Advertisements

Review Aki Amaron [sesi 1] : warna hijaunya memukau dan garansinya panjang….

Hari Selasa (10/11) kemarin telah sampai ke meja redaksi setia1heri.com 1 unit accu kiriman dari Eureka. Yupz…sebuah Aki Amaron Pro Riders Seri Beta. Terima kasih mbak Anky yang sudah mengirimkan aki mungil ini untuk direview. Aki merk Amaron dari India ini awalnya berada di kelas mobil namun akhirnya bermain pula di kelas motor dengan meluncurkan Amaron Pro Riders dengan Alfa series atau Beta series. Nah 1 unit yang dikirimkan yakni aki Amaron Pro Riders Beta series.

aki amaron pro rider beta series tahun 2015 (4)Aki Amaron termasuk jenis aki kering atau istilah kerennya Maintenance Free (MF) atau Bebas Perawatan. Aki Amaron berbasis Valve Regulated Lead Acid (VRLA), mempunyai desain unik menggunakan separator Absorbed Glass Mat (AGM), untuk mengurangi resiko bocor dan evaporasi. Aki ini diproduksi oleh Amara Raja Batteries Limited (ARBL) yang berbasis di India. Sedangkan untuk aki amaron kelas motor ini distributor resminya adalah PT Enrich Solutions.

Unit yang dikirim ke meja redaksi KHS tipe Amaron Pro Riders Beta Series dengan kode 12ETZ5S. Mengacu pada spesifikasinya yakni ETZ5S ini battery rating yakni 12V-3.5Ah dengan ukuran 113x70x85. Melihat dimensinya bisa dibilang mungil dan cocok untuk motor-motor bebek atau motor matik.  Menurut kang hendy, kalau ETZ5S itu sama dengan YTZ5S maka cocok untuk semua motor matik yamaha dan honda kecuali yang Vario 125. Sedangkan byson, soul gt dan vixion juga bisa memakai aki jenis ini.

aki amaron pro rider beta series tahun 2015 (1)Ketika unboxing unit, didalam bungkus hijau muda terdapat 1 unit aki Amaron Pro Riders Beta Series dan 1 buah kartu garansi. Entahlah tidak ada bautnya seperti beberapa aki-aki yang lain. Selanjutnya melihat secara fisik warna hijau gelap memukau ini terlihat mungil dibandingkan dengan aki kebanyakan yang beredar di Indonesia. Finishing kotak terlihat dibeberapa sisi yang kurang rapi alias terdapat beberapa sisa cetakan yang meluber. KHS terpana dengan kondisi bentuk kutub negatif yang terlihat loyo atau sedikit pesok. Entah ini karena kebetulan belaka atau terjadi apa-apa ketika dalam proses pengiriman. Entahlah….

aki amaron pro rider beta series tahun 2015 (7)Sebelumnya mengutip rilis yang dikirim oleh pihak Eureka pada pertengahan September 2015 kemarin, menyebutkan bahwa Aki Amaron Pro Riders memiliki  Seri ALPHA dengan garansi 18 bulan dan Seri BETA dengan garansi 12 bulan. Dengan beberapa kelebihan sebagai berikut :

  • Berbasis Valve Regulated Lead Acid (VRLA)
  • Bebas perawatan
  • Desain unik menggunakan separator Absorbed Glass Mat(AGM) untuk mengurangi resiko bocor dan evaporasi
  • Tenaga start yang besar
  • Anti korosi
  • Tahan guncangan
  • Low internal resistance
  • Tahan Lama “Lasts Long Really Long”

jenis dan varian aki amaron pro riders di indonesia tahun 2015KHS masih belum mengetes via avometer untuk mendapatkan gambaran detail tegangan dan amper-nya. Selain itu untuk mengetes aki maka perlu dibandingkan dengan aki yang setipe, harga serta daya tahan alias durability-nya.  Well…tunggu review selanjutnya yah kawans…

Atau  mungkin sudah ada yang pernah mencobanya bisa ditambahkan dimari…

Maturnuwun

———————-

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----
Advertisements

Comments

comments

5 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »