Hati-hati dengan sales penjual alat Penghemat listrik

Namanya sales atau penjual barang tentu akan berusaha sekuat tenaga untuk menjual barangnya bahkan kalau bisa habis laris manis. Namun beda cerita bila menjualnya dengan cara  mulut manis, mencatut nama atau lembaga bahkan menakut-nakuti konsumen dan parahnya harga kelewat mahal. Nah ada cerita dari Madiun dan sekitarnya dimana ada sales alat penghemat listrik dengan gaya di atas yang perlu diwaspadai mantemans.

alat penghemat listrik yang mahal amattt

Adalah Bro Arif Chris yang mengunggah kronologi ulah sales alat penghemat listrik diatas pada tanggal 28 Agustus 2015 di laman facebook nya. Dia merasa curiga dengan kotak mungil yang ada di rumah budhe nya yang ternyata harganya mahal amirr yakni 300rb. Penuturan budhe-nya bahwa ia didatangi dan dirayu oleh salesnya bahkan ditakut-takuti bila tidak membeli tahun ini. Yupz…berhubung antara tidak tahu, takut dan kalut akhirnya terbelilah alat yang bernama kapasitor bank ini. Kata beberapa orang menerka bahwa harga alat penghemat ini mestinya gak sampai 50 ribu…cmiiw.


Berikut kronologis selengkapnya:


Arif Chris added 3 new photos.
Sekedar sharing untuk teman2 wilayah madiun dan sekitarnya supaya tidak mengalami pengalaman buruk yang diduga penipuan seperti dibawah ini :

Tgl 26 kemarin bude saya (sudah umur 60 ++ ) didatangi 2 orang, yang menjual alat penghemat listrik. Cewe dan cowok.
Mereka meyakinkan bahwa ini adalah program pemerintah pada 2016 untuk penghematan listrik diseluruh indonesia
Mereka ngomong kalau bude saya adalah 1 diantara 6 orang yang terpilih sebagai warga percontohan dalam 1 RW untuk membeli alat penghemat listrik (merk nya mungkin bisa berubah macam2, tetapi bentuknya kotak seperti di foto), mereka juga tahu nama pak RT (mungkin juga mereka survey dulu sebelumnya)
kantor abal abal penjual alat penghemat listrik di madiun

Harganya berapa? Fantastis, Rp. 299.900,00 !!!!
mereka sangat pintar bicara sehingga meyakinkan bahwa nantinya dengan pemasangan alat tersebut akan bisa hemat listrik sebesar 25%-40% dan jika tidak beli alat itu sekarang maka nanti thn 2016 akan dikenakan biaya 1 jt / rumah untuk alat tersebut!!! Edan! begitu meyakinkan sehingga bude saya percaya dan membeli alat tersebut.

Kebetulan kemarin saya datang dan menanyakan alat yang baru di pasang di salah satu stop kontak di rumah bude saya.
Saya curiga dan menduga ini hanya praktek penipuan alias abal2..
nekat saya buka alatnya (saya rusak kode garansi di tempat bautnya)
dan apa isinya? hanya sebuah kapasitor 10 mikron seharga 15-25 rb (bisa ditanyakan di toko besi, biasanya alat buat pompa air), sebuah sekering, dan sebuah lampu indikator..

Begitu tau hal tersebut kemarin saya mencoba menelpon kantornya tapi tidak tersambung, saya coba telp lewat telp rumah di HP salesnya (bernama Lia, seperti di gambar ) juga tidak diangkat. Saya curiga karena di kuitansi penerimaan tertulis nama , alamat dan no telp rumah bude. Ada kemungkinan sengaja tidak diangkat. akhirnya saya mencoba mendatangi alamat tersebut, tutup. dan disitu tertulis brosur yg menempel di jendela kalau tempat itu hanya kantor merekrut tenaga kerja baru

Lalu pada tgl 28/8 saya coba datangi lagi. Ada 1 staff wanita yang menerima saya. Setelah saya jelaskan bahwa saya ingin mengembalikan alat tersebut dengan retur uang kembali sebesar 300 rb, maka staff tersebut menolak dengan alasan, manager tidak ada di tempat, dan alat tidak bisa dikembalikan.

Dengan emosi saya bilang akan saya urus ini lewat jalur hukum, baru mbak nya mencoba telp managernya (posisi di nganjuk)
setelah berdebat beberapa saat dengan managernya lewat telp, pertama2 saya dipotong 25% dari pembayaran, kembali saya ajukan bahwa saya akan bawa ini lewat jalur hukum, barulah dia ketakutan dan mengembalikan uang secara utuh….

Buat yang lain harap berhati2… biasanya sasarannya adalah janda2 tua, orang yg sudah sepuh di rumah sendirian, orang yang ga ngerti kelistrikan dsb…

Silahkan share supaya tidak ada korban lagi


Dari kronologi diatas memang alat tersebut sebenarnya memang benar penghemat listrik namun kalau menjualnya kemahalan ya jadi rugi donk. Teknik rayu dan akal bulus si sales memang oke tapi mbok yo jangan pakai nakut-nakuti segala …hehehe. Apalagi kadang diperparah dengan tipu-tipu dan sok dapat hadiah, potongan harga atau doorprize segala… hadeeeh.

hati-hati sales penjual alat penghemat listrik di madiunWell, bisa jadi modus di atas terjadi di beberapa daerah mantemans oleh karena itu harap waspada dan hati-hati. Biasanya ada yang jualan selang gas lpg, Kompor Gas, papan PDAM atau PLN, atau produk-produk lain dengan rayuan maut yang kadang membuat kita luput. Dan parahnya kadang kualitas produk dibawah rata-rata dan harganya keblondrok alias over price…..hiks..hiks…

Bagi para sales, mohon dijual barang dengan cara santun, sopan, dan jauhi premanisme sehingga konsumen pun akan respek. Dan syukur-syukur barang yang ditawarkan membuat konsumen tergiur dan langsung beli tanpa bicara ngalor ngidul….xixixixi.

 

Maturnuwun

——-+++——-

 

 

 

Posted from WordPress for Andromax Zetia1heri

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4732 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

10 Comments

  1. Ya kmaren juga kena segitu, sama. Tapi ga tll masalah, krn listrik benar jd hemat. Harga di on line hampir setengahnya sih, ga 50rban juga. Ada home industrinya juga jualnya 250rb

  2. Mas. Ortu sya juga kena tipu. Bli alat nya 300rb.
    Skrng alatnya sudh sya balikin ke sales. Uang blm sya terima ktanya sudah di setor ke pusat. Kalau misal hub kantor pusatnya gmna pa? Suwun

  3. Bocah ni yg bikin postingan, gw juga punya alat begitu, klo dipasang trus ya manfaatnya sebanding dengan harganya, klo mau langsung hemat besar sekaligus jangan pakai listrik biar ga usah bayar sekalian, makanya baca keterangan produk dengan teliti, baru coba 1 hari 2 hari udah kaya hutan kebakaran

Monggo dikomeng gans..