Lampu kabin di mobil, sebaiknya “off” atau “door” ?

Lampu kabin di mobil, sebaiknya off, on atau door

Lampu kabin di mobil, sebaiknya “off” atau “door” ?. Bagi beberapa orang mengalami kebingungan ketika menggunakan fasilitas lampu kabin didepan apakah selalu menyalakan “door” ataukah “off” saja. Karena ada yang berpendapat bahwa kalau tidak mengaktifkan “door” akan merusak kunci. Benarkah? monggo disimak brosis….

Lampu kabin di mobil, sebaiknya off, on atau doorDiskusi menarik terkait hal ada di grup facebook ‎CALSIC Indonesia – Calya Sigra Community & Club. Warganet menanyakan terkait penggunaan fitur lampu kabin yang berhubungan dengan kunci mobil. “Selamat siang min and teman2 yg baik hati,,mohon info pengturan switch lampu yg di dalam kabin mobil itu,sebaiknya posisi “door”, “off” atau “on” ya?.selama ini saya off kan,tp ada yang bilang harus pada posisi “door”.,klo gak di posisi “door”,bisa merusak kunci mobil.. Tapi klo di posisi “door”, lampu baru bisa mati setelah mobil dikunci…mohon pencerahan ..trims sblmnya, ” tanya Mas Bas ada tanggal 30 Agustus 2019.

Beberapa warganet menanggapi postingan tersebut. “Hoax, mana bisa posisi saklar lampu kabin merusak kunci hahahahahaha. Kalau saya sih selalu posisi DOOR, biar kalau malam keluar masuk mobil otomatis lampu nyala. Ditambah juga sebagai fungsi indikator kalau ada pintu yg belom tertutup rapat. ” ujar Fabianus Jonathan Soekahar.

Warganet lain menyarankan untuk sesuai kebutuhan. “Setel sesuai kebutuhan, Off : mati terus, Door : nyala jika pintu terbuka, On : nyala terus, Mode door kalau pintu lama terbuka (mungkin lupa nutup digarasi) rentang tertentu akan mati sediri, Semua mode tidak ada pengaruhnya ke kunci., Teknologi untuk dinikmati bukan ditakuti ” tutur Ir One’s

Muhammad Lukman Bukhori juga menyarankan hal serupa agar disesuaikan sesuai kebutuhan. “Barang kali klo sudah selesai mau di parkir lama malam hari saat di rumah sebaiknya di off kan saja. Karna kita tdk tahu kapan ada kebocoran arus dr sistem lampu tersebut. Klo sudah ada kebocoran arus bisa bisa aki jadi tekor nanti nya (tp tdk semua mobil bakalan terjadi). Sesuai kebutuhan saja intinya ” tambahnya.

Faiz Penenang Hati menegeaskan bahwa lampu tidak ada hubungannya dengan kunci pintu. “Lampu yo lampu urusannya ke ranah lampu.. kok bisa nyambung ke kunci pintu.. posisi door kalo terbuka terus kurang lebih 15 menit lampu akan mati. Indikator merah pintu terbuka juga mati..” terangnya. Hal ini diamini juga oleh Agus Susilo Spsi, “Gak brooo itu lampu pakai timer gak nyala terus kog ” tukasnya.

Penggunaan lampu door aktif memang berguna ketika malam hari kita mau masuk mobil.  “kalo saya di door.. soale berguna sekali ketika mau keluar mobil ” ujar Dodi Andriawan. Namun bila sudah jalan kok lampu kabin dinyalakan maka biasanya mengganggu konsentrasi atau pandangan. “Kalo malem lampu nyala di dalam kabin bikin fokus penglihatan jadi pecah saat berkendara. ” pungkas Taufan Nur.

KHS sendiri selama ini kalau parkir selalu posisi “off” lampu kabin. Ketika akan tarik stir baru diaktifkan untuk mengecek apakah ada pintu yang belum tertutup sempurna. Setelah dipastikan semuanya tertutup sempurna KHS akan memutar posisi lampu kabin ke off. Yah semua sesuai dengan kebutuhan…

Maturnuwun

baca juga :

 


 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4053 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

Monggo dikomeng gans..