Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans….

Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans....

setia1heri.com – Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans….Crystal, Motor 2 tak besutan suzuki era 90an ini telah dilakukan restorasi dan dilakukan modifikasi namun tetap menganut konsep nostalgia ala 90an. Motor punya bro Avi X Prakosa asal Solo ini bikin kepincut bagi orang yang memandangnya gans. Beberapa suku cadang merupakan NOS alias New Old Stock alias barang baru tapi stok lawas. Seperti apa ? monggo diintips motor yang digarap bengkel punya teman-temannya ini.

Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans....Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an ini bermula dari unggahan masbrow Avi X Prakoso di grup facebook 2 STROKE LOVERS INDONESIA. ” selamat malam 2SLI…salam persahabatan..izin absen dari solo..🙏 ” tutur pria asal Solo pada tanggal 15 Desember 2021 sambil doi mengunggah beberapa buah foto penampakan Suzuki Crystal yang sudah sudah direstorasi dan bikin ngiler ini.

Postingan diatas mendapat tanggapan positif dari warganet di grup. Hingga tulisan ini diketik telah mendapatkan like 3,2k dan lebih dari 100 dibagikan lintas grup. “Sumpah seumur2 ng pernah tertarik sma ni mtor…tapi pas liat postingan ini..loohh kok anjaay ganteng maximal aaaiiisss..ngileer ane ” ujar Brianto Gesang Setiawan. Hal ini juga ditegaskan oleh Adi Penthoel, “Wah wah parah ini sih 🤭. Tua tua keladi ini mah siap bersaing dengan yg lebih muda 😂 asli keren parah kuda besinya om👍👏 ” tambahnya.Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans....

Subhanallah tad… Beuhh Racuuuun Crystalnya Stadium 5. kelassss, langsung masuk ke sel tubuh sampai menjalar ke otak !!! 💨💨💨✌️😅. bikin wong” semangat build crystal dan motor type lainnya.🧰🔧🛠️🏁…lanjutkan !!!” terang Ditz Ardhiwidjaja.

KHS pun penasaran dan melakukan korespondensi via WA dengan masbrow Avi yang ramah ini. “Awal mula pakai RC Crystal itu gak sengaja, pas motor lagi di bengkel, teman2 adakan turing ke Pacitan, saya binung motor pakai motor apa. Akhirnya dipinjamin Hari Coolwest pakai Crystal peninggalan bapaknya. Pas Turing ternyata M Fadli (mantan pembalap) juga ikut, “Wah Crystal, motor legen yang sering turun roadrace ini, meskipun orang ketawain tapi saya ndak mas “. Akhirnya saya penasaran…Crystal itu enak banget…tak kalah dengan F1ZR…jalan belak belok meliuk buat zigzag enak puoll…sumbu roda lebih pendek sehingga enak…pulang turing baru ngeh kalau ini motor enak dan akhirnya beli di desa dengan harga 1,5 jeti “ujarnya via voice note di WA.

Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans....

Doi juga menjelaskan lebih jauh mengenai sejarah Suzuki Crystal ini. ” suzuki crystal itu dulu didatangkan dari jepang secara utuh dari jepang..jadi crystal itu bukan rakitan indonesia..juga bukan rakitan thailand…karna didatangkan dari jepang secara utuh..maka kedua negara (thailand dan indo) menggunakan nama yang sama..yaitu suzuki crystal..dengan spek yang sama..jadi .kalo ditanya..apakah suzuki crystal motor asli jepang?..jawabnya adalah : iya..😁🙏 ” tambahnya. “motor ini dikirim langsung dari Jepang, bukan rakitan dari Thailand, Malaysia atau di Indonesia. Ini motor asli jepang sehingga sparepart bagus sekali, bodi tebel,” tuturnya lagi.

Doi menjelaskan mengenai konsep modifikasi dan restorasinya yang mempertahankan gaya tahun 90an. “Basis modifnya tetap diusahakan mengacu ke konsep mas..kebetulan konsep crystalku itu konsep modif ala2 90’an.  ala 90’an yg sedikit dipadukan ke kekinian lah 😁. Modif mesin juga tetap ala setingan mesin era 90’an awal. ” ujarnya menambahkan keterangan.Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans....

Mesin tetap diusahakan dengan parts asli rc..hanya house kopling yang saya rubah dengan honda grand berikut menggunakan kopling tangan..stut kopling make fizr..serta membran memakai kawasaki KX.  Selain yg disebutkan tadi..sebagian besar parts mesin masih aslinya..tapi sudah mengalami perombakan ulang..dengan konsep setingan mesin ala 90’an awal..yaitu main “korekan”..orang bilang 😁
Karbu masih orinya..tapi sudah saya reamer besar skep memakai suzuki A100. ratio diracik ulang.  seting kubah/squish head ulang..dan porting di area blok mesin ” terangnya lebih lanjut.

Kira-kira berapa pengerjaan restorasi dan modifikasi ini dan dimana bengkelnya ? “Modif menghabiskan waktu 6 bulan pengerjaan.. untuk pengecatan dan tampilan luar dikerjakan sama hari coolwest.  Untuk mesin sepenuhnya dikerjakan oleh chandra..dia saya anggap salah satu yg paham rc disolo lah..soalnya dia juga gemar rc..dan punya rc juga. jadi ide dan pengerjaan otaknya ada 3 orang..saya,hari dan chandra ” ujar pria yang tinggal di Surakarta ini.

Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans....Penasaran dengan spesifikasi Suzuki Crystal restorasi dan modifkasi ala 90an ini? monggo disimak poin-poin berikut.

  • .Knalpot
    chamber plat model kalajengking (desain sendiri)
    silencer : pop japan original
  • .Shock depan : smash titan
  • .Cakram : yamaha exiter floating oem original
  • .Caliper : rpm motor
  • .Master rem : nx4
  • .Holder kanan : ksr
  • .Filter : UNI (usa original)
  • .Velg : yoko (new oldstock)
  • .Ban : corsa r46 90/80 flat depan belakang
  • Jok : custom
  • .Lampu2 100% LED (spido juga full LED)
  • .Striping : suzuki smash+airbrush biar lebih menyala warna stripingnya.

Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans....Berapa kocek yang mesti dirogoh untuk mendandani Suzuki crystal tune seri 110 Tahun 92 warna asli hitam ini?.” beli bahan dulu 1,5jt’an. Total biaya restorasi dan modifikasi kesuluruhan +/- 16jt’an mas.  16jt lebih..itu udah termasuk bahan motornya. karna itu dikerjakan detail bgt..termasuk crankcase blok dan head itu di vapor blasting..laher2 dan jeroan mesin baru semua ” pungkas pria penyuka motor 2 tak ini.

Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an, keren bangets gans....Well, itulah brosis Restorasi Suzuki Crystal dan modif nostalgia ala 90an

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5693 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..