Serunya kursus singkat Safety Riding Jatimotoblog bersama MPM Honda Jawa Timur tahun 2017

Serunya kursus singkat Safety Riding Jatimotoblog bersama MPM Honda Jawa Timur tahun 2017

Kursus singkat Safety Riding Jatimotoblog bersama MPM Honda Jawa Timur tahun 2017. Hari Minggu, 23 April 2017 mantemans jatimotoblog mendapatkan kesempatan untuk belajar safety riding alias berkendara secara aman dari MPM Honda Jawa Timur. Acara yang diikuti oleh 9 blogger jatimotoblog ini digelar di MPM Learning Centre, Sedati, Sidoarjo. Kursus singkat ini dipandu langsung oleh instruktur terbaik MPM yakni Mas Dimas dengan dibantu mas sohib dan mas helmi dari tim safety riding MPM. Selengkapnya berikut cerita bersama Kursus singkat Safety Riding Jatimotoblog bersama MPM Honda Jawa Timur tahun 2017.

Acara diawali dengan materi yang dibawakan oleh Mas Dimas dengan materi Teknik Dasar Berkendara. 3 teknik dasar berkendara itu yakni berlatih Balancing (keseimbangan), Braking (teknik pengereman) dan Manuver (latihan manuver di angka 8, U Turn dan Slalom Offset). Secara teori sih kelihatannya mudah brosis namun hal ini berbeda ketika berlatih langsung ditengah terik sengatan matahari siang. Oia mantemans yang ikut acara Kursus singkat Safety Riding Jatimotoblog bersama MPM Honda Jawa Timur tahun 2017 ini yakni Kang Anang (anangcozz.com), Bro Angga (ndeso94), Cak Fauzi (motomaxone.com), Kang Kemal (masdaniblog.com), Kang Khoirul (atasaspal.com), Cak Mario (mariodevan.com) dan Koh Rio (motorrio.com) serta KHS sendiri.

Oia sebelum memasuki kelas kita ganti dulu dengan kostum Safety Riding yakni dominasi warna biru dan rompi terkait penomoran. Semua perlengkapan safety riding telah tersedia mulai dari protektor kaki dan tangan, kaos tangan serta sepatu. Semua tinggal pilih dan disesuaikan dengan ukuran mantemans yah. Dengan kostum yang seperti ini ada yang berseloroh seperti power ranger dan ada juga yang iseng nyeletuk seperti tukang parkir. Overall, yang jelas kita lagi serius tapi santai belajar safety riding dari ahlinya alias instruktur resmi Honda…hehehe.

Setelah sesi teori dikelas saatnya sesi praktek di area MPM learning Centre yang merupakan wahana pelatihan safety riding terbesar di Indonesia mantemans. Disini kita akan praktek langsung terkait 3 teori teknik dasar berkendara diatas. Sebelum melakukan praktek berkendara maka perlu diperhatikan posisi berkendara mulai dari posisi riding, rileks berkendara, posisi tangan tidak kakau, pandangan mata kedepan, cara memegang stir, hingga paha yang menjepit tangki. Dan ada budaya yang dibangun sebelum ngegass yakni tengok kebelakang sekitar 3 detik sebelum ngegas. Ada 4 jenis motor yang dilibatkan dalam latihan safety riding ini yakni Honda Sonic 150 R, CB150R, CBR150R dan Supra GTR 150. KHS untuk sesi awal memilih motor naked Honda CB150R

KHS sendiri sesi pertama belajar teknik pengereman alias bracking hingga berhenti. KHS belajar teknik mengerem dalam kecepatan 40 km/jam pada posisi gigi ke-4. Pengereman kombinasi antara rem depan dan belakang dimana ternyata beberapa kali KHS melakukan kesalahan terutama teknik memegang handle rem. Disarankan memegang handle rem menggunakan 4 jari brosis karena membantu proses deselerasi ketika akan melakukan braking. KHS bersyukur karena instrukturnya ramah dan bersahabat sehingga tak jemu untuk mengingatkan kesalahan-kesasalahan dalam teknik pengereman.

Selanjutnya teknik Balancing alias keseimbangan motor. Kita disuruh meniti jalan setapak berbentuk papan dengan syarat tidak sampai jatuh. Di race plang ini kita belajar menyatu dan menyeimbangkan motor dalam kecepatan rendah. Cukup gigi satu dengan memainkan setengah kopling dengan dipandu rem belakang. Jujur dalam sesi ini KHS beberapa kali terjatuh dari papan race plang ini…..xixixixi. Harap maklum gans masih pemula.

Sesi berikutnya mencoba slalom offside dimana kita memutari cone yang telah disiapkan panitia. Ini merupakan kombinasi antara teknik menikung dan permainan antara tutup buka gas. Meskipun kelihatan mudah namun KHS beberapa kali ngos-ngosan menahan irama gas Honda CB150R ini yang berakibat hampir jatuh…xixixi. Setelah beberapa kali mencoba akhirnya menemukan irama yang pas. Ketika melakukan slalom offise ini hindari menggunakan rem baik depan maupun belakang. Atau kalau terpaksa gunakan rem belakang saja.

Selanjutnya sesi angka 8. Disini kuncinya hampir sama dengan slalom offside dimana speed sangat berpengaruh yang dipandu dengan rem belakang bila diperlukan. Sekali lagi hindari menggunakan rem depan ketika menikung atau berbelok karena akibatnya bisa fatal. KHS sudah merasakan jatuh ketika reflek memakai rem depan saat mencoba memakai Honda Sonic. Alhasil KHS sukses ndlosor untung dalam kecepatan yang rendah…xixixixi. Weleh-weleh ternyata susah benar yah berkendara secara benar dan aman itu…hehehe.

Kiranya memang 1 kali pertemuan tidak cukup untuk membekali diri safety riding. Maklum kebiasaan bertahun-tahun tentu agak sulit bila akan dirubah dalam sehari saja terutama terkait teknik berkendaranya. Trims buat MPM Honda Jatim terutama Pak Bondan dari HC3 dan mas Dimas dan Novan atas fasilitasi terlaksananya kegiatan Kursus singkat Safety Riding Jatimotoblog bersama MPM Honda Jawa Timur tahun 2017. Yuuuk #cari_aman brosis di jalanan…

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

5 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »