Buat motor matic, perhatikan rumus CVT berikut agar motor joss gandoss larinya

Buat motor matic, perhatikan rumus CVT berikut agar motor joss gandoss larinya (4)

Buat motor matic, perhatikan rumus CVT berikut agar motor joss gandoss larinya. Bagi motor matic, matik maka tidak asing dengan istilah CVT yang merupakan kependekan dari Countinuously Variable Transmission. Jadi keberadaan CVT adalah alat penggerak otomatis pada motor matik. Nah biar motor tarikan oke, larinya joss gandos atau mau irit BBM maka monggo dilirik rumus CVT berikut ini brosis.

Buat motor matic, perhatikan rumus CVT berikut agar motor joss gandoss larinya (4)Mbah Wahid membagikan ilmu tentang CVT ini di grup BEKAKAS pada tanggal 21 Desember 2018. Nah berikut Buat motor matic, perhatikan rumus CVT berikut agar motor joss gandoss larinya.

Rumus CVT.

  • -Makin berat roller makin cepat pulley depan menutup, sehingga belt makin cepat menuju tepian pulley, dan sebaliknya. Efeknya sama seperti memperbesar gir depan motor bebek.
  • -Makin keras per pulley (per cvt) belakang, makin lama pulley terbuka, akibatnya belt makin lama sampe ke bagian dalam pulley. Efeknya sama kaya memperbesar gir belakang motor bebek. Dan sebaliknya.
  • -mau tarikan oke pake per cvt yg keras atau ringankan rollet, tapi boros bbm.
  • -mau bbm irit, perberat roller atau ganti per cvt yg lembek, tapi larinya lemot.

Mengutip gridoto.com, sekedar diketahui mantemans dalam CVT terdapat 4 komponen utama sangat penting yakni  Primary Sheave (pulley utama bagian depan CVT yang berfungsi sebagai penahan V-Belt), V-Belt (tali yang tebuat dari karet yang berfungsi untuk menghubungkan putaran primary sheave ke secondary sheave), Secondary Sheave (pulley utama pada bagian belakang CVT yang berfungsi untuk membantu menggerakan roda belakang berkat adanya v-belt sebagai penghubung ke primary sheave), Gear Reduksi ( terdapat beberapa gear reduksi di antara secondary sheave dan roda belakang. Berfungsi sebagai penyeimbang putaran mesin dengan roda dan pendongkrak tenaga.)Buat motor matic, perhatikan rumus CVT berikut agar motor joss gandoss larinya (4)

Beberapa warganet menanggapi postingan bermutu diatas dan sekaligus konsultasi. “Punya saya fino karbu 2013, baru ngrasain tadi mbah selama punya dari baru, di betot gas/gas pol mendadak/mau nyalip. Di cvt kaya selip gt, bunyinga berdecit, kaya ban yang di rem mendadak, cobain lagi dari jalan konstan, trus langsung gas pol, selip lagi di pertengahan, padahal ganti roller,v belt,cek kampas ganda, rutin , apanya ya mbah kira kira ” tanya Wisnu. Hal ini langsung ditanggapi oleh Mbah Wahid, “Wiznu kayak suara tikus ya? 😂 cek aja mungkin seal Grease di pulley belakang jebol, stempetnya muncrat ke vbelt.” terangnya. Aryo Putra Bayangan turut menimpali, “Pulley depan yg nempel/ jepit vbelt ada yg jenong bisa jg. ” tegasnya.

Muhammad Syafiuddin memberikan testimone terkait tunggangannya. ” Mio soulku pake per 1000 dan roller 10,5 mbah, nisor penak, tengah memble, ndukur penak ” tuturnya.  Adan Fatah turut memberikan pengalamannya. “Spacy fi gejil , kirian maen roller 10 , kampas ganda 1500 , per cvt 1500 , ngacil tarikan atas ngisi mulu , tembus 110 waktu itu , (jgn tanyakan spakbor , baru patah barusan 🙁 ) ” uraianya.

Warganet Earphane menanyakan terkait roller matik honda.” Roller matic honda bisa dikatakan tidak ringan, tapi bisa ngacir diawal, pegas pulley belakang keras? ” tanyanya. Hal ini langsung direspon oleh Mbah Wahid,”roller berat + per cvt keras sama efeknya dgn roller ringan + per cvt lembek. nah tinggal rasio gearbox dan stroke pistonnya aja ” jawabnya.Buat motor matic, perhatikan rumus CVT berikut agar motor joss gandoss larinya (4)

Sedangkan warganet lain menanyakan terkait produk aftermarket terkait CVT. “Nyimak mbah belajar juga , rencana mau ganti juga , untuk produk tdr, kawahara, dan ktc untuk kualitas yang premium yang mana ya mbah ” tanya Fariq Sidiq. Warganet Mhd Syahril mencoba menjawab pertanyaan ini,” Kawahara. Tapi kebanyakan orang pakai tdr/daytona mbah. Kawahara mahal Mbah kalau TDR pas harganya Mbah gk terlalu mahal & gk terlalu murah mbah ” terangnya.

Sedangkan Dede Aang Gunawan mencoba bertanya tentang sisi lain. “Tapi Mbah bukan nya irit ya BBM nya dan tarikan enteng kalau diperingan roller nya per cvt standar misal buat boncengan dan kondisi jalan rata atau naik turun ” tanyanya. Hal ini langsung ditimpali oleh Mbah Wahid, “tarikannya tok yg enteng, tapi mesin ngeden di rpn tinggi. jalan 60kpj aja suara mesin udah kayak yg jalan 70-80. ” tuturnya.


Warganet lain menyampaikan pengalamannya terkait CVT. “Dulu vario karbu punya kk gejil pake per CVT TDR RACING 2000RPM.roller dll semua standar.tarikan ko malah boyor.lemot bgt.balik lg pke per standar.enteng.ko aneh ya biasanya kalo pke part racing jd enteng.lah pke per cvt racing.malah lemot…” ujar Ndim Yudhistira Syaputra. Warganet Aris Presley mencoba menjawab pertanyaan tersebut,”rpm per nya ketinggian + ga di imbangin penggantian part2 pendukung nya ” terangnya. Hal ini juga diamini oleh Aini Vatul Hidayah,”per 2000 buat mesin standar berat ke kerasan per nya maximal 1500 ” tukasnya.Buat motor matic, perhatikan rumus CVT berikut agar motor joss gandoss larinya (4)

Warganet lain Yoga Aristya bertanya tentang beda per. “Mbah TS, bedanya kalo pakai per keras pendek sama per keras panjang apa? 🤔 ” tanyanya. Hal ini direspon oleh Byas Muhammad Fadhlillah,” Per keras tapi lebih pendek dari ori biasanya kerasnya nanggung. Per keras tapi lebih panjang atau bahkan sama dengan panjang yang ori kerasnya nampol sampe ke bool mbah 🏃🏻‍♂️🏃🏻‍♂️🏃🏻‍♂️🏃🏻‍♂️🏃🏻‍♂️🏃🏻‍♂️🏃🏻‍ ” pungkasnya.

Itulah mantemans postingan Buat motor matic, perhatikan rumus CVT berikut agar motor joss gandoss larinya. KHS hanya mensaripatikan dari obrolan di BEKAKAS ya, jadi kalau mau otak-atik resiko ditanggung penampung eh penumpang yah mbah…Maturnuwun

baca juga :

 

 

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3894 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Biar CVT motor matic gak diinjek boncenger, coba kasih stiker semacam ini brosis – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..