Menengok kegelapan Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur…

Gelap? Ya iyalah namanya aja goa….hehehe tapi tenang mantemans kegelapan disini bukan berarti tanpa cahaya sama sekali tetapi sengaja dibuat gelap agar aura mistis goa tetep terjaga….xixixixi #joke. Ini pengalaman pertamax KHS bersama rombongan Honda Fun Riding Blogger menengok Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur pasca Honda Bikers Day pertengahan November 2015 kemarin. Siapkan stamina naik gunung hingga ke mulut Goa….hehehe.

wisata goa gong pacitan 2015 bersama blogger honda fun turing (2)
Minggu, 22 November 2015 pagi rombongan mantemans Honda Fun Riding Blogger berkesempatan mengunjungi satu diantara seribu goa yang ada di Pacitan. Dan katanya diantara seribuan goa yang tersebar di Pacitan diklaim bahwa Goa Gong merupakan ‘gong’nya alias puncak diantara goa-goa yang ada.  Goa ini lokasinya berada ditepi jalan akses menuju Pantai Klayar ya mantemans….

wisata goa gong pacitan 2015 bersama blogger honda fun turing (24)Goa Gong secara administratif berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, berjarak sekitar 37 km arah barat dari pusat kota Pacitan. Objek wisata goa di Jawa Timur yang satu ini dikelilingi oleh pegunungan, sebelah utara adalah gunung Manyar, sebelah selatan gunung Karang Pulut, sebelah timur Gunung Gede, dan sebelah barat adalah gunung Grugah. Keempat gunung ini adalah gunung non-aktif.  Atau kalau mantemans mau mengaktifkan GPS silahkan di setting ke koordinat -8.16484,110.97984.

Mengapa disebut Goa Gong?

Berdasarkan kisah masyarakat lokal, goa ini dinamai sebagai Goa Gong adalah karena masyarakat kerap mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa. Gong adalah salah satu alat tabuh dalam kesenian gamelan Jawa. Suara seperti gong dari dalam goa ini adalah hasil dari pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut. Bunyi yang dihasilkannya terdengar harmonis dan indah, bahkan jika Anda berada di pintu masuk goa tersebut.  Kemarin juga diperlihatkan oleh salah seoran guide dengan memukul batu di dalam goa. Dan benar….suara yang keluar seperti Gong layaknya sebuah gamelan.

wisata goa gong pacitan 2015 bersama blogger honda fun turing (14)Ketika KHS bersama rombongan kemarin berkunjung terlihat ruangan goa didominasi gelap. Entahlah lampu warna-warna yang menambah eksotis gua tidak kelihatan. Lampu yang nyala hanya didominasi warna kuning saja yang terkesan monoton. Oia sebelum masuk akan banyak tawaran dari penjaja rental Senter atau Sentolop sehingga bisa berjalan dengan jelas ketika menyusuri kedalam gua. Akses masuknya sangat sempir hanya mampu menampung 1 badan saja sehingga ketika akan mendahului mesti mencari celah-celah disepanjang jalan.

Sobat yang mau kesana harap jangan memakai sandal yang licin karena kemungkinan terpeleset itu sangat besar. Tetesan air dari stalaktit dan stalagmit membasahi trek sepanjang jalan. Saat menyusuri tangga kita akan menyaksikan berbagai pemandangan gong cave, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil.

wisata goa gong pacitan 2015 bersama blogger honda fun turing (13)Dibutuhkan sekitar 45 menit hingga 90 menit untuk menikmati panorama Goa Gong Pacitan yang memiliki kedalaman sepanjang 256 meter ini. Beberapa spot terdapat pemandangan yang dapat digunakan untuk berfoto bersama. Namun tetap hati-hati batu licin yang membuat terpeleset kawans. Memasuki dan menuruni goa gong ini diperlukan stamina yang cukup karena akan begitoe menguras tenaga. Terlebih dengan kondisi udara didalam goa yang cenderung sumuk namun beberapa blower atau kipas angin telah dipasang dibeberapa titik.  Oia dibeberapa sudut gua telah terdapat guide atau bodyguard yang akan memandu dan mengingatkan anda mantemans…

Selepas dari Gua Gong mantemans bisa mengincipi wisata kuliner atau beli oleh-oleh cindera mata disekitar lokasi. Terlebih dengan batu akik yang masih menjadi primadona sebelum dan sesudah booming akik beberapa waktu lalu. Terdapat 1 lokasi gedung yang kesemuanya menjual batu akik mantemans…..hehehehe.

wisata goa gong pacitan 2015 bersama blogger honda fun turing (12)Jujur bagi KHS ini memang bener-bener ciamik pemandangan stalaktit dan stalagmitnya yang membuat siapapun yang memandangnya akan tersepona.

Monggo yang punya pengalaman kesana bisa dishari dimari

bacaan : http://www.initempatwisata.com

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

One Comment

Monggo dikomeng gans..

Translate »