perlakuan.  Yang pertama tentu pas foto dulu yang diberi background biru atau merah tergantung genap-ganjil tahun kelahiran. Berhubung ane tahun lahir genap maka memakai background biru.  Selanjutnya foto mata, kita disuruh membelalakkan mata agar mendapatkan gambaran yang sempurna..hehehe. Setelah itu tanda tangan digital. Oia kawan didalam sesi pembuatan e-KTP ini di desa kami terdapat 3 alat yang melayaninya.

Langkah berikutnya adalah sidik jari. Mulai dari 4 jari kanan dan 4 jari kiri, disusul dengan dua jempol kanan kiri. Dan diakhiri lagi dengan tanda tangan digital. Waktu yang dibutuhkan untuk foto dan sidik jari ini tidak lebih 5-10 menit. Memang yang harus bersabar adalah mengantrinya hingga satu jam lebih. Pembuatan e-KTP ini bersifat tidak dipungut biaya alias GRATIS. Sekarang tinggal menunggu kapan jadinya e-KTP ini.  Kalau melihat tetangga sebelah biasanya hasil KTP baru bisa dilihat setelah 1-2 bulan kemudian.


Harus sabar menanti 😛

Maturnuwun

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4142 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

8 Comments

  1. lhaaa.. pake kipas angin 😀
    di desa aye yang ndeso sangat pake AC lhoo 😆
    kemarin udah bulan Mei di desa aye tinggal 🙂 dan memang benar, nomor antrian gak berlaku walo datang pagi hari 🙁 yang datang duluan dia yang akan dilayani.. :nohope:

Monggo dikomeng gans..