Istilah jamet, jamed dan jamet kuproy dalam dunia anak motor, apa artinya?

satria fu motor jamet

setia1heri.com – Istilah jamet, jamed dan jamet kuproy dalam dunia anak motor, apa artinya?. Bila sebelumnya KHS mengupas gak tuntas istilah bahasa gaul ngab dan ngaber dalam dunia biker kini ada istilah lama yang berseliweran kembali jagat maya yakni jamet, jamet kuproy dan jamed. Menariknya istilah bernada sindiran dan canda sebagai sebuah identitas atas dasar gaya rambut beserta tunggangan motornya. Monggo disimak gans…

Istilah jamet, jamed dan jamet kuproy dalam dunia anak motor, apa artinya (3)Dulu jamet itu bisa diartikan merupakan kependekan dari “jablay metal”. jablay sendiri merupakan kependekan dari “jarang dibelai”, sebuah julukan untuk insan yang kurang kasih sayang atau lebih spesifik seringkali dialamatkan kepada wanita tuna susila atau penjaja kue ‘apem’. Metal sendiri merupakan sebuah aliran musik yang seringkali pemain musiknya berdandan awut-awutan dengan rambut panjang dengan musik yang menggelegar. Ada yang menyebut jamet itu juga kependekan janda metal, dimana masih ada kedekatan dengan sebuatan insan yang kurang belaian kasih sayang. Jadi jamet dulu merujuk kepada wts yang berdandan eksentrik atau norak untuk menarik perhatian hidung belang.

Sekarang jamet itu artinya merupakan kependekan dari jawa metal. Jawa disini merujuk kepada orang suku Jawa sedangkan Jamet disini sekilas bisa diartikan orang Jawa yang berlagak gaya metal secara dandanan. Lebih spesifik kepada gaya rambut dengan poni lempar depan seperti yang dipopulerkan oleh andika kangen band pada  2010-2012. Nah gaya ini kan dinilai sudah tidak cocok dengan gaya kekinian sehingga beberapa orang menyindir mereka dengan sebutan “jamet”, jawa metal gans. Apa benar mereka suka musik metal? sebagian dari mereka iya tapi sebagian besar suka orkes melayu…hehehe.

gaya jamet andika kangen band
andika kangen band
foto : kapanlagi.com

Kalau “jamet kuproy” itu apa kang? itu  merupakan kependekan dari jawa metal kuli proyek. Maksudnya kebanyakan yang bergaya dengan dandan rambut poni lempar depan itu berprofesi sebagai kuli proyek. Kalau “jamed kuproy” kang? itu jawa medura kuli proyek, dimana beberapa orang yang bekerja sebagai kuli proyek itu berasal dari Jawa dan Madura. “jawa metal/jajal metal mbah, awal2nya jamet kuproy = jawa metal kuli proyek 😁” ujar Taufik Rahman Darmadi di obrolan grup facebook BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas). kuproy sendiri saudara dengan sebutan pordimen alias nyampor wedi karo semen (campur pasir dan semen)…hehehe.

Sekilas jamet itu orangnya mau bergaya modis tapi malah kelihatan kampungan karena sudah ketinggalan jaman dan biasanya mereka nunggang motor yang tidak standar alias sudah modifan alay-alay gitu…hehehe. Oia ada yang mengartikan jamet sebagai jambul metal (gaya rambut). “oh berarti yang gayanya rambut gondrong dilurusin jambul tinggi celana cingkrang dengan kaos gombrang itu ya Mbah” ujar Febian Athallah di BEKAKAS juga.

Nah sekarang kembali istilah jamet di dunia biker gans.  Jamet sudah dipastikan lebih arah gaya rambut dan dandanan bikernya namun terkadang motornya masih standar pabrikan. Disisi lain ada yang jamet dengan motor yang sudah dimodif seperti ban cacing, visor over dosis, warna warni bodi dan lain-lain. Lengkap sudah istilah antara biker dengan motornya sebagai jamet sejati….hehehe. Istilah jamet, jamed dan jamet kuproy dalam dunia anak motor, apa artinya (3)

Di dunia biker salah satu motor yang dijuluki jamet yakni satria fu dan honda sonic. “#oot Mbah knp bekakas fu sering disebut motor jamet ya? Sampe bocil pun nyebutnya gitu, pdhl motor gejil standar dealer dan style pun gak jamet, .kadang bikin sakit ati aja gitu 🤣” curhat Yudi Ariyanto pada tanggal 12 Mei 2021 di grup fb BEKAKAS.  Hal ini direspon oleh anggotan bekakas dengan mencoba menjelaskan stereotif yang melekat itu. “Soalnya satria itu dulu identik dengan modif ban cacing, body full warna terang, aksesoris warna warni, lampu dibuat sipit, adanya visor/kedok yg over, terus dibuat ceper. Dan dulu itu penampilan yg bawa identik dengan rambut saskeh (poni panjang, belakang pendek), celana skinny robek di dengkul, kaos oblong, muka pas2an (uh maaf mbah, bukan maksud bilang fisik, tp kenyataannya gitu), dan satu lagi haus kasih sayang ” jawab Herlambang Hunter.

Davawisnuu juga menjelaskan mengapa Fu identik dengan jamet. “Soalnya yg make rata rata jamet Mbah, rambut emo di warnain,kemeja kotak kotak,make Levis yg suka ditarik sampe tulang kering terus celana suka dibawah p*ntat,stang nya kaya gerobak,knalpotnya kW super berisik,padahal kalau di bikin komorod cakep parah,cuman salah tangan aja😭 ” tambahnya

satria fu motor jametRizal R merinci secara berurutan motor-motor di Indonesia dengan citra yang melekat didalamnya, monggo disimak :

  • fu / sonic = jamet
  • nmax = arogan, totot wiu wiu
  • beat = hemberrrr
  • mio = hemberrr
  • ninja old = cacingan
  • xmax = moge ( gendut )
  • pcx = matic besar
  • scoopy = NGAB
  • rx king = begal
  • jupiter = komeng
  • supra = bapak
  • revo = debt collector / lising
  • crf / wr155 = klx

Lebih lanjut diskusi mengenai citra satria fu sebagai motor jamet karena memang bikernya ada yang suka berdandan layaknya jamet. “Karena org jawa timur khususnya madura para kuproy ding ding pak ding ding banyak yg make fu terutama fu barong modif cacing sambil pake baju oversize rambut gondrong” jelas Ramaà. Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh Wendy, “Kadang ada yg lebih pnjang lagi jamed kuproy itu lengkapnya jawa medura kuli proyek..Klo d stelin lagu dinding badinding biasanya joged😁✌🙏🙏” tambahnya.

Kembali ke diskusi mengenai topik ini yakni jamet didunia motor maka bisa jadi bikernya jamet tapi motornya standar atau jamet sejati dimana biker dan motornya mencerminkan jiwa seorang jamet. Motor dimodif norak, ban cacingan, warna mencolok dan sebagaianya. “Ragara byk sultan kampung yg modifnya menjijikan mbah, rangka kuning,body pelangi,ban uk sepeda, dan msh byk lgi😑” pungkas Akim Triyono. Selain juga dilihat bikernya ya, kalau cewek dan cowok tentu persepsinya juga beda menyematkan istilah jamet pada definisi diatas….hehehe.

Modifikasi Satria Fu warna pink alias merah muda brosisMonggo diskusi lagi gans….

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5694 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..