Tips Berkendara Ketika Hujan Bagi Biker dan Tata krama nya

Tips Berkendara Ketika Hujan Bagi Biker dan Tata krama nya. Kalau mau tidak kehujanan ya memang berteduh adalah solusinya namun bagi biker sejati maka menikmati hujan adalah tantangannya…hehehe. Biar bisa menikmati curahan air dari langit sambil naik motor maka berikut tips yang diberikan oleh pak de Riza Amrullah. Yang perlu diperhatikan adalah safety firts ya brosis.

Tips Berkendara Ketika Hujan Bagi Biker dan Tata krama nya

Berkendara Ketika Hujan

Sebagai pengguna sepeda motor, kita harus selalu siap menghadapi berbagai cuaca. Baik ketika panas terik maupun hujan. Apalagi beberapa tahun belakangan ini perubahan cuaca tidak bisa diduga.

Berikut adalah saran untuk bisa tetap melaju ketika hujan turun.

1. Jas hujan. Gunakanlah yang model setelan jas dan celana. Jangan gunakan model ponco karena berpotensi tersangkut dengan kendaraan lain.

2. Kurangi Tekanan Angin Ban. Tujuannya agar ban lebih menapak dan mengurangi resiko ‘aquaplaning’. Yaitu gejala kehilangan traksi akibat adanya air di atas lintasan.

3. Bersihkan Kaca Helm. Agar tetap bisa melihat dengan baik, kaca helm harus bersih. Gantilah kacanya jika terlalu banyak baret yang mengurangi visibilitas. Jangan tutup terlalu rapat untuk menghindari terbentuknya embun di dalam kaca helm. Atau gunakan semprotan anti embun (fogging) yang banyak tersedia di pasaran.

4. Lindungi Kaki. Jangan gunakan sandal ketika berkendara. Tetaplah gunakan sepatu. Jika tidak ada sepatu boot, kaki bisa dilindungi dengan cara memakai kantung plastik. Urutannya: kaus kaki, kantung plastik dan sepatu. Yang dilindungi adalah kaki, bukan sepatu.

5. Sarung Tangan Bedah. Digunakan untuk menjaga agar tangan tetap kering dan hangat. Urutan pakainya: sarung tangan bedah dipakai sebelum memakai sarung tangan yang biasa dipakai. Biarkan tangan kiri tanpa sarung tangan luar. Sarung tangan bedah bisa digunakan untuk menghapus kaca helm tanpa merusaknya.


6. Nyalakan Lampu Besar. Bagi pengendara sepeda motor yang belum dilengkapi dengan fitur AHO (Automatic Headlamp On), jangan lupa untuk menyalakan lampu besar. Tujuannya agar tetap terlihat oleh pengguna jalan lain. Mohon diingat bahwa di jalan raya berlalu aturan tak tertulis: “melihat dan terlihat”, atau “to see and to be seen”.

7. Lampu Hazard. Jika ada, sebaiknya tidak digunakan ketika melaju. Karena akan membingungkan pengguna jalan lainnya. Lampu hazard hanya digunakan ketika berhenti dalam keadaan darurat. Seperti tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas, pasal 121 ayat 1 yang menyatakan, “Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, dan lampu isyarat peringatan bahaya atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat dijalan.”

8. Kendalikan Kecepatan. Seringkali jalanan menjadi sepi ketika hujan, karena banyak pengendara yang berteduh. Meskipun demikian, tetaplah kendalikan kecepatan sepeda motor. Karena bahaya tidak bisa diduga.

Dari segala hal teknis tersebut, yang paling penting justru adalah hal non teknis. Yaitu sikap bekendara atau riding attitude. Di luar negeri sudah lama berlaku istilah Responsible Riding, atau berkendara bertanggung jawab.

Tips Berkendara Ketika Hujan Bagi Biker dan Tata krama nya

Contoh berkendara bertanggung jawab dijalanan adalah:

  • – Melaju lebih lambat ketika melewati genangan air hujan agar tidak menyiram orang yang ada di tepi jalan.
  • – Tidak menyalakan lampu jauh atau menyalakan lampu tembak yang menyilaukan bahkan membutakan mata pengendara dari arah berlawanan.
  • – Memberi tanda lampu sein sebelum pindah lajur atau berbelok.
  • – Memberi kesempatan kepada kendaraan lain di persimpangan.
  • – Tidak menggunakan knalpot dengan suara bising.

Bagi yang ingin menambahkan atau membagikan, dipersilakan dengan senang hati.

Semoga berkenan.

Tulisan : Riza Amrullah > Komunitas Motor Box Indonesia

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3952 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

Monggo dikomeng gans..