Cek rutin 5 komponen sepeda motor saat musim hujan gans…

Waspada ban selip saat musim hujan, begini Tips aman dari Honda

setia1heri.com – Cek rutin 5 komponen sepeda motor saat musim hujan gans…. Kondisi musim penghujan seperti saat ini tentu membawa beberapa perubahan aktivitas serta menjadi kendala bagi yang akan bepergian keluar rumah, terlebih menggunakan sepeda motor. Curah hujan yang tinggi dapat membuat jalanan yang akan dilewati terjadi genangan yang dapat membasahi komponen-komponen pengapian pada sepeda motor.

Waspada ban selip saat musim hujan, begini Tips aman dari HondaAgar tidak terjadi kendala yang tidak diinginkan saat di jalan dan performa sepeda motor akan tetap optimal sebaiknya perhatikan hal ini dalam melakukan perawatan sepeda motor di musim hujan :

1. Mencuci Sepeda Motor
Cucilah sepeda motor yang terkena air hujan supaya kondisinya bersih dan bebas dari pasir atau kotoran-kotoran yang dapat merusak komponen.

2. Periksa Tekanan Angin Ban
Dalam kondisi normal, tekanan angin ban sepeda motor yang direkomendasikan berkisar antara 29 psi untuk depan dan 33 psi untuk belakang. Selain tekanan angin pada ban, cek juga pemukaan ban apakah grip ban masih baik atau tidak. Jika permukaan ban mulai halus segera ganti ban sebab kondisi jalan basah bisa membuat permukaan jalan jadi lebih licin serta untuk mencegah kecelakaan.

cimot GKB gresik
ilustrasi : tempat pencucian motor

3. Periksa Komponen Pengereman
Rem merupakan komponen yang wajib dan rutin dilakuka. Rem merupakan salah satu penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. Periksalah kondisi komponen pengereman mulai dari tuas, kabel hingga ke bagian kampas rem.

4. Periksa Kondisi Rantai
Bagi penggguna sepeda motor tipe cub maupun sport yang masih menggunakan rantai, harus selalu diperiksa dan dirawat. Sebab, ketika musim hujan tiba, rantai motor menjadi cepat kering dan mudah berkarat.

Selain membersihkan dan melumasi rantai agar tak cepat karat akibat air hujan dan kotoran, periksalah ketegangan rantai motor. Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlapas dari dudukannya.

5. Periksa Busi dan Tutup (Cop) Busi Motor
Lakukan pemeriksaan bagian busi untuk memastikan busi dan cop busi masih dalam kondisi bagus untuk mencegah masuknya air ke busi yang membuat busi tidak berfungsi normal.

Jika terlihat ada rembesan air, maka segera keringkan dengan kain lap agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat oleh rembesan air tersebut.arti warna busi pada sepeda motor honda dari MPM Honda Jawa Timur (5)

“Perawatan komponen sepeda motor Honda sewajarnya dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada di Kartu Perawatan Berkala (KPB). Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi prima, jangan lupa bawa sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari teknisi tersertifikasi yang handal dan jaminan part dan oli asli Honda. “ kata M. Bondan Priyoadi, Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5694 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Cari_aman naik sepeda motor Saat Hujan berangin - setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..