(motor) standar samping atau tengah yah?

Setiap sepeda motor pasti memiliki 2 standar yakni samping atau tengah. Sepeda motor mulai bebek, matic, scooter, atau sport pasti memilikinya tetapi tidak tahu kalau sudah dimodif atau diambil salah satunyaโ€ฆwkwkwk :-D. Kalau tidak paham itu Standar itu apa mungkin istilah jawanya Jagang. ๐Ÿ˜› Ane sendiri sampai sekarang belum tahu mengapa harus ada 2 jenis standar ini dan fungsinya apa.

Suatu saat saudara ane bilang pas ane mau parkir motornya, โ€œmas dijagang tengah ae (mas standar tengah saja)โ€.ย  Ane penasaran dengan perkataannya saudara ane dan ane langsung nerocos tanya lebih lanjut memang apa pengaruhnya. โ€œ Kalau di standar tengah kondisi olinya tidak miring alias pas tengah-tengah sehingga tidak merusak mesinโ€ tuturnya. Ane sendiri tidak paham penjelasannya tetapi untuk menghindari debat kusir akhirnya ane standarkan tengah motornya.


Jujur kawan setahu ane keberadaan 2 standar tadi terkait untuk kemudahan parkir. Kalau parkirnya sempir maka ya lebih baik pakai standar samping sedangkan bila kondisi parkir luas dan memungkinkan bisa memakai standar tengah. Standar tengah biasanya lebih kokoh dibandingkan standar samping sehingga tidak rawan roboh. Selain itu pemilihan kedua standar tadi juga terkait kondisi kontur tanah atau tempat parkir. Menurut ane cuma dua fungsi ini tidak lebihโ€ฆ ๐Ÿ˜€ . Mungkin ada kawan yang lebih paham terkait fungsi standar diatas dan apa benar penjelasan saudara ane tadi?

Maturnuwun atas sharingnya

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4806 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

44 Comments

  1. sayang lebih sering distandar tengah wae..
    soalnya parkiran di tempat kerja tidak berperikemotoran. kalo distandar samping suka digeser paksa, terus didudukin sama sopir2..
    jupiter saya standar sampinge sampai melengkung…

  2. Kalau parkir dibidang yang miring, atau parkir cuman sebentar/buru-buru enakan pakai standar samping…
    Kalau parkir ditanjakan hukumnya wajib pakai standar tengah & motor hadap keatas…
    Kalau motor tidak dipakai dalam jangka waktu yg lama sebaiknya jg distandar tengah, sehingga beban sokbreker seimbang antara yg kanan dgn yg kiri.
    Kalau lagi nyuci bagian bawah motor distandarin tengah dulu trus dimiringin pakai standar samping. Tapi ati-ati gubrak…!!
    Wis… Komplit khan jawabane…?? Hehe…

  3. standar tengah kalo pas parkir nyantai dan mau parkir lama, kalo pas parkir lagi kesusu lebih milih standar samping.

  4. bagi pemilik tiger.hati hati klo stdarkan motornya.terutama klo standar tengah. dah 9 x ambruk gara gara standar tengah.dengan kerugian yang lumayan besar dengan tangki penyok dll.klo ga yakin dengan kekuatan tanah lebih baik standarkan samping saja.

  5. Parkir kurang dari 1 jam, standar samping. Parkir lebih dari 1 jam, standar tengah. Parkir di rumah, selalu standar tengah.
    Tujuan standar tengah : biar roda ama shockbreaker tetep center, ngga miring

  6. Kalo ane pasti standar samping soalnya punyanya samping doang ๐Ÿ˜€
    ga semua motor punya 2 standar bro,motorsport full fairing macem KRR,N250,CBR series pada ga punya bahkan KLX Series aja ga punya standar tengah.
    makanya mau ga mau harus belajar teknik tersendiri untuk standarin motor yg cuma punya standar samping.

  7. terlalu sering menggunakan standar samping dalam waktu lama bisa mengakibatkan arm dengan body tidak senter lagi, apalagi standar sampingnya terlalu pendek
    *pengalaman pribadi

  8. gak kebalik kang? standard samping malah lebih boros area di parkiran sempit/penuh ๐Ÿ™‚

  9. bener…. tapi ngaruhnya cuma pas ngidupin mesin, tar ada bagian yang kena pelumas karena miring tadi… 1 lagi, untuk yang pake double shock juga jangan kelamaan standar samping tar sisi kiri menerima beban yang lebih besar ujung2nya pengaruh ke kondisi shock yang gak imbang n gas lebih cepat habis yang kiri
    pengalaman gw ๐Ÿ˜€

  10. Mas..di jagrak tengah wae…(kata jukir)
    lah..pit ku ra ono jagrak tengah e pak (ane)

  11. Kmudian gmn tuh ya motor sport 150cc fairing ama 250cc keatas (dan kelas moge) ga ono jagang tengah e sisan.. Iku aku yo gak ngerti, opo gak tambah ribet, lha wong bodi motor e ae wes uabot, ra ono jangang tengah e..
    #Salam kenal mas

  12. motor sport fairing ga ada standar tengahnya lho. lucu aja kalo ada yg beranggapan ada pengaruh ke mesin

Monggo dikomeng gans..