Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah?

Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah (1)

Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah?. Oli samping alias olsam bagi motor 2 tak adalah cairan wajib yang menemani BBM. Meskipun motor 2 tak populer bagi biker era 90an dan awal 2000an tapi sekarang ini pun tidak sedikit yang masih memeliharanya. Nah kira-kira Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah sih?

Tabung oli samping Yamaha RX King ini ada bebek mengambangnya...hehehe (3)Diskusi mengenai Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah ini bermula dari obrolan warganet di BEKAKAS. “#oot Mbah,,,,Mohon diskusinya Mbah,,,,,,Untuk mendapat hasil yg maksimal. Menurut Mbah mbah bekakas dua tak itu. Efektif memakai olsam pisah. Atau langsung dicampur kedalam tangki BBM Mbah?. Mohon sertakan alasannya ya Mbah,,,Gejil yakin beda guru beda pendapat harusnya Monggo Mbah……Suwun ” tanya Papah Muda di grup fb ‎BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas) pada tanggal 2 Juli 2020.  Hal ini langsung direspon sambil bercanda oleh warganet lain. Pisah mbah…Nnti pas bertemu akan bahagia..Klau campur dluan biasanya pisah belakangan🤣🤣😂😂 ” canda TofaItu OvanAbine Zaina.  Canda berbeda juga disampaikan oleh Odie Destyantoko, “Kalau gejil pribadi enakan campur mbah, kalau dipisah takutnya kalau lagi dijalan tiba2 pompa olinya macet bisa ngrusak tatanan ati🤣 ” tukasnya.


Beberapa warganet di BEKAKAS yang masih memelihara motor-motor 2 tak membagikan pengalaman pribadinya mengenai oli samping ini. Sebagian dari mereka menyatakan lebih baik dipisah saja sebagaimana buatan pabrikan. “pabrik bikin pake pompa ya pompa lahh , knpa model kabel gasnya cabang 2 ? itu ikut puteran gas semakin gede kita nge gass semakin besar debit oli yg masuk , kurang puas ya tambah ke tanki buat jaga jaga dan jangan di buat paten , kalo paten mau gas mu besar kecil oli yg keluar segitu terus rawan ngejim ” tutur  Fatur C Diatama. Agus Saputro juga senada dengan pendapata sebelumnya. “Menurut gejil pisah lebih joss mbah. Soalnya kalo lewat pompa olsam kan debit olsam yg masuk di sesuaikan dengan rpm mesin. Makin cepat putaran mesin pompa olsam jg ikut kenceng mbah. Kalo lewat campur mau rpm brp ya segitu² aja olsam yg masuk. Kalo d iritin saat langsam gak ngebul tp pas ngebut tekor olsam. Kalo d bikin boros ngebul poll tp buat ngebut tercukupi. Jadi biar pompa olsam aja yg ngatur boros iritnya olsam masuk k mesin.” tuturnya.Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah (1)

Hal ini juga diungkapkan oleh Kips. “Kalo gejil pisah mbah,tapi pas pertama ngisi baru pasti di campur 1 tutup botol biar mencegah ga karat tankinya,opini pribadi aja sih😂 ” ujar biker Kawasaki KRR KIPS 150 2 tak ini. “Kalo gejil mening di pisah mbah, masukin ke tanki dikit aja ” terang Hikari Motoshop biker yang modif suzuki jet cooled menjadi motor mini warna tangki merah seperti gorilla ini. “Odong2 gejil di PISAH , karna satria cabang olsam nya ada 2.. ke maniful + crankcase (bandul). Dulu sempet di campur alhasil bandul + stang seher + laher bekhen gosong ” tambah Dikha Andikha Nurachman selaku biker satria 2tak.

Ragil Sudrajat mencoba memberikan penjelasan secara panjang kali lebar sebagai berikut :
Gini mbah…
Pelumasan 2Tak adalah pelumasan yg kurang sempurna, beda dengan 4tak, klo 2t oli cuma dikabutkan dan oli ikut terbakar dan emisi gas buang tinggi…
Kalo di campur langsung palah jadi kurang palah kurang maksimal pelumasannya, juga terkadang oli samping ngendap ditanki, bercampur lagi kalo udah di kocak2…
Insinyur udah memperhitungkan sedemikian rupa, pompa oli samping itu vital mbah, dia bisa ngasih debit pelumasan sesuai kebutuhan mesin ( rpm rendah dan tinggi ) asalkan pompa oli masih normal,
Disitu kita juga menyetel stelan oli samping, mau di iritin apa di borosin…
Saran gedjil, pompa oli tetep dipakai mbah, tidak lupa juga kasih campuran dikit oli di tanki, biar jaga2 klo pompa oli trobel, dan biar tanki gk gampang karat…

Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah (1)Fachry juga menegaskan untuk memisah saja. “Pisah ikut kabel gas mbah,karna banyak/sedikit nya olsam keluar dipompa oli,sudah diatur oleh tarikan gas” terangnya. Medy Setyawan turut menegaskan bahwa olsam itu idealnya memang dipisah. “Opini pribadi gejil mbah…Pisah (pake pompa oli) alasan rasional gejil oli samping itu, diibaratkan begitu masuk disalurkan sama pompa oli dia meredam gesekan panas dari piston dll😁,meski akhirnya kebakar amarah piston juga😂😂😂 tapi kl untuk jalan jauh ya dikasih tambahan campur di tangki mbah,, itu mbah, bekakas gejil,, mesinnya saja yg sdh pernah malang-solo pp dengan body crystal😂😁.Ojo dibully yo mbah,, gejil masih pemula soal permesinan😔🙏 ” ujarnya panjang kali lebar.

Sementara warganet lain menyarankan untuk mencampur saja antara olsam dengan BBM ini. “Lebih awet yg d campur mbah.pngalaman dr ortu yg punya motor 2 unit yg awet malah yg campur.cuma harus telaten bersihin kerak yg d ruang bakar” tutur Chikung Efbrene Sitech. Fezor juga menyatakan hal yang sama. “Enak campur Mbah,anti ngejim” ujarnya. Zainal Kristianto yang punya vespa 2 tak turut memberikan komentarnya. “Vespa super saya dr 1966 – 2020 masih dicampur olinya mbah” tambahnya. “Campur, tapi jgn lupa dikocak2” terang Artha Wicaksono.

Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah (1)Adam Bayu Syaputra menuturkan pengalamannya dengan oli dicampur ini. “Gejil punya motor 2 tak F1ZR selalu oli campur kedalam tangki minyak mbah, karena udah gejil coba sendiri, performa nya lebih oke kalo oli campur ke tangki dibanding oli campur pisah” tuturnya. Namun hal ini coba disanggah oleh bro Arvin Badruzaman, “Adam Bayu Syaputra kalo gejil kok sama aja ya mbah?. Stelan olsam agak di borosin dikit dari orinya dari kabelnya. Pernah emergency selang olsam putus kepaksa campur dulu dengan takaran 3tutup botol idemitsu per 1.5L gitu2 aja 😂” selangnya.

Sementara disisi beberapa warganet menerapkan pisah-campur karena menyesuaikan  kondisi untuk harian atau turing. “tergantung kondisi mbah, harian lebih baik pisah, race campur aja, touring pake olsam pisan + tambah dikit di tangki biar pistonnya aman mbah” ujar Hendrikus Yoga Prasetyo. Hal senada juga diungkapkan oleh Sai Made Eka Arsana, “Kalo buat harian ( misal berangkat-pulang kerja, jarak gak begitu jauh ) pisah. Kalo buat jarak jauh, pisah + campur” tambahnya. “Tergantung sih mbah, kalo gejil prefer dua2nya tergantung kondisi. Kalo mau jauhan touring atau sering betot gaspoll baru masukin oli ke tanki. Sama biasanya gejil kalo king kabel tarikan pompa olinya dipisah sama kabel gas. Beli operan gir buat sepeda, dipasang kesana. Jadi flow olsamnya diatur manual ga ngikutin kabel gas” terang Hadrian Zulfikar.

motor 2 tak bebek dan maticHal ini juga dilakukan oleh warganet lain. “Klo saya untuk harian pisan. Kalo untuk touring dll Intinya perjalanan jauh dicampur setiap 1 liter bensin -+ 1 tutup botol” tutur Aldy. Jhonn Sanjaya juga melakukan hal serupa dengan pisah campur ini. “Pisah sama campur mbah,soalnya kalo cuman campur doang kan takeran nya sama nnti rpm tinggi pemasukan oli ke seher kurang,kalo pisah doang ngerii pompa nya rusak hehe” tambahnya. “Kalo olsam campur idealnya memang buat race… Kalo harian lebih enak pake pompa.. Kayak motor gejil. Banyak orang bilang kalo pake pompa nanti ngejim atau apa. Buktinya gejil gapernah ngejim gara2 masalah pompa oli.. Atau kekurangan olsam. ” tambah Arvin Badruzaman. “Keduanya mbah olsam pisah Ama campur ke tangki biar g ngejim” pungkas Salman Alim.

Sementara warganet lain berpendapat menyesuaikan dengan karakter oli.Tinggal karakter oliny mbah kalo oliny karakterny kental mending mix ditangki bensin kalo karakter encer mending pisah saya biasany pke kelas mesran OB, trans, iphone 2trokeR mix perbandingan 1:20 oke2 saja padahal buring OB nyatany gk ngejim pemakaian yaa dah kyak orang balapan gtu” terang IG Michael Black Smoker. Selain itu juga tergantung ada tidaknya tabung atau tangki olsam.Kalau ada tangki olsam nya ya pisah, kalau ga ada ya sementara campur mbah” ujar Ivan Bayu Fachreza sambil memamerkan deretan motor 2 tak baik bebek maupun matik.

Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah (1)Sementara yang lain pada kondisi pompanya. “Klo gak ada pompanya apa boleh buat langsung campur ke bensin, klo gak dipake dalam waktu lama,kosongi aja tangki bensin(berlaku untuk tangki plastik aja klo besi bisa korosif)” terang M Rafa.  Adhi Istanto juga menegaskan hal ini, “Klo pompa oli masih sehat, mending pisah aja broo, dahulu kala insinyur jepang bikinnya dah pake perhitungan, klo pompa oli dah loyo, ya campur” tambahnya.

Taufik lebih suka digabung saja. “kalo gejil dan opini pribadi gabung di tangki alesanya,dulu pengalaman punya ninja olsam pisah mungkin gejil yang salah juga ga ngecek,pernah jalan jauh sangking asiknya jalan gejil gak tau dari kapan oilpumpnya mati dan mesin tempratur berantakan pas di service seher baret mbah” ujarnya. Sementara Zaidan Rizqullah melihat situasi dan kondisi saat isi BBM. “Gejil kalo ngisi bensinnya full campur juga ke tangki mbah kalo ngisinya ga full ga dicampur😀” tuturnya.

motor 2 tak bebek dan maticItulah mantemans diskusi tentang Oli Samping pada motor 2 tak, bagusnya dicampur atau dipisah?. Semua ada jawaban dan alasannya meskipun sebenarnya juga tergantung situasi dan kondisinya. Mau campur monggo, mau dipisah juga lebih  baik bila memang ada tangki olsam nya.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4330 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

  1. untuk harian rasio campuran 1:50, untuk balap rasio campuran 1:40. Rasanya kok cuma ninja yang olinya injeksi. Jadi khusus ninja jangan campur langsung.

Monggo dikomeng gans..