About these ads
Home > Uncategorized > Barang yang dilarang didalam pesawat [Prohibited Items]

Barang yang dilarang didalam pesawat [Prohibited Items]

garuda indonesia planeMeskipun KHS sudah beberapa kali naik pesawat tetapi sampai sekarang masih belum ngeh kira-kira barang apa saja yang dilarang dibawa masuk dalam pesawat. Ternyata barang tersebut dibedakan menjadi 2 yakni barang yang benar2 dilarang masuk dalam bagasi pesawat [bawah] dan barang yang dilarang ditaruh di bagasi kabin [atas] pesawat tetapi diperbolehkan ditaruh di bagasi pesawat [bawah]. Setahu KHS barang yang dilarang dibawa dikabin pesawat yang seringkali dijumpai yakni gunting dan cutter.

Loh kok gak boleh kang ? tentu untukmenghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti perkelahian, penusukan atau bahkan perampokan…cmiiw. Tetapi setahu KHS barang-barang tadi tidak masalah kalau dibagasikan [bawah]. KHS beberapa waktu ketika berangkat ke acara AHM di Cikarang, di Bandara Juanda ada salah seorang kawan yang membawa pusaka sehingga disarankan untuk dibagasikan [bawah] ketika terdeteksi saat di mesin penindai ruang tunggu. Nah ketika membagasikan pusaka ini ternyata cutter yang sebelumnya disita tadi disuruh naruh bagasi sekalian. Jadi dua-duanya bisa masuk dibagasi [bawah] pesawat. Oia masbrow dan mbaksis sekedar saran saja kalau membawa barang berharga dan masih bisa dibawa di bagasi kabin lebih baik dibawa saja ke bagasi kabin saja. Sudah banyak cerita barang-barang hilang dikutil saat berada di bagasi [bawah] pesawat.

Terkait aturan barang-barang yang dilarang masuk dalam pesawat ternyata ada surat dari Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, no SKEP/2765/XII/2010  tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan  Penumpang, Personel Pesawat Udara   Dan  Barang Bawaan  Yang Diangkut Dengan Pesawat Udara Dan Orang Perseorangan.  Tepatnya BAB V tentang Barang Dilarang [prohibited items]. Cekidot :

DAFTAR BARANG DILARANG (PROHIBITED ITEM)

(A)    Senjata,  senjata  api  dan  perangkat  lain  yang  dapat  melontarkan  proyektil  yang mampu, atau tampak mampu, digunakan untuk mencederai secara serius yang disebabkan oleh pemakaian sebuah proyektil, antara lain:

  1. Semua jenis senjata api, seperti: pistol, revolver, senapan, shotguns;
  2. Senjata Mainan, replika senjata dan senjata api tiruan yang dapat disalah gunakan untuk mengelabui sebagai senjata nyata;
  3. Komponen senjata api, termasuk teleskopis;
  4. Senjata yang menggunakan tekanan angin, seperti pistol angin, senapan pelet, senapan angin dan senapan pelontar bola,
  5. Pistol suar dan pistol starter,
  6. Busur, busur silang,
  7. Senjata tombak,
  8. Ketapel;

(B)    Perangkat yang dirancang khusus untuk membuat pingsan/melumpuhkan antara lain:

  1. Perangkat untuk melumpuhkan, seperti: senjata bius, pistol setrum (tasers) dan peralatan setrum,
  2. Perangkat pelumpuh hewan (stunner) dan perangkat pembunuh hewan,
  3. Bahan kimia, gas dan semprotan yang dapat melumpuhkan, seperti: semprotan merica, semprotan Capsicum, gas air mata, semprotan asam dan semprotan pembasmi hewan;

(C)   Objek dengan ujung atau sisi yang tajam yang mampu digunakan untuk menyebabkan cedera serius, antara lain:

  1. Item yang dirancang untuk memotong, seperti: kapak dan parang,
  2. Kapak es dan pengait es,
  3. Silet;
  4. Pisau lipat, pisau cutter;
  5. Pisau dengan panjang lebih dari 5 (lima) cm dari titik tumpu/pegangan;
  6. Gunting dengan panjang lebih dari 5 (lima) cm dari titik tumpu/pegangan;
  7. Peralatan seni bela diri dengan ujung atau sisi yang tajam;
  8. Pedang;
  9. Pembuka tutup botol.

(D)   Alat kerja yang dapat digunakan untuk menyebabkan cedera serius atau mengancam keamanan pesawat udara,antara lain:

  1. Linggis, pencong, cangkul;
  2. Bor, termasuk alat bor tanpa kaber,
  3. Alat dengan ujung atau sisi yang tajam dengan panjang lebih dari 5 (lima) cm dari titik  tumpu/pegangan  yang  mampu digunakan sebagai  senjata, seperti: obeng, pahat, betel,
  4. Gergaji;
  5. Blowtorches,
  6. Alat yang menembakkan paku dan baut;

(E)    Alat  tumpul  yang  mampu  digunakan  untuk  menyebabkan  cedera  serius  ketika digunakan untuk memukul, antara lain:

  1. Pemukul Baseball, kriket dan softball,
  2. Kelompok tongkat, seperti: tongkat pemukul, pemukul blackjacks dan tongkat keamanan, hokkey, golf, biliard;
  3. Raket yang digunakan untuk badminton, tennis, squash;
  4. Peralatan Seni bela diri.

(F)    Bahan  peledak,  zat  pembakar  dan  bahan/zat  lainnya  yang  mampu,  dan  dapat digunakan untuk menyebabkan cedera serius atau mengancam keamanan pesawat udara, antara lain:

  1. Amunisi,
  2. Blasting caps,
  3. Detonator dan sekering,
  4. Replika atau imitasi alat peledak,
  5. Ranjau, granat dan lain alat/bahan peledak yang digunakan militer,
  6. Petasan, Kembang api dan sejenisnya,
  7. Tabung atau alat yang dapat mengeluarkan asap,
  8. Dinamit, mesiu dan bahan peledak plastik.

prohibited items guntingDemikian kawan yang dapat KHS share dari pengalaman nubi ini.

Maturnuwun.

link terkait :

About these ads
  1. April 21, 2013 at 12:04 PM

    Jadi ingat korek api saya yang ditahan di bandara Syamsudin Noor.

  2. April 22, 2013 at 10:33 AM

    untung tang crimping saya ga ikutan disita.. wkwkwkwkw

    • April 22, 2013 at 10:40 AM

      kalau dibagasikan spertinya bisa…tapi turun lagi diboarding :-D

  3. April 23, 2013 at 5:58 PM

    sik..sik..sik…pusaka opo,kang..? mosok pusaka ‘warisane mbah kakung’ di suruh mbagasikan juga… :mrgreen:
    http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/04/23/manual-bookbuku-penting-yang-sering-terabaikan/

  4. July 28, 2013 at 1:10 PM

    kalo barbel bro ?

  5. okto
    August 6, 2013 at 7:31 PM

    kalau alat pancing bisa nggak!?

  6. August 13, 2013 at 2:31 PM

    waduh…

  7. August 27, 2013 at 10:05 AM

    kalo printer gmana? boleh ga…???/

    • August 27, 2013 at 10:09 AM

      mestinya boleh bro..asal tintanya dipastikan tidak bocor saja

  8. intan
    September 3, 2013 at 4:28 PM

    kalo bawa kayak lotion, sabun shampho, parfum di bagasi boleh gak ya? untuk perjalanan ke australia

    • September 3, 2013 at 4:37 PM

      gak papa mending taruh di bagasi bawah saja…kalau bagasi atas dipastikan tidak bocor atau merember…cmiiw

  9. September 3, 2013 at 8:02 PM

    kalau bawa binatang sejenis tupay bo
    leh gk dari malaysia ke indonesia

    • September 3, 2013 at 8:25 PM

      biasanya ntar dicek badan karantina dibandara dulu..klo gak salah

  10. intan
    September 3, 2013 at 8:39 PM

    kalo bawanya banyak boleh gak? buat persiapan 3 bulan misalnya

    • September 3, 2013 at 8:47 PM

      mestinya tidak masalah asal asal dibungkus yang rapi dan tidak menimbulkan kebocoran tadi….cmiiw

  11. gadieh kasih
    September 10, 2013 at 10:03 PM

    Kalau setrika?

  12. September 12, 2013 at 3:36 PM

    Kalau minyak goreng masuk golongan yang mana?kemarin ibu saya bawa minyak goreng 1jurigen tapi dilarang,memang masalahnya apa ya?

    • September 12, 2013 at 3:39 PM

      Tambahan:anehnya saya bawa banyak shampo di botol aqua bisa lolos,terus bude bawa daging sapi segar juga lolos.Memangnya minyak goreng bisa mengganggu navigasi kah?

      • September 12, 2013 at 3:50 PM

        mungkin dikwatirkan bocor,merembes dan mengakibatkan kebakaran bu (poin F)

    • Mauliawan
      September 26, 2013 at 2:04 PM

      Minyak goreng termasuk dalam kategori item flammable, meskipun slow ignition.

  13. hadii
    September 26, 2013 at 12:36 AM

    Kalo alat pancing boleh ga???

    • September 26, 2013 at 7:11 AM

      Wah gak tahu bro…mending dtaruh bagasi bawah sj

  14. icha
    October 20, 2013 at 6:55 PM

    kalo cuma bawa hamster sepasang,, masa harus lewat badan karantina juga sih??
    kan ribet urusan nya,,

  15. er
    October 25, 2013 at 6:22 PM

    aq kirim lampu emergency ke berau ditahan blm di acc di sby,pdhl biasa lwt soĺo pa yogya ga mslh,piye ki keterangane

  16. David N H
    October 31, 2013 at 12:29 AM

    parfum ato minyak wangi gimana?

  17. gundul
    October 31, 2013 at 1:55 PM

    kalo sabun cair,shampo boleh,karena saya sering membawanya ke dalam pesawat ok ok saja

  18. rose
    November 27, 2013 at 4:13 PM

    kalo monitor dlm bagasi kira kira di erpot indo di mintai uang ga yah?????

  19. December 9, 2013 at 12:30 AM

    klo raket bsa d taruh d mana???

  20. Pangeran Bugis
    December 10, 2013 at 12:57 PM

    klo printer di bawa ke kabin atas bisa nggak bro?

    • December 10, 2013 at 2:43 PM

      klo melebihi kabin tentu ndak bisa brow..oia pastikan juga tintanya gak netes…cmiiw

  21. Isni Kartika Larasati
    December 10, 2013 at 6:55 PM

    mau tanya, klo bawa TV LCD 14 inch bisa gak yaa ? Lebih aman ditaruh dibagasi atau dibawa ke kabin ?
    Mohon infonya ….

    • December 10, 2013 at 8:55 PM

      Taruh bawah aj…kasih tempelan fragile aj

  22. Isni Kartika Larasati
    December 11, 2013 at 12:59 PM

    kalo dibawa ke kabin, nanti kena tanya2 gak ya pas lewat boarding pas ? :D

  23. oktavia
    December 31, 2013 at 12:47 PM

    kalau bw barang banyak bnget…melebihi 20kg..byr lebihnya brp per kilo nya….

    • December 31, 2013 at 1:02 PM

      setiap maskapai punya kebijakan masing2 terkait biayanya..cmiiw

  24. Zuna Qdava
    January 8, 2014 at 9:50 AM

    kalo bawa senjata tajam seperti golok ditaru dibagasi boleh gag brow

  25. Rini
    February 1, 2014 at 4:24 PM

    saya mau bawa gen set ke dalam bagasi, kira2 boleh kah?

  26. Dedi
    February 20, 2014 at 9:01 PM

    kalau korek zippo gimana gan

  27. Asep
    February 26, 2014 at 12:36 PM

    kalo peralatan motor bisa gk

  28. Lesnussa Bursel
    March 14, 2014 at 12:40 PM

    Saya mau beli sanapan angin seperti canon atau benjamin. Yang menggunakan peluru USA. Intinya itu sanapan angin. Bisa tidak dibawa? Klww bisa. Apakah masuk bagasi?

    • March 14, 2014 at 1:00 PM

      wah gak tahu brow..biasanya harus dilengkapi dengan surat-surat..cmiiw..coba kontak maskapainya aj

  29. marshal
    April 15, 2014 at 11:13 PM

    kalo bawa knalpot bisa ga? tolong jawab :)

  30. sundusii navii
    June 9, 2014 at 1:48 AM

    kalo setrika gimna? bisa ga????

  31. sari
    June 25, 2014 at 9:15 AM

    kalo lampu emergency boleh gak ya?

    • June 25, 2014 at 9:34 AM

      itu seperti apa ya? mending nanya pas bagasi aja..mungkin bisa masuk benda fragile

  32. Slamet Riyanto
    July 16, 2014 at 12:15 PM

    Apakah membawa stang dan underbone motor boleh dibawa????

    • July 16, 2014 at 4:05 PM

      mestinya bisa brow…asal dibungkus yang bagus

  1. No trackbacks yet.

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,665 other followers

%d bloggers like this: