Fenomena awal –awal ramadhan

Fenomena awal –awal ramadhan

 

Kemarin minggu (1/8) merupakan awal tarawih bagi ramadhan tahun ini.  Walaupun mungkin beberapa tarikat di beberapa daerah ada yang mengawali sehari sebelumnya.  Penentuan awal ramadhan pasti didahului ‘rituasi’ sidang isbat oleh Kementerian Agama RI yang menurut beberapa orang hanya seremoni dan formalitas belaka.

Sebelum fenomena awal ramadhan pasti didahului oleh ritual Megengan (bagi orang Jawa) dan ziarah makam alias nyekar. Bisa dipastikan seminggu hingga sehari sebelum bulan puasa dimulai kondisi makam akan bertambah ramai orang berziarah dan orang penjual bunga ziarah juga banyak bermunculan. Saya belum mengetahui apa alasan dan dasar filosofisnya. Soalnya beberapa orang hanya mengatakan kurang afdhol atau gimana gitu kalau menjalankan ibadah puasa tanpa diawali nyekar terlebih dahulu.

Fenomena awal-awal ramadhan yang jelas adalah jamaah sholat tarawih selalu meluber hingga terkadang harus nambah tikar diluar area masjid. Mungkin fenomena ini hampir terjadi diseluruh wilayah tanah air.

Fenomena selanjutnya adalah orang semakin rajin beribadah atau sholat. Bagi yang tidak pernah sholat maka pada bulan puasa ini mereka melakukan sholat. Bagi yang sholatnya telat maka sekarang dilakukan tepat pada waktunya. Dan bagi yang tidak suka sholat jamaah maka bulan ini berlomba-lomba untuk sholat jamaah.

Fenomena selanjutnya adalah kalau biasanya ‘menyentuh’ al-qur’an hanya habis maghrib (itupun jarang..hehehe). Maka pada bulan ini mereka berlomba-lomba untuk membaca al-qur’an yang biasanya sehabis sholat fardhlu. Kalau dulu tidak jelas kapan katamnya maka pada bulan ini mereka berjuang sekuat tenaga untuk khatam minimal 1 kali dalam bulan berkah ini.

Fenomena selanjutnya yang gak biasa puasa maka berlatih-latih puasa. Kondisi ini tidak hanya berlaku bagi anak TK dan SD saja tetapi yang tua keladi juga masih ada. Minimal kalau tidak puasa maka mereka merokok atau makan sembunyi-sembunyi ditempat yang tak kentara. Wkwkwkwk

Fenomena lain mungkin masih banyak silahkan dicari sendiri….trus akankah fenomena ini berlaku hingga akhir ramadhan? Kita observasi dan teliti bersama-sama lagi. 😛

baca juga :


***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4013 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Fenomena Akhir-akhir Ramadhan… « www.setia1heri.wordpress.com

Monggo dikomeng gans..