Mengharukan, semua warga yang berpapasan dengan pemuda tuna rungu ini menggunakan bahasa isyarat

Sungguh indah dunia bila kita bisa komunikasi dengan siapapun tanpa batas termasuk dengan saudara kita yang mengalami tuna rungu. Sebuah video mengharukan dirilis pabrikan ponsel untuk memberikan kejutan bagi pemuda tuna rungu yang berasal dari Turki ini. Video ini dibuat tanggal 28 Desember 2014 di sebuah jalan Turkey dimana pemuda bernama Muharrem diberikan kejuatan dimana setiap orang yang berpapasan dengan dia mampu berbicara dengan bahasa isyarat.

Cerita bermula ketika Muharrem bersama adiknya Ozlem keluar dari rumah dengan tak disangka disambut orang asing dengan bahasa isyarat,”selamat pagi”. Selanjutnya Muharrem bergerak ke sebuah toko dimana penjual toko juga mampu menggunakan bahasa isyarat untuk mengenalkan produknya. Keluar dari toko Muharrem dan Ozlem membantu seorang pemuda yang tak sengaja menjatuhkan barang bawaan apel. Sebagai sebuah ucapan terima kasih pemuda tadi memberikan buah apel kepada keduanya yang dilakukan dengan bahasa isyarat.

Ketika sesampai di tikungan jalan Muharrem secara tak sengaja ditabrak oleh seorang perempuan pejalan kaki. Dan secara reflek pejalan kaki tadi juga meminta maaf dengan bahasa isyarat. Selanjutnya mereka berdua naik taksi dimana sopir taksi juga menyambut mereka berdua dengan bahasa isyarat yang khas. Terlihat jelas wajah bingung dan shock Muharrem dengan orang sekitar yang mampu berbicara dengan dia memakai bahasa isyarat.

berbicara dengan bahasa isyarat tuna rungu di turkiKebinungan tidak berhenti disini saja namun selepas dari taksi, Muharrem diajak adiknya untuk melihat sebuah billboard iklan ditaman yang memanggil namanya. Billboard ini memang secara khusus berbicara kepada Muharrem yang memperkenalkan sebuah produk call center untuk kaum tuna rungu. Muharrem semakin bingung hingga dijelaskan oleh orang disekitarnya bahwa aksinya telah divideokan sebagai sebuah kado untuk hari yang mengharukan ini. Video ini diakhiri dengan ucapan terima kasih atau applause secara bahasa isyarat yakni melambaikan kedua tangan sejajar dengan pundak.


Mengutip dailymail.co.uk (10/3), Film ini dirilis dalam rangka promosi “Sebuah dunia tanpa hambatan adalah mimpi kami” oleh sebuah pabrikan telepon. Banyak talen terlibat dalam pembuatan video yang dipersiapkan secara matang sebulan sebelumnya. Meskipun ini sebuah iklan tentu bisa jadi inspirasi agar kita bisa berkomunikasi dengan siapa pun termasuk didalam Tuna Rungu.

Sungguh mengharukan kawans….

sumber foto : dailymail.co.uk

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3919 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

8 Comments

  1. semoga kawan-kawan difabel di sekitar kita juga mendapatkan haknya..diperlakukan sama dengan yang lain..
    intinya, mereka memang beda, tapi gak mau dibedakan
    #hasil ngobrol dengan pak Bambang, Yayasan Mitra Netra Jakarta

Monggo dikomeng gans..