Obrolan seru seputar AdBlue pada kendaraan truk atau mobil mesin diesel gans…

Obrolan seru seputar AdBlue pada kendaraan truk atau mobil mesin diesel gans.. (2)

setia1heri.com – Obrolan seru seputar AdBlue pada kendaraan truk atau mobil mesin diesel gans…Sekilas orang awam akan mengasosiasikan AdBlue dengan Blue Gaz namun ternyata itu berbeda kawans. Ini soal obrolan teknologi ramah lingkungan dengan mengurangi gas buang emisi kendaraan gans.  Bila sebelumnya alat berat atau kendaraan diesel pakai standar emisi euro 2 maka sejak April 2023 kemarin mesti beralih ke minimal Euro 4. Nah keberadaan AdBlue ini merupakan cairan pembantu untuk menuju Euro Emisi 5 yang ramah lingkungan. Monggo disimak gans….

Obrolan seru seputar AdBlue pada kendaraan truk atau mobil mesin diesel gans.. (2)Obrolan seputaran AdBlue pada kendaraan truk atau mobil mesin diesel ini bermula dari grup facebook Truck Mania Community. Salah seorang warganet mengunggah diskusi ringan dan obrolan seputaran AdBlue ini pada tanggal 13 April 2024.

Dohita :
Sebaiknya anda tau..
Apa Itu AdBlue?

Bagi Anda yang sudah familiar dengan bahan bakar alat berat pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah AdBlue. AdBlue adalah cairan saringan diesel dengan kandungan urea yang tidak memiliki bau, tidak beracun, dan tidak berwarna tapi memiliki segudang manfaat bagi mesin diesel pada unit kendaraan.

AdBlue bekerja sama dengan teknologi SCR (Selective Catalytic Reduction) untuk menciptakan hasil pembakaran gas yang lebih sehat dan sesuai dengan standar regulasi Euro 5. Cara pemakaian AdBlue berbeda dengan bahan bakar lainnya. Umumnya, bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar, tapi AdBlue justru disemprotkan ke knalpot.

Nantinya, cairan AdBlue pada knalpot ini akan memberikan reaksi kimia dengan gas buang. Reaksi inilah yang mampu menetralkan gas berbahaya seperti nitrogen oksida menjadi air dan nitrogen.

(Caption di lansir dari unitedtractor.com
Fic Mercedes Benz 1623)

Beberapa warganet yang sudah mengetahui mengenai AdBlue ini turut memberikan tambahan informasi. “Kalau ndak salah teknologi AdBlue ini dikembangkan oleh Nissan Diesel. Pertama terpasang di Quon (mesin GE13) ” tutur om Tio Tumbel. “ Barusan ngerjain unit yg masalah aftertreatment nya. Dia error soot level value too high, low SCR efficiency. ” tambah bro Irawan Aji Pradana sambil melampirkan foto laptop yang sedang menangani kendaraan memakai AdBlue.

Aman ad blue nya om…Di tempat kerja ku banyak unit yg sudah euro 5 pake ad blue,kalo di hitung sudah d angka ratusan.tapi emang kalo kurang selalu di isi ad blue nya. “ tambah Septiangga Lumbangaol yang membagikan foto kondisi dashboard truk mercy.

Obrolan seru seputar AdBlue pada kendaraan truk atau mobil mesin diesel gans.. (2)Berikut beberapa obrolan dan saling tukar pendapat mengenai keberadaan AdBlue ini di tanah air.

Pasir Muntilan Den Dian :
Ad blue ini cuman bikin tambah susah saja

Dohita :
Pasir Muntilan Den Dian Adblue itu, adalah amanah konsitusi salah satu kebijakan pemerintah untuk meredam emisi gas buang, mau gimana lagi pemerintah juga harus menjalankan kebijakan global walaupun secara pelaksanaannya menyusahkan karena butuh biaya tambahan

Imam Ahmad :
Pengusaha transportasi harus bnar2 sadar sayangi lagit kita kurangin emisi gas buang dngn cara Eco Driving bisa mengurangi CO2 , tdak sadar kah semakin hari semakin terasa panas terik menyengat bila terkena kulit itu tnda2 lapisa ozon pda lagit kita rusak oleh gas Beracun CO2 .Obrolan seru seputar AdBlue pada kendaraan truk atau mobil mesin diesel gans.. (2)

Kurniawan Naga Lilie :
Sebenernya dari pada memakai adblue di sini maksa E5 toh 2022 baru menerapkan E4 untuk diesel ya dimaksimalkan standart E4 sj dahulu dari segi bbm.
Minimal bbm subsidi wajib spek E4 alias CN 51 sulfur content max 50 ppm
Yg non subsidi saja kelas dexlit* masih spek uzur CN 51 sulfur content max 1200 ppm
Mau bbm bio FAME, HVO toh endingnya yg penting spek CN dan sulfur content yg masuk
Kecuali sudah spek E6 seperti di eropa negri seberang jg masih E4 dan 5

Dohita :
Kurniawan Naga Lilie Adblue sebenarnya masih kebijakan pabrikan, penerapan di lapangan belum signifikan, simalakama kalau kebijakan di ketatin imbasnya komplain masarakat / pengusaha karena biaya tinggi dan akan berimbas juga sama ongkosan dan juga harga harga, sementara dari sisi lain net carbonet tidak bisa di andaikan

Ipank Sya Di-La :
Aaiiihhh…bisnis lagi…..mana fuel mana itu yg di isi ..nambah bajet logistik…

Dohita :
Ipank Sya Di-La adblue hanya.mengkonsum 3-4% dari konsumsi bahan bakar, mau tidak mau karena ini amanat regulasi Permen LHK mengenai standar emisi gas buang

Obrolan seru seputar AdBlue pada kendaraan truk atau mobil mesin diesel gans.. (2)Well, itulah brosis Obrolan seru seputar AdBlue pada kendaraan truk atau mobil mesin diesel gans…Monggo yang punya infor lebih lanjut dapat di share dimari….

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5724 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..