Perpanjangan STNK, Pajak Tahunan tanpa BPKB (?)

Sekedar mengingatkan kalau kawan-kawan  mungkin ada yang belum tahu.  Kalau tidak salah sudah ada blogger yang membahas tentang hal ini yakni memperpanjang STNK, Pajak tahunan tanpa harus menggunakan BPKB.   Sebagaimana diketahui  kalau keberadaan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) selama ini cukup ribet dan menjadi momok ketika perpanjangan STNK atau bayar pajak tahunan.

Peraturan baru ini ternyata mengacu pada Peraturan KAPOLRI No 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Ketika ane mencoba menelusuri peraturan kapolri diatas ane tertuju pada pasal 83 tentang Pengesahan dan atau Perpanjangan STNK kok masih tersebut adanya BPKB atau fotocopy BPKB. Ane tidak tahu apakah kebijakan ini mengambil dasar dari mana atau mungkin kebijakan lokal terkait otonomi daerah ?, Dan ini juga mulai berlaku kapan yang jelas ketika istri membayar pajak tahunan bulan September kemarin di Samsat Gresik masih membawa BPKB.

Kebijakan perpanjangan STNK tanpa BPKB ini tentu sangat menguntungkan bagi kita pemilik kendaraan yang secara kredit. Jadi tidak perlu repot-repot ke leasing atau debitur. Tetapi disisi lain bisa saja disalahgunakan misal ada maling yang punya STNK (biasanya ada yang suka naruh STNK dibawah jok motor) jadi dia tetap bisa memperpanjang STNK tanpa harus punya BPKB…cmiiw. Mungkin ada kawan yang sudah punya pengalaman bayar pajak tahunan, perpanjangan STNK ini TANPA BPKB bisa dishare dimari.

Maturnuwun

gambar : fb kawan

 

link terkait :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

40 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »